Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:15 WIB | Jumat, 03 September 2021

Qatar: Belum Jelas Kapan Bandara Kabul Akan Dibuka

Pejuang Taliban berjaga di pos pemeriksaan dekat gerbang Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, Sabtu (28/8). Taliban telah menutup bandara Kabul untuk sebagian besar calon pengungsi untuk mencegah kerumunan besar berkumpul setelah pekan ini. (Foto: AP/Wali Sabawoon)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Diplomat top Qatar mengatakan pada hari Kamis (2/9) bahwa para ahli berusaha untuk membuka kembali bandara Kabul, tetapi memperingatkan tidak jelas kapan penerbangan akan dilanjutkan.

Sementara itu, banyak warga yang masih putus asa untuk melarikan diri dari para pemimpin baru Taliban Afghanistan di tengah kekhawatiran tentang apa yang akan dijalankan dengan aturan mereka.

Setelah pengambilalihan cepat mereka, Taliban telah berusaha untuk menenangkan ketakutan itu, termasuk berjanji untuk membiarkan perempuan dan anak perempuan bersekolah dan mengizinkan orang untuk bepergian dengan bebas. Tetapi banyak yang skeptis, dan menteri luar negeri Inggris menekankan pentingnya terlibat dengan penguasa baru untuk menguji janji mereka.

Demonstrasi Kaum Perempuan

Sebagai refleksi dari kecemasan itu, puluhan perempuan melakukan protes di luar kantor gubernur di Provinsi Herat untuk menuntut hak-hak mereka dilindungi. Mereka meneriakkan slogan-slogan dan mendesak para pemimpin baru negara itu untuk memasukkan perempuan ke dalam Kabinet mereka, sebuah demonstrasi luar biasa dari transformasi kehidupan perempuan dalam 20 tahun terakhir.

Ketika mereka terakhir memegang kekuasaan pada akhir 1990-an, Taliban memberlakukan aturan represif, menjatuhkan hukuman kejam dan sebagian besar mengecualikan perempuan dari kehidupan publik.

Pada hari Kamis, pejuang Taliban mencegah para demonstran perempuan untuk menemui gubernur seperti yang mereka minta, tetapi mereka tidak membubarkan rapat umum.

Di tengah ketidakpastian tentang masa depan Afghanistan, puluhan ribu orang berupaya untuk melarikan diri dari negara itu dalam pengangkutan udara panik yang dijalankan Amerika Serikat yang berakhir menjelang penarikan terakhir Amerika awal pekan ini.

Seorang pembom bunuh diri menargetkan upaya evakuasi pada satu titik, menewaskan 169 warga Afghanistan dan 13 anggota layanan AS.

Belum Jelas Kapan Bandara Kabul Dibuka

Bandara Kabul, jalan keluar utama negara itu, sekarang berada di tangan Taliban tetapi ditutup, dan Menteri Luar Negeri Qatar, Mohammad bin Abdulrahman Al Thani, memperingatkan bahwa masih "tidak ada indikasi yang jelas" kapan akan dibuka kembali.

Sebuah tim teknisi Qatar dan Turki terbang ke Kabul pada hari Rabu (1/8) untuk membantu memulai kembali operasi di fasilitas itu, yang menurut PBB sangat penting untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada negara itu. Namun, masih harus dilihat apakah ada maskapai komersial yang bersedia menawarkan layanan.

“Kami tetap berharap kami akan dapat mengoperasikannya sesegera mungkin,” kata Al Thani kepada wartawan di Doha. “Kami masih dalam proses evaluasi... Kami bekerja sangat keras dan terlibat dengan Taliban untuk mengidentifikasi apa celah dan risiko agar bandara dapat beroperasi kembali.”

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, menyarankan bahwa penerbangan militer, yang dapat digunakan untuk mengevakuasi lebih banyak orang,  berpotensi dilanjutkan terlebih dahulu.

Qatar, sebuah syekh kecil di Arab Teluk yang telah memainkan peran besar dalam upaya Amerika untuk mengevakuasi puluhan ribu orang dari Afghanistan, mengatakan pihaknya tetap dalam pembicaraan dengan kekuatan dunia lain untuk memungkinkan bandara ibu kota melanjutkan penerbangan komersial.

Tampil bersama Al Thani, Menteri Luar Negeri Inggris, Dominic Raab, menyentuh kekhawatiran tentang bagaimana upaya diplomatik dan bantuan akan berlanjut ketika kekuatan asing menghadapi seorang pemimpin yang anggotanya tetap berada dalam daftar pengawasan teroris di seluruh dunia.

Tuntutan Memenuhi Janji

Meskipun Inggris tidak akan secara resmi mengakui Taliban “kapan saja di masa mendatang,” kata Raab, “ada ruang lingkup penting untuk keterlibatan dan dialog untuk menguji niat dan memang jaminan yang telah dibuat oleh Taliban.”

Jaminan tersebut berkisar dari menciptakan pemerintahan yang lebih inklusif hingga melindungi hak-hak perempuan hingga mencegah kelompok teroris internasional menggunakan negara yang dilanda perang sebagai basis.

“Di semua area ini,” kata Raab, “kami akan menilai mereka dari apa yang mereka lakukan, bukan hanya dari apa yang mereka katakan.”

Di Herat, para pengunjuk rasa memiliki pesan serupa untuk Taliban. “Kepemimpinan Taliban mengumumkan hak-hak perempuan, tetapi mereka harus menunjukkannya dalam tindakan,” kata Friba Kabrzani, yang membantu mengorganisir rapat umum di kantor gubernur provinsi.

“Kami ingin dunia mendengar kami dan kami ingin hak kami diselamatkan,” kata Kabrzani, mencatat bahwa beberapa keluarga melarang perempuan bergabung dalam demonstrasi karena takut akan keselamatan mereka.

Peserta lain, Maryam Ebram, memperingatkan bahwa “apa pun bisa diharapkan dari Taliban,” tetapi perempuan Afghanistan akan terus memprotes hak-hak mereka.

“Hak kami tidak diberikan kepada kami dan kami tidak akan membiarkannya memudar dengan mudah,” katanya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home