Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 15:08 WIB | Sabtu, 14 Oktober 2023

Radikal Islamis Asal Chechnya Bunuh Guru Sekolah di Prancis

Presiden Emmanuel Macron: Prancis “sekali lagi dilanda kebiadaban terorisme Islam.”
Presiden Prancis, Emmanuel Macron, data ke Sekolah Menengah Gambetta Arras, Prancis bagian Utara, hari Jumat (13/10) setelah serangan oleh radikal Islam asal Chechnya. (Foto: Ludovic Marin/pool via AP)

ARRAS-PRANCIS, SATUHARAPAN.COM-Seorang pria asal Chechnya yang berada di bawah pengawasan dinas keamanan Prancis atas dugaan radikalisasi Islam menikam seorang guru hingga tewas di bekas sekolah menengahnya dan melukai tiga orang lainnya pada hari Jumat (13/10) di Prancis utara, kata pihak berwenang.

Prancis meningkatkan kewaspadaan ancamannya ke tingkat tertinggi, dan serangan itu sedang diselidiki oleh jaksa anti terorisme di tengah meningkatnya ketegangan global terkait perang antara Israel dan Hamas. Hal ini juga terjadi hampir tiga tahun setelah guru lainnya, Samuel Paty, dipenggal oleh seorang Chechnya yang teradikalisasi di dekat sebuah sekolah di kawasan Paris.

Tersangka penyerang telah diawasi sejak musim panas karena dicurigai melakukan radikalisasi Islam, kata badan intelijen Prancis kepada The Associated Press. Dia ditahan pada hari Kamis (12/10) untuk diinterogasi berdasarkan pemantauan panggilan teleponnya dalam beberapa hari terakhir, namun penyelidik tidak menemukan tanda-tanda bahwa dia sedang mempersiapkan serangan, kata Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin.

“Ada perlombaan melawan waktu. Namun tidak ada ancaman, tidak ada senjata, tidak ada indikasi. Kami melakukan tugas kami dengan serius,” kata Darmanin di televisi TF1. Intelijen Prancis menunjukkan adanya hubungan antara perang di Timur Tengah dan keputusan tersangka untuk menyerang, kata menteri tersebut.

Tersangka, yang diidentifikasi oleh jaksa sebagai Mohamed M, dilaporkan menolak berbicara dengan penyelidik. Beberapa orang lainnya juga ditahan pada hari Jumat, kata jaksa kontra terorisme nasional Jean-Francois Ricard. Polisi mengatakan adik laki-laki tersangka termasuk di antara mereka yang ditahan untuk diinterogasi.

Presiden Emmanuel Macron mengatakan Prancis “sekali lagi dilanda kebiadaban terorisme Islam.”

“Hampir tiga tahun setelah pembunuhan Samuel Paty, terorisme kembali menyerang sekolah dan dalam konteks yang kita semua sadari,” kata Macron di lokasi serangan di Arras, sebuah kota yang berjarak 185 kilometer utara Paris.

Seorang kolega dan rekan guru mengidentifikasi pendidik yang meninggal tersebut sebagai Dominique Bernard, seorang guru bahasa Prancis di sekolah Gambetta-Carnot, yang menerima siswa berusia 11-18 tahun. Korban “turun tangan dan mungkin menyelamatkan banyak nyawa” tetapi dua orang yang terluka, seorang guru lainnya dan seorang penjaga keamanan, berjuang untuk menyelamatkan nyawa mereka, menurut Macron.

Pihak berwenang mengatakan orang ketiga yang terluka bekerja sebagai petugas kebersihan di sekolah tersebut. Jaksa mengatakan tersangka penyerang adalah mantan mahasiswa di sana dan berulang kali meneriakkan “Allahu akbar,” atau “Tuhan Maha Besar” dalam bahasa Arab selama penyerangan.

Petugas polisi Sliman Hamzi adalah salah satu orang pertama yang tiba di lokasi kejadian. Hamzi mengatakan, dia diberitahu oleh petugas lain, bergegas ke sekolah dan melihat seorang korban laki-laki tergeletak di tanah di luar sekolah dan penyerangnya dibawa pergi. Katanya, leher korban digorok.

“Saya sangat terkejut dengan apa yang saya lihat,” kata petugas itu. “Sungguh mengerikan melihat pria malang ini dibunuh oleh orang gila saat bekerja.”

Kepolisian Nasional mengidentifikasi tersangka dalam serangan itu sebagai warga negara Rusia asal Chechnya yang lahir pada tahun 2003. Badan intelijen Prancis mengatakan kepada AP bahwa dia telah diawasi secara ketat sejak musim panas dengan dibuntuti dan dipantau telepon dan dihentikan baru-baru ini pada hari Kamis untuk pemeriksaan, tapi polisi yang tidak menemukan kesalahan.

Serangan pada hari Jumat (12/10) ini mirip dengan pembunuhan Paty pada tanggal 16 Oktober 2020, juga hari Jumat, oleh seorang anak berusia 18 tahun yang menjadi radikal. Seperti tersangka penikaman hari Jumat, penyerang sebelumnya memiliki latar belakang Chechnya; polisi menembak dan membunuhnya.

Martin Doussau, seorang guru filsafat di Gambetta-Carnot, mengatakan penyerang itu bersenjatakan dua pisau dan tampaknya sedang berburu khusus pada seorang guru sejarah. Paty mengajar sejarah dan geografi.

“Saya dikejar oleh penyerang, yang... bertanya apakah saya mengajar sejarah,'” kata Doussau, yang menceritakan bagaimana dia menghalangi menempatkan dirinya di balik pintu sampai polisi menggunakan senjata bius untuk menundukkan penyerang. “Ketika dia berbalik dan bertanya apakah saya seorang guru sejarah, saya langsung teringat pada Samuel Paty.”

Sekolah dikunci, dan beberapa anak ditahan di dalam kelas selama berjam-jam sementara orang tua yang putus asa berkumpul di luar.

“Suami saya menangis. Ada banyak orang yang menangis, banyak yang panik,’’ kata Céline Bourgeois, yang putranya yang berusia 15 tahun, Louis, berada di dalam.

Jaksa mengatakan mereka sedang mempertimbangkan dakwaan pembunuhan terkait teror dan percobaan pembunuhan terhadap tersangka.

Macron menyambangi sekolah tersebut, berhenti sejenak di hadapan jasad guru yang ditutupi selimut yang berada di parkiran depan sekolah, lalu menemui para siswa.

Dia mengatakan polisi menggagalkan “percobaan serangan” di wilayah lain di Prancis setelah penikaman fatal terhadap guru tersebut. Dia tidak memberikan rincian, namun Kementerian Dalam Negeri mengatakan yang dia maksud adalah seorang pria bersenjata pisau yang ditangkap saat keluar dari ruang salat di wilayah Yvelines sebelah barat Paris. Motif pria itu belum jelas, kata polisi.

Serangan di sekolah jarang terjadi di Perancis, dan pemerintah meminta pihak berwenang untuk meningkatkan kewaspadaan di semua sekolah di seluruh negeri.

Pemerintah juga meningkatkan kewaspadaan ancaman ke tingkat tertinggi pada hari Jumat, sehingga memungkinkan pengerahan polisi dan militer yang lebih besar untuk melindungi negara. Darmanin mengatakan tidak ada ancaman khusus yang mendorong tindakan tersebut, namun mengutip seruan para ekstremis untuk menyerang di tengah perang Timur Tengah.

Dia mengatakan pihak berwenang telah menahan 12 orang di dekat sekolah atau tempat ibadah sejak serangan Hamas terhadap Israel Sabtu lalu, beberapa di antaranya bersenjata dan bersiap untuk menyerang. Prancis telah meningkatkan keamanan di ratusan situs Yahudi di seluruh negeri pada pekan ini.

Percakapan telepon tersangka dalam beberapa hari terakhir tidak memberikan indikasi serangan yang akan terjadi, sehingga para pejabat intelijen menyimpulkan bahwa penyerang tiba-tiba memutuskan pada hari Jumat untuk bertindak, kata badan intelijen kepada AP.

Ayah tersangka diusir dari Prancis pada tahun 2018 karena radikalisme, kata menteri dalam negeri. Seorang kakak laki-lakinya menjalani hukuman penjara lima tahun karena pelanggaran teror. Dia divonis bersalah tahun ini karena terlibat dalam rencana serangan bersenjata di sekitar Istana Kepresidenan Elysee di Paris yang digagalkan oleh badan intelijen. Anggota kelompok Islam radikal lainnya juga dipenjara hingga 15 tahun. Dia adalah satu-satunya orang Chechnya di kelompok itu.

Kakak laki-laki tersebut juga merupakan mantan murid di sekolah menengah yang menjadi target pada hari Jumat, menurut catatan hukum dari persidangannya awal tahun ini atas tuduhan terkait teror. Catatan investigasi menunjukkan bahwa selama pelajaran sekolah pada tahun 2016 tentang kebebasan berekspresi, sang kakak membela serangan teror pada tahun 2015 yang menewaskan 12 kartunis di surat kabar satir Prancis “Charlie Hebdo.”

Serangan pada hari Jumat ini terjadi di tengah meningkatnya ketegangan di seluruh dunia mengenai serangan Hamas terhadap Israel selatan dan respons militer Israel yang keras, yang telah menewaskan ratusan warga sipil di kedua belah pihak.

Darmanin pada hari Kamis (12/10) memerintahkan pemerintah daerah untuk melarang semua demonstrasi pro Palestina di tengah meningkatnya tindakan antisemit.

Perancis diperkirakan memiliki populasi Yahudi terbesar ketiga di dunia setelah Israel dan Amerika Serikat, serta populasi Muslim terbesar di Eropa Barat.

Mengheningkan cipta diadakan pada pembukaan pertandingan sepak bola Prancis-Belanda pada hari Jumat malam untuk menghormati para korban pertempuran Israel-Hamas dan guru yang terbunuh.

Macron mengatakan sekolah di Arras dibuka kembali pada hari Sabtu pagi, dan dia mendesak rakyat Prancis untuk “tetap bersatu.”

“Pilihan telah dibuat untuk tidak menyerah pada teror,” katanya. “Kita tidak boleh membiarkan apa pun memecah belah kita, dan kita harus ingat bahwa sekolah dan transmisi pengetahuan adalah inti dari perjuangan melawan ketidaktahuan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home