Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 02:39 WIB | Jumat, 09 September 2022

Raja Baru Inggris Akan Dipanggil sebagai Charles III

Raja baru Inggris, Charles III. (Foto: dok. Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Raja baru Inggris akan secara resmi dipanggil sebagai Charles III, kediamannya di Clarence House dikonfirmasi pada hari Kamis (8/9), setelah pernyataan bahwa pewaris Ratu Elizabeth II mungkin telah mengambil nama pemerintahan yang berbeda.

Putra sulung Charles, William, mewarisi kadipaten Cornwall selain gelar adipati Cambridge saat ini.

Ratu Elizabeth, ratu terlama yang memerintah Inggris dan tokoh bangsa selama tujuh dekade, meninggal di rumahnya di Skotlandia pada usia 96 pada hari Kamis.

Putra sulungnya, Charles, 73 tahun, secara otomatis menjadi raja Inggris Raya dan kepala negara dari 14 kerajaan lain termasuk Australia, Kanada, dan Selandia Baru. Istrinya Camilla menjadi Permaisuri.

Ratu telah menderita dari apa yang disebut Istana Buckingham sebagai "masalah mobilitas episodik" sejak akhir tahun lalu, memaksanya untuk menarik diri dari hampir semua keterlibatan publiknya.

Keterlibatan publik terakhirnya datang pada hari Selasa (6/9), ketika dia menunjuk perdana menteri Liz Truss, perdana menteri ke-15 Inggris.

Di istananya dan di gedung-gedung pemerintah di London, bendera diturunkan menjadi setengah tiang.

Ratu Elizabeth II, yang juga merupakan kepala negara tertua dan terlama di dunia, naik takhta setelah kematian ayahnya Raja George VI pada 6 Februari 1952, ketika dia baru berusia 25 tahun.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home