Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:32 WIB | Minggu, 07 Mei 2023

Raja Charles dan Ratu Camilla Tampil di Balkon Seusai penobatan

Raja Inggris Charles III mengenakan Mahkota negara Kerajaan, dan Ratu Inggris Camilla mengenakan versi modifikasi dari gelombang Mahkota Ratu Mary dari balkon Istana Buckingham setelah melihat Angkatan Udara Kerajaan terbang melewati di pusat kota London pada 6 Mei 2023, setelah penobatan mereka. (Foto: AFP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Raja Charles III dan Ratu Camilla menyambut kerumunan yang basah kuyup karena hujan pada hari Sabtu (6/4) dengan senyum dan lambaian tangan, dalam dua penampilan bersama bangsawan Inggris lainnya dari balkon Istana Buckingham tak lama setelah penobatan mereka.

Pasangan yang baru dinobatkan, yang disambut sorak-sorai dari puluhan ribu penonton di bawah, bergabung dengan pewaris Charles, Pangeran William, istrinya Catherine, dan ketiga anak mereka.

Adik bungsu Charles, Pangeran Edward, istrinya Sophie, dan kedua anak mereka juga ada di sana. Satu-satunya saudara perempuannya, Putri Anne, juga muncul.

Namun, putra bungsu raja, Pangeran Harry, dan kakak laki-laki tertua, Pangeran Andrew, tidak hadir dalam barisan, dengan penampilan di balkon dibatasi hanya untuk bangsawan yang bekerja.

Harry dan istrinya yang berkebangsaan Amerika, Meghan, berhenti dari tugas kerajaan pada tahun 2020 dan sejak itu melancarkan serangkaian serangan berduri terhadap monarki.

Andrew, saudara laki-laki tertua raja, telah dibekukan karena hubungan masa lalunya dengan mendiang pemodal Amerika Serikat, Jeffrey Epstein, yang dipermalukan dan tuduhan pelecehan seksual terkait yang diselesaikan di luar pengadilan.

Mereka yang hadir disuguhi seremonial fly-past pesawat militer, meskipun terkendala karena cuaca basah. Itu menampilkan bermacam-macam helikopter Angkatan Udara Kerajaan, diikuti oleh tim pajangan Red Arrows yang membuntuti asap merah, putih dan biru di atas istana dan pusat kota London.

Setelah pertunjukan berakhir dan para bangsawan meninggalkan balkon, mereka muncul kembali untuk penampilan kedua yang lebih singkat, sekali lagi untuk sorakan dari kerumunan.

Sam Day, yang berkemah semalaman untuk kesempatan melihat keluarga itu, mengatakan kepada AFP bahwa itu "sangat berharga" karena dia telah menunggu kedatangan mereka beberapa saat sebelumnya, "meskipun cuaca tidak cerah."

Day mengatakan tontonan itu membuatnya "bangga" dan bahkan menyatakan kasih sayang untuk Harry, yang popularitasnya anjlok di Inggris setelah serangannya terhadap monarki. "Jika dia kembali, kami akan tetap mencintainya," tambahnya.

Penampilan balkon oleh Charles dan Camilla adalah acara publik terjadwal terakhir mereka pada hari Sabtu.

Namun, penyiar Inggris mencatat bahwa mendiang ibunya, Ratu Elizabeth II, muncul lagi di malam hari yang tidak dijadwalkan dari tempat bertengger terkenal di penobatannya sendiri pada tahun 1953. (Reuters/AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home