Loading...
EKONOMI
Penulis: Bayu Probo 18:26 WIB | Rabu, 21 Mei 2014

Rakornas V TPID Hasilkan Empat Kesepakatan

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan sambutan saat pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) V Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TIPD) 2014 di Jakarta, Rabu (21/5). Rakornas yang dihadiri sejumlah kepala daerah tersebut mengambil tema Memperkuat Koordinasi Pusat Daerah dan Mempercepat Kerja Sama Antar-Daerah dalam Upaya Menjaga Stabilitas Harga serta Meningkatkan Perekonomian Daerah. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Rapat Koordinasi Nasional V Tim Pengendali Inflasi Daerah menghasilkan empat kesepakatan yang dibacakan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Chairul Tanjung.

"Rakornas ini sangat baik menghasilkan kesepakatan dan juga komunikasi sehingga bisa diwujudkan dalam koordinasi yang baik antar Pemerintah Daerah serta diikuti implementasi yang baik," kata Chairul Tanjung dalam Rakornas V TPID di Jakarta, Rabu (21/5).

Chairul mengatakan kesepakatan pertama adalah meningkatkan kerja sama antardaerah di bidang ketahanan pangan. Hal itu dilakukan melalui dukungan perencanaan program kerja dan penyediaan anggaran di daerah.

"Ini memperkuat komitmen kepala daerah untuk menjaga stabilitas harga pangan," ujarnya.

Kesepakatan kedua, menurut dia, meningkatkan ketersediaan dan kualitas data serta informasi surplus-defisit pangan di setiap daerah oleh TPID.

Hal itu, menurut Chairul, untuk menjadi acuan dalam melakukan kerja sama antar-daerah.

"Diharapkan penyediaan data dan informasi ini berjalan berkesinambungan," katanya.

Ketiga, katanya, meningkatkan kapasitas pengelolaan kerja sama antardaerah. Langkah itu antara lain melalui bimbingan dan konsultasi bagi TPID yang difasilitasi oleh Kelompok Kerja Nasional (Pokjanas) TPID.

"Keempat yang merupakan kesepakatan tambahan yaitu langkah strategis pengendalian inflasi dilakukan dengan ketersediaan pasokan kelancaran distribusi," katanya.

Dia mengatakan TPID diharapkan bekerja sama dengan Pokjanas untuk segera menjalankan keempat kesepakatan itu.

Rakornas V TPID 2014 diikuti gubernur dan wali kota/bupati yang mewakili 233 TPID (33 provinsi dan 200 kabupaten/kota). Jumlah itu lebih banyak dari Rakornas tahun 213 yang diikuti 95 TPID.

Rakornas V TPID ini diselenggarakan atas kerja sama antara Bank Indonesia, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dan Kementerian Dalam Negeri yang tergabung dalam Kelompok Kerja Nasional (Pokjanas) TPID. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home