Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Reporter Satuharapan 21:38 WIB | Kamis, 19 November 2015

Rektor Atma Jaya: Butuh Pemimpin yang Peduli Lingkungan Hidup

Suasana Business Sustainability Forum (BSF) (Foto: Febriana Dyah Hardiyanti)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – “Salah satu kunci mewujudkan Smart City terletak pada karakter pemimpin,” ujar Lanny W. Pandjaitan, Rektor Unika Atma Jaya, saat mengemukakan pendapatnya dalam acara Business Sustainability Forum (BSF) kedua dengan tema “Smart City for Mega City-Actions for A Better World”, pada hari Kamis (19/11), di kampusnya, Atma Jaya, Jakarta.

Lanny menyatakan bahwa Sustainability Development Goals (SDGs) dalam mendorong inovasi untuk melestarikan lingkungan hidup dalam menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Maka, dibutuhkan pemimpin yang memiliki kepribadian konsisten memelihara lingkungan hidupnya.

“Yayasan Bhumiksara yang memiliki kepedulian terhadap terwujudnya SDGs, terlibat langsung dalam mengembangkan kader bangsa yang peduli dan selalu ingin berinovasi, serta turut menyelenggarakan BSF dalam menciptakan pemikiran bagi pemimpin bangsa dalam mewujudkan SDGs,” kata Eddie Cahyono Putro, selaku Ketua Yayasan Bhumiksara.

Selaras dengan apa yang diungkapkan oleh Eddie, salah satu aspek kepemimpinan yang ingin dibangun oleh Yayasan Bhumiksara adalah inovasi, yaitu pemimpin yang mampu membawa perubahan bermanfaat bagi lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

“Pemimpin haruslah seorang yang punya kepribadian terbuka, bermental ‘out of the box’ dan fleksibel. Selain itu, pemimpin harus punya sifat otentik yang mampu menjadi ‘role model’ dalam hal moral, bertanggung jawab, dan mempunyai visi ke depan yang share kepada konstituennya. Bhumiksara peduli terhadap perwujudan Smart City yang optimal dengan mengembangkan kader bangsa yang memiliki ciri kepemimpinan tersebut,” ujar Eddie dalam forum tersebut.

Melalui BSF ini, menjadi wadah strategis menuju Smart City bagi orang-orang yang peduli,” jelas Eddie.

Kepemimpinan menjadi sorotan dalam forum tersebut. Elemen masyarakat akademis dan swasta optimis bahwa dengan adanya kemauan yang besar dalam mewujudkan Smart City, maka bukan hal mustahil bahwa kota-kota di Indonesia akan menjadi Smart City.

Editor : Bayu Probo


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home