Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 16:26 WIB | Senin, 09 November 2015

Rektor Unhan Naik Pangkat

Panglima TNI Gatot Nurmantyo dalam upacara pelaporan Korps Kenaikan Pangkat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, hari Senin (9/11). (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM –  Sebanyak 15 perwira tinggi (pati) TNI, termasuk Rektor Universitas Pertahanan Indonesia (Unhan), berdasarkan Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/2835/XI/2015 Tanggal 9 November  2015, menerima kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula.

Perwira tinggi TNI yang naik pangkat itu terdiri atas enam Pati TNI AD yaitu, Letjen TNI I Wayan Midhio MPhil (Rektor Unhan), Mayjen TNI CH Halomoan Sidabutar (Sahli Bidang Hankam BIN), Mayjen TNI Cucu Sumantri (Tenaga Ahli Pengajar Bidang Geo Strategi dan Tannas Lemhanas), Brigjen TNI Yudi Satriyono SH (Danpussenarmed Kodiklat TNI AD), Brigjen TNI Drs Amrin (Ir Kemenkopolhukam), dan Brigjen TNI Kasuri (Waasrena Kasad).

Empat Pati TNI AL yang naik pangkat yaitu Laksda TNI Ir Bambang Nariyono MM (Tenaga Ahli Pengkaji Wasantara Lemhannas), Laksma TNI Hadi Santoso (Kadisdikal), Laksma TNI Moelyanto MSi (Han) (Kadislaikmatal), dan Laksma TNI Muspin Santoso SH MSi (Han) (Direktur Latihan Deputi Bidang Opslat Bakamla). 

Lima Pati dari TNI AU yang naik pangkat yaitu Marsdya TNI Hadiyan Sumintaatmadja (Wakasau), Marsda TNI Agus Munandar SE (Tenaga Ahli Pengkaji Ketahanan Nasional Lemhannas), Marsda TNI Dedy Permadi SE MMDS (Gubernur AAU), Marsma TNI Ir Budi R Purba MSc (Kadisfaskonau), dan Marsma TNI Hari Budianto (Danlanud Atang Senjaya).

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanatnya mengatakan kenaikan pangkat pada hakikatnya merupakan wujud penghargaan negara dan TNI kepada para prajuritnya, atas prestasi dan pengabdiannya kepada negara dan bangsa.

“Kenaikan pangkat seperti ini harus dapat dijadikan sumber motivasi sekaligus inspirasi untuk memantapkan kejuangan, idealisme, moralitas, militansi, dan etika profesi keprajuritan, serta terus berupaya meningkatkan profesionalisme keprajuritan yang berbasis pada jati diri TNI,” kata Panglima dalam upacara pelaporan Korps Kenaikan Pangkat di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, hari Senin (9/11).

“Saya selaku Panglima TNI mengucapkan selamat dan  berbahagia kepada para jenderal, laksamana, dan marsekal, atas anugerah kenaikan pangkat, dengan harapan kenaikan pangkat ini menjadi sumber motivasi dalam meningkatkan kinerja para perwira sekalian,” dia menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut Jenderal Gatot Nurmantyo menyampaikan ada konsekuensi yang selalu menyertai, semakin tinggi pangkat yang disandang seorang perwira, semakin tinggi pula tuntutan tanggung jawab atas pelaksanaan tugas yang diembannya. Makna penting itu ia ingatkan dan tekankan, supaya seorang perwira tinggi tidak lagi duduk di menara gading, tetapi juga harus bekerja keras dalam mencapai tugas pokok yang diembankan kepadanya.

“Secara khusus saya ingin mengingatkan kepada para perwira yang saat ini naik pangkat, bahwa dengan kenaikan pangkat ini, selain membawa manfaat bagi diri para perwira sendiri, para perwira juga dituntut untuk dapat memberikan kontribusi positif bagi upaya peningkatan pembinaan satuan dengan tetap berpedoman kepada visi TNI, yaitu TNI yang solid, profesional, tangguh, modern, berwawasan kebangsaan, mencintai dan dicintai rakyat,” kata dia.

Pada akhir amanatnya, Jenderal Gatot Nurmantyo menekankan, kenaikan pangkat dan promosi jabatan perwira saat ini agar dapat dipertanggungjawabkan, baik secara profesional, moral dan etika, sehingga tumbuh suatu pemahaman bahwa kenaikan pangkat bukanlah suatu hadiah, akan tetapi diberikan secara objektif, hanya kepada prajurit yang benar-benar berprestasi dalam mengabdikan diri kepada negara dan bangsa.

“Yang harus senantiasa diingat lekat dalam sanubari kita, bahwa kenaikan pangkat adalah merupakan kepercayaan dan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa, dan nantinya akan dipertanggungjawabkan kepada Tuhan, atas apa yang dilakukan dan yang tidak dilakukan. Jadi, tidak boleh ada yang main-main dengan pangkat bintang yang saat ini para perwira sandang,” kata dia.

Turut hadir dalam acara tersebut antara lain Wakasad Letjen TNI Moh Erwin Syafitri, Wakasal Laksdya TNI Widodo, Kasum TNI Laksdya TNI Didit Herdiawan, Dansesko TNI Letjen TNI Sony Widjaya, Kapuspen TNI Mayjen TNI Tatang Sulaiman, para asisten Panglima TNI, serta istri-istri perwira tinggi TNI yang naik pangkat.(PR)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home