Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 07:23 WIB | Minggu, 12 Juni 2016

Relawan Ahok Siap Bantu KPU Lakukan Verifikasi

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok. (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Relawan Muda Mudi Ahok siap membantu Komisi Pemilihan Umum (KPU) melakukan verifikasi faktual terhadap para pendukung Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok sebagai calon Gubernur DKI Jakarta dari perseorangan pada pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2017.

“Kami akan membantu KPU dengan cara memberitahu seluruh pendukung Ahok agar proaktif pada saat KPU melakukan verifikasi faktual," kata Koordinator Relawan Muda Mudi Ahok, Ivan Husemen, pada diskusi "Polemik: Pertarungan Politik Pilkada" di Jakarta, hari Sabtu (11/6).

Menurut Ivan, bantuan yang akan diberikan oleh relawan pendukung Ahok adalah meminta para pendukungnya untuk libur satu hari pada saat dilakukan verifikasi faktual dan menunggu kehadiran petugas dari KPU di rumah.

Relawan Ahok, kata dia, memiliki data base identitas dan nomor kontak para pendukung Ahok yang telah menyatakan dukungan melalui pernyataan dukungan dan foto kopi KTP.

“Dengan adanya database itu, kami dapat menghubungi para pendukung untuk libur sehari dan menunggu petugas dari KPU," kata dia seperti dikutip dari Antara.

Ivan menegaskan, Relawan Teman Ahok termasuk Muda Mudi Ahok hingga saat ini telah berhasil mengumpulkan fotokopi KTP dan pernyataan dukungan hampir satu juta dari sekitar 560.000 dukungan yang menjadi persyaratan oleh KPU.

Sementara itu, angggota KPU DKI Jakarta Sumarno mengatakan, KPU pada saat ini akan melakukan verifikasi administrasi dan verifikasi faktual terhadap calon Gubernur DKI Jakarta dari jalur perseorangan, selama 28 hari.

Menurut dia, verifikasi dilakukan dengan mensortir foto kopi KTP dukungan berdasarkan domisili kelurahan dan kecematan.

“Setelah dipilah-pilah baru kemudian dilakukan verifikasi faktual dengan mendatangi alamat masing-masing," kata dia.

Sumarno menambahkan, para pendukung yang tidak ditemukan alamatnya atau sedang tidak berada di alamat pada saat verifikasi, akan diberikan waktu selama tiga hari agar datang ke panitia pemilihan tingkat kelurahan untuk melakukan verifikasi.

                                        

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home