Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 20:33 WIB | Kamis, 29 April 2021

Replika Cetak 3D Patung “David” Karya Michelangelo Tampil di Dubai Expo

Replika hasil dari cetakan tiga dimensi (3D) patung “David” karya pematung Italia, Michelangelo, tampil di Dubai Expo 2020. (Foto: via Al Arabiya)

DUBAI, SATUHARAPAN.COM-Replika cetakan tiga dimensi (3D) patung mahakarya Michelangelo, David, telah dipajang di Dubai's Expo 2020.

Patung setingga lima meter berada di paviliun Italia dalam pameran dunia yang akan dibuka untuk pengunjung pada 1 Oktober 2021.

Expo 2020 dianggap sebagai daya tarik bagi wisatawan dan bisnis dari luar negeri, dengan penyelenggara memperkirakan akan dikunjungi 25 juta peserta.

Awalnya pameran itu dijadwalkan dibuka untuk umum pada Oktober 2020, tetapi pandemi virus corona memaksanya ditunda setahun.

Replika patung “David” di  Italia diresmikan setelah berbulan-bulan dikerjakan termasuk 40 jam pemindaian digital dari patung marmer asli abad ke-16 di Florence.

Rendering komputer tiga dimensi dibuat untuk mereplikasi pekerjaan dengan akurasi hingga tingkat 146 ribu milimiter.

Patung itu kemudian dibuat menggunakan salah satu printer 3D terbesar di dunia sebelum diukir dengan tangan menjadi bentuk akhirnya.

Patung itu diresmikan pada sebuah upacara yang dihadiri oleh Luigi Di Maio, Menteri Luar Negeri dan Urusan Internasional Italia; Walikota Florence ,Dario Nardella; dan anggota kabinet UEA, Sheikh Nahayan Mabarak Al Nahayan.

Juga hadir adalah Reem Al-Hashimy, Menteri Negara UEA untuk Kerjasama Internasional; Noura Al-Kaabi, Menteri Kebudayaan dan Pemuda UEA; Hala Badri, Direktur Jenderal Otoritas Budaya dan Seni Dubai.

Paviliun lain dalam pameran itu adalah Paviliun Terra, sebuah penghormatan terhadap kelestarian lingkungan; Paviliun Amerika Serikat yang memamerkan teknologi perjalanan luar angkasa dengan replika roket SpaceX; dan Paviliun Spanyol dibangun dari bahan daur ulang yang menghormati warisan Arab negara itu.

Expo 2020 akan menampilkan paviliun dari lebih dari 190 negara. Ini mewakili investasi senilai US$ tujuh miliar oleh UEA untuk meningkatkan ekonominya, yang sebagian besar didukung oleh pariwisata. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home