Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 19:32 WIB | Minggu, 24 Januari 2016

Republik Dominika Konfirmasi 10 Kasus Virus Zika

Foto: drealfmgrenada.com

SANTO DOMINGO, SATUHARAPAN.COM - Republik Dominika mengatakan pada hari Sabtu (23/1) bahwa pihaknya telah mencatat 10 kasus virus Zika yang sudah mendapat konfirmasi dan diduga menyebabkan cacat lahir cukup serius pada bayi.

Menteri Kesehatan Altagracia Guzman mengatakan uji laboratorium terhadap beberapa sampel yang dikirim ke Amerika Serikat telah mengonfirmasi virus Zika pada 10 dari 27 dugaan kasus tersebut.

“Setelah temuan ini, sangat penting untuk mengadopsi langkah ketat di seluruh negara guna mencegah dan mengatasi penyakit ini,” kata Guzman.

Zika, virus yang dibawa oleh nyamuk memiliki gejala mirip dengan demam berdarah dan chikungunya, dikaitkan dengan cacat lahir yang dikenal sebagai mikrosefali, ketika bayi yang baru lahir memiliki kepala dengan ukuran abnormal. Virus ini juga diasosiasikan dengan tingkat keguguran yang lebih tinggi.

Gejala yang paling umum dari Zika adalah demam, ruam, nyeri sendi, atau konjungtivitis (mata merah). Gejala umum lainnya termasuk sakit otot dan sakit kepala.

Langkah yang diusulkan untuk mengatasi penyakit ini salah satunya adalah dengan meningkatkan pembasmian nyamuk, lewat pembersihan genangan air yang bisa menjadi tempat perkembangbiakan serangga tersebut. (AFP)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home