Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki Pangaribuan 06:24 WIB | Rabu, 22 Juni 2016

Restoran Asal Singapura Siap Ekspansi ke Jakarta

Ilustrasi. Sebuah restoran cepat saji yang dipadati konsumen. (Foto: dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAN.COM - Perusahaan di bidang restoran terkemuka asal Singapura saat ini memiliki 10 cabang di seluruh Singapura berminat untuk berinvestasi sebesar US$ 2 Juta (setara dengan Rp 27,8  miliar rupiah asumsi kurs US$ 1 = Rp. 13.900 di Indonesia.

Investor potensial tersebut membidik Jakarta sebagai kota pertama untuk melakukan investasi di Indonesia. Minat investasi yang masuk ini termasuk dalam daftar perusahaan yang menyatakan minatnya setelah pemerintah merevisi Daftar Negatif Investasi melalui Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2016.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Franky Sibarani menyatakan bahwa pihaknya menyambut positif minat investasi yang disampaikan oleh investor asal Singapura tersebut.

“Dari sisi keberagaman sektor tentu ini merupakan hal yang positif untuk mendorong masuknya investasi di sektor pariwisata ke Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi kepada media, hari Selasa (21/6).

Franky menyampaikan bahwa menyampaikan bahwa rencana ini merupakan respon positif dari investor Singapura terkait paket kebijakan terbaru pemerintah mengenai DNI yang lebih terbuka untuk investor asing terutama di sektor pariwisata.

“Ini merupakan salah satu dari beberapa minat yang muncul pasca direvisinya peraturan mengenai DNI tersebut,” lanjutnya.

Lebih lanjut Franky menyampaikan bahwa perusahaan menyampaikan minatnya dalam pertemuan di kantor IIPC Singapura beberapa waktu yang lalu setelah mendapatkan penjelasan bahwa bidang usaha di dalam Daftar Negatif Investasi (DNI) yang baru untuk sektor pariwisata terutama restoran akan terbuka 100 persen kepemilikan saham asingnya.

Kepala BKPM juga menjelaskan bahwa investor berencana membangun proyeknya di wilayah Jakarta sebagai proyek awalnya dan berencana akan memperluas usahanya keluar Jakarta, jika mendapat respon positif dari konsumen Indonesia.

“BKPM mendukung penuh rencana investasi perusahaan tersebut dan mendorong investasi keluar wilayah Jakarta untuk menunjang pengembangan pariwisata di Indonesia,” katanya.

Sementara Kepala Kantor Perwakilan BKPM (IIPC) Singapura  Ricky Kusmayadi menyampaikan bahwa minat investasi akan dikawal oleh pihaknya berkoordinasi dnegan KBRI Singapura dan instansi terkait lainnya.

“Kami melakukan komunikasi intensif dengan perusahaan untuk membantu memfasilitasi berbagai keperluan terkait rencana investasi yang dilakukan,” kata Ricky.

Singapura merupakan negara teratas di daftar peringkat negara asal realisasi investasi. Bersama Malaysia, Singapura ditetapkan sebagai negara prioritas pemasaran investasi khusus untuk negara-negara anggota ASEAN. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan realisasi investasi dari ASEAN yang pada tahun 2015 naik 15 persen menjadi US$ 9,1 miliar dari sebelumnya US$ 7,93 miliar.

Sedangkan dari sisi komitmen investasi, negara-negara anggota ASEAN pada tahun 2015 mencatatkan kenaikan 79 persen mencapai US$ 22 miliar dari posisi tahun sebelumnya US$ 12,3 miliar.

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home