Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 04:48 WIB | Sabtu, 07 Desember 2019

Reuni Ibu dan Anak Palestina Setelah 20 Tahun

Amjad Yaghi dan ibunya, Nevine Zouheir, bertemu setelah 20 tahun akibat penutupan perbatasan di Gaza. (Foto: dari Reutrs)

KAIRO, SATUHARAPAN.COM-Wartawan Palestina, Amjad Yaghi, akhirnya bertemu ibunya setelah 20 tahun keduanya terpisah dalam sebuah reuni yang menggembirakan pada pekan lalu.

Yaghi baru berusia sembilan tahun ketika ibunya meninggalkan Jalur Gaza dalam perjalanan singkat ke Mesir untuk perawatan medis dan mereka tidak bertemu lagi selama 20 tahun.

Setelah meninggalkan Gaza pada tahun 1999, ibu Yaghi, Nevine Zouheir, tidak dapat kembali ke Gaza karena nyeri tulang belakang yang memerlukan operasi.

Meskipun ada 14 upaya untuk mengunjunginya, Yaghi tidak dapat keluar dari Gaza setelah kelompok militan Hamas menguasai wilayah itu pada 2007 dan Israel, serta Mesir memberlakukan blokade, termasuk pembatasan perjalanan.

Yaghi beberapa kali diundang untuk menghadiri beberapa konferensi di luar negeri, dia menerima izin perjalanan hanya setelah mereka berakhir, meninggalkannya tanpa alasan yang sah untuk melintasi perbatasan.

Yaghi akhirnya diberikan visa untuk memasuki Mesir melalui Yordania, dan menuju ke apartemen ibunya di kota Delta Nil, Banha, pada hari Senin (2/12).

Ketika dia melihatnya dari balkonnya, Zouheir meneriakkan nama putranya. Dia pergi ke bawah tangga untuk memeluknya dan mereka berpegangan tangan saat mereka berjalan ke apartemen.

“Sangat sulit memahami bahwa Anda bisa mati tanpa bisa mewujudkan impian, tanpa melihat keluarga Anda, ibumu,” kata Yaghi, dikutip Reuters. Dia terluka pada tahun 2009 dalam konflik bersenjata dengan Israel.

“Dalam semua situasi ini, kita membutuhkan seorang ibu. Ya, umur saya 29 tahun. Tetapi saya membutuhkan seorang ibu di samping saya,” katanya. "Saya memiliki saudara yang semuanya hebat, tetapi seorang ibu penting di negara yang hidup di bawah pendudukan."

Mengutip masalah keamanan, Israel mempertahankan kontrol ketat terhadap gerakan rakyat Palestina, keluar dan masuk Gaza, wilayah yang dikuasai Israel dalam Perang Timur Tengah 1967.

Mesir hanya sesekali membuka perbatasan di kota Rafah untuk memungkinkan orang tertentu melewatinya, mereka pemegang paspor asing, pelajar dan mereka yang membutuhkan perawatan medis.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home