Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 19:04 WIB | Kamis, 19 Mei 2022

RI Harap Walubi Bersinergi dengan Umat Agama Lainnya

Tangkapan layar - Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, memberikan sambutanB di alai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lembang, Bandung Barat, Rabu (23/03/2022). Youtube Kementerian Ketenagakerjaan RI/pri.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin berharap DPP Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) terus berkiprah dan bersinergi dengan umat beragama lain dalam menyukseskan program pembangunan nasional.

Hal tersebut disampaikan Wapres melalui tayangan video yang diputar dalam acara Dharmasanti Perayaan Trisuci Waisak 2566 B.E-2022 di Candi Borobudur Magelang, Jawa Tengah, yang disaksikan melalui kanal Youtube DPP Walubi, di Jakarta, Senin (17/5) malam.

"Saya harapkan Walubi dapat terus berkiprah dan bersinergi dengan umat beragama lain, dalam rangka memberikan kemaslahatan dan menyukseskan program-program pembangunan nasional," ujar Wapres.

Wapres mengapresiasi tema peringatan Hari Raya Waisak Tahun 2022 yakni Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagiaan Sejati.

Menurutnya, tema ini mengingatkan semua pihak senantiasa taat dalam menjalankan ajaran agama, sekaligus terus berusaha mengaktualisasikan nilai-nilai agama dalam kehidupan sebagai individu, sebagai bagian dari masyarakat dan hubungan dengan alam.

Wapres mengharapkan momentum Hari Raya Waisak dapat meningkatkan kebijaksanaan dan kebahagiaan sejati bagi umat Buddha sekaligus menjadi perekat kerukunan dan toleransi antarumat beragama di Indonesia.

Dia menekankan toleransi adalah warisan budaya leluhur bangsa Indonesia yang menjadi kunci dalam merawat keberagaman di Nusantara, sehingga keberagaman dapat menjadi kekayaan dan sumber kekuatan untuk menjaga keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Toleransi membimbing kita pada moderasi beragama sehingga kita terhindar dari fanatisme yang dapat mengarah kepada fundamentalisme, radikalisme maupun ektremisme," jelasnya.

Wapres mengingatkan dalam menggalakkan moderasi beragama, pemerintah membutuhkan dukungan dan kolaborasi semua pihak, utamanya para pemuka agama dan tokoh masyarakat.

"Sikap moderat saya harapkan dapat menjaga keutuhan bangsa Indonesia yang bhinneka, yang menjadi fondasi bagi pembangunan bangsa kita menuju kemajuan dan kesejahteraan berdasarkan pancasila dan UUD 1945," ujar Wapres.

Atas dasar itu dia menyampaikan peranan Walubi dan umat Buddha di Indonesia sangat penting.

Dia pun berharap perayaan Waisak tahun ini di Candi Borobudur semakin memperkenalkan Candi Borobudur kepada dunia sebagai tempat ibadah umat Buddha.

"Sebagai penutup saya ucapkan selamat memperingati Hari Raya Waisak 2566 Tahun 2022 semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan pertolongannya dan meridhai segala ikhtiar yang kita lakukan demi kebaikan dan kemajuan bangsa Indonesia," ujarnya. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home