Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:17 WIB | Jumat, 18 Februari 2022

Ribuan Umat Gereja Katolik di Arizona Perlu Baptis Ulang, Mengapa?

Gereja Katolik mengatakan pembaptisan yang dilakukan oleh imam, Pastor Andres Arango, yang melayani di Arizona selama 16 tahun sekarang dianggap tidak sah karena dia menggunakan kata-kata yang salah di Paroki St. Gregorius Rabu, 16 Februari 2022, di Phoenix. (Foto: AP/Ross D. Franklin)

PHOENIX, SATUHARAPAN.COM-Seorang imam gereja Katolik dicintai oleh umatnya, namun kemudian diketahui bahwa dia selama bertahun-tahun melakukan kesalahan ritual dalam penyebutan satu kata. Ini berulang kali, yang telah menyebabkan kebingungan dan kecemasan bagi ribuan umat Katolik di daerah Phoenix, Arizona yang sekarang khawatir bahwa mereka dibaptis secara tidak benar.

Di bawah pengawasan adalah pembaptisan yang dilakukan oleh Pastor Andres Arango, yang melayani di Arizona selama 16 tahun. Pejabat Katolik memperkirakan bahwa ribuan pembaptisan sekarang dianggap tidak sah karena dia menggunakan kata-kata yang salah, dan mereka mengatakan mereka yang terkena dampak mungkin perlu dibaptis ulang. Beberapa mungkin merasa berkewajiban untuk mengadakan upacara gereja lain lagi, bahkan termasuk pernikahan.

Kesalahan Arango adalah karena mengatakan, "Kami membaptis kamu dalam nama Bapa, dan Putra, dan Roh Kudus," padahal dia seharusnya memulai kalimat dengan mengatakan, "Aku membaptis kamu." Ini tentang kata “kami” dan “Aku,” tetapi perbedaannya secara teologis dianggap penting, kata Vatikan memerintah pada tahun 2020,  bukan menggunakan kata "kita" dari jemaat yang membaptis tetapi "Aku" Yesus Kristus, yang bekerja melalui imam.

Arango melayani di tiga paroki di metro Phoenix dari September 2005 hingga pengunduran dirinya 1 Februari lalu, terakhir di St. Gregorius, di mana umat paroki memuji dia karena mengatasi penurunan jumlah umat yang mengkhawatirkan.

“Tanpa kebaikan, perhatian, dan penggembalaannya yang tulus, secara fisik dan spiritual, gereja dan sekolah kami tidak akan ada,” kata Mona Shelley, anggota paroki seumur hidup. Dia mengatakan Arango telah kembali ke gereja beberapa kali sejak pengunduran dirinya untuk melakukan baptisan ulang dengan kata-kata yang tepat.

Rekan umat paroki, Christina Moishe Collins, yang juga seorang penyanyi di St. Gregorius, mengatakan Arango menerima tepuk tangan meriah setelah kebaktian terakhirnya di sana, dan orang-orang menunggu di luar dengan spanduk untuk berterima kasih padanya dan menunjukkan dukungan.

"Saya tidak melihat dia melakukan ini dengan niat jahat," katanya. “Pastor Andres adalah seorang imam yang luar biasa dan dia mungkin telah membuat kesalahan, tetapi itu tidak mengubah fakta bahwa dia benar-benar peduli dengan umatnya dan benar-benar menjalankan imannya.”

Bahkan seorang umat yang terkena dampak langsung dari pembaptisan yang gagal, Eliana Najera, mengatakan dia berterima kasih kepada Arango atas pelayanannya dan berharap dia bisa kembali. Putri Najera yang berusia 13 tahun, Alysson, dibaptiskan oleh Arango di gereja lain dan akan dibaptis ulang di St. Gregorius pekan depan.

“Sebagai seorang ibu saya merasa tidak enak karena selama ini saya mengizinkannya menerima Komuni,” kata Najera, merujuk pada sakramen lain yang mengharuskan penerima untuk dibaptiskan terlebih dahulu. "Aku punya lebih banyak pertanyaan daripada jawaban."

Mendata Umat Untuk Baptis Ulang

Keuskupan Phoenix sedang mencoba mengidentifikasi orang-orang yang dibaptis oleh Arango. Itu telah membuat bagian FAQ di situs webnya untuk menghadapi masalah yang berkaitan dengan pembaptisan yang gagal dan membuat formulir untuk diisi orang-orang untuk memulai proses pembaptisan ulang.

Vatikan pada Juni 2020 mengeluarkan pedoman yang menyatakan bahwa formula “Kami” tidak valid dan bahwa siapa pun yang dibaptis menggunakan formula itu harus dibaptis ulang dengan menggunakan formula yang benar.

Takhta Suci mengatakan pihaknya mengambil tindakan karena beberapa imam yang tidak disebutkan namanya menggunakan formula "Kami" untuk membuat baptisan lebih menjadi urusan komunal yang melibatkan orang tua, wali baptis dan masyarakat dalam menyambut anggota baru ke dalam gereja.

Dalam sebuah catatan di situs web Keuskupan Phoenix, Arango menulis: “Saya sedih mengetahui bahwa saya telah melakukan pembaptisan yang tidak sah selama pelayanan saya sebagai imam dengan secara teratur menggunakan formula yang salah. Saya sangat menyesali kesalahan saya dan bagaimana ini telah mempengaruhi banyak orang di paroki Anda dan di tempat lain.”

Kasus Serupa

Ada kasus serupa di tempat lain di masa lalu. Di Detroit, pejabat gereja pada tahun 2020 mengatakan seorang diakon menggunakan kata-kata yang salah saat membaptis orang dari tahun 1986 hingga 1999.

Konsekuensi paling dramatis dalam kasus itu melibatkan Pendeta Matthew Hood, yang dibaptis sebagai anak laki-laki oleh diakon dan kemudian menjadi imam: Karena pembaptisannya tidak sah, demikian pula penahbisannya pada tahun 2017. Hood menemukan kesalahan itu saat menonton video pembaptisan masa kecilnya, kata keuskupan agung setempat.

Keuskupan agung mengatakan pernikahan yang dilakukan oleh Hood mungkin tidak sah dan mendesak pasangan untuk berbicara dengan pendeta mereka sesegera mungkin "sehingga setiap langkah dapat diambil untuk memperbaiki status perkawinan Anda di gereja, jika perlu."

Hood dibaptis lagi dan ditahbiskan sebagai imam untuk kedua kalinya.

Juga pada tahun 2020, di Oklahoma, seorang imam baru, Pastora Zachary Boazman, mengetahui bahwa pembaptisannya tidak sah. Uskup Agung Kota Oklahoma, Paul Coakley, kemudian mengesahkan pernikahan yang dilakukan oleh Boazman, yang dibaptis dan ditahbiskan kembali.

Katie Burke, juru bicara Keuskupan Phoenix, mengatakan umat Katolik biasa membawa masalah baptisan Arango menjadi perhatian gereja. “Kemungkinan, orang-orang yang mendengarnya terjadi di Phoenix menyadari cerita-cerita lain ini dan karena itu tahu ungkapan itu tidak benar,” kata Burke.

Burke mengatakan keuskupan tidak mengetahui adanya seminaris, diakon atau imam yang dibaptis secara tidak benar oleh Arango.

Dalam petisi ke Keuskupan Phoenix, umat paroki meminta pertemuan balai kota di gereja untuk mendengar pandangan mereka tentang pemecatan imam dan menuntut jawaban atas keputusan keuskupan untuk membatalkan ribuan sakramen. Petisi tersebut juga menyertakan spreadsheet dengan ratusan contoh bagaimana Arango berdampak positif bagi kehidupan mereka.

Sebelum melayani di St. Gregorius, Arango adalah pastor di Gereja Katolik Saint Jerome di Phoenix dan Paroki Katolik Roma St. Anne di dekat Gilbert. Sebelumnya, ia bertugas di San Diego dan Brasil.

Andrea Reyes, seorang umat paroki St. Gregorius seumur hidup, berteman dengan Arango selama perjalanan gereja ke Israel pada tahun 2017 dan terus berhubungan sejak dia mengundurkan diri.

“Dia pada dasarnya mengatakan bahwa ini adalah situasi yang sangat unik, dan dia mengerti bahwa dia melakukan kesalahan,” katanya. "Saya seperti, 'Kami sangat merindukanmu.' Dan, 'Ya, saya juga merindukan kalian.' Saya merasa dia agak berduka karena kami sebagai komunitas."

Umat ​​lain, Johnny Martinez Jr., mengatakan dia dan 20 anggota keluarga memulai obrolan kelompok di mana mereka membahas apakah ada di antara mereka yang terkena dampak pembaptisan yang gagal. Martinez menemukan foto-foto lama yang mengkonfirmasikan bahwa kedua anaknya tidak dibaptis oleh Arango, tetapi mengatakan dia berinteraksi dengan imam itu beberapa kali.

Dia memuji Arango atas kelembutan dan ketekunannya, namun mengatakan mengundurkan diri adalah hal yang benar untuk dilakukan.

“Kita semua memiliki pekerjaan yang harus dilakukan dan Anda harus melakukan pekerjaan itu dengan benar. Itu secara efektif tidak dilakukan dengan benar,” kata Martinez. “Kita hanya perlu mengambil potongan-potongan itu dan bergerak dari sana.”

Tetapi María Vázquez, yang cucunya yang berusia enam tahun dibaptis oleh Arango dan masih menganggapnya sah, telah mengirim surat ke keuskupan untuk meminta pemulihan imam. “Saya meminta mereka untuk menjangkau ke dalam hati mereka dan memaafkan,” kata Vázquez. “Ada imam yang melakukan jauh lebih buruk dan diizinkan untuk tetap berada di gereja mereka.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home