Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 11:05 WIB | Senin, 15 Februari 2021

RIP: Dubes Sinyo Sarundajang Akan Dimakamkan di Minahasa

Dr. Sinyo Harry Sarundajang (Twitter/@KBRI_Manila)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Duta Besar Indonesia untuk Filipina merangkap kepulauan Marshal dan Palau, Sinyo Harry Sarundajang meninggal dunia, hari Sabtu 13 Februari 2021.

Sinyo diketahui meninggal dunia di RS MRCCC Siloam Semanggi, Jakarta pada usia 76 tahun. Jenazah sempat disemayamkan di RSPAD pukul 16.00 WIB dan selanjutnya akan dimakamkan di Manado, Sulawesi Utara.

Jenazah Dubes RI untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajang rencananya dimakamkan di kampung halamannya di Kawangkoan, Kabupaten Minahasa.

"Rencana dimakamkan di Kawangkoan Minahasa, di kampung halaman," ujar putri Sinyo, Vanda Sarundajang, kepada wartawan, Sabtu (13/2/2021).

Sinyo Harry Sarundajang meninggal pada hari Sabtu (13/2) pukul 00.31 WIB di RS Siloam, Jakarta pada usia ke-76 tahun. Sinyo Harry Sarundajang meninggal karena sakit.

"Iya, dia sakit sudah beberapa waktu belakang ini," kata Vanda, yang juga anggota DPR RI dari Fraksi PDIP ini.

Vanda belum memastikan waktu pemakaman Sinyo Harry Sarundajang di Kawangkoan. Rencananya, jenazah dimakamkan antara hari Selasa (16/2) atau Rabu (17/2).

"Pemakaman belum dikonfirmasi kepastiannya, antara Selasa atau Rabu," kata Vanda.

Ketua Umum PGI Pdt Gomar Gultom, hari Sabtu (13/2) dalam kata-kata penghiburan bagi keluarga mengatakan, duka tidak hanya menghinggapi keluarga, KGPM dan Sulawesi Utara, tapi juga gereja-gereja di Indonesia.

“Sepanjang hari ini, WA grup dari pimpinan gereja-gereja Indonesia dipenuhi dengan ungkapan turut berdukacita. Gereja-gereja di Indonesia sangat dekat dengan almarhum. Turut berduka bagi keluarga besar dari kami,” ujar Pdt Gomar.

Sinyo Harry Sarundajang lahir di Kawangkoan tanggal 16 Januari 1945. Dia bertugas dubes RI untuk Filipina merangkap Kepulauan Marshall dan Palau sejak 20 Februari 2018.

Sinyo Harry Sarundajang juga pernah menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Utara selama dua periode, pada 2005-2015. Di tengah masa jabatannya sebagai Gubernur Sulawesi Utara, dia menjadi Ketua Umum Panitia Daerah penyelenggaraan World Ocean Conference (WOC), Coral Triangle Initiative Summit (CTI), serta Sail Bunaken pada 2009.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Sinyo Harry menjadi Dubes Indonesia untuk Filipina pada Februari 2018.

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home