Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 16:20 WIB | Senin, 18 April 2016

Riset 50 Tahun: Jumlah Kristen Amerika Serikat Menurun

Cover majalah TIME pada 8 April 1966

AMERIKA, SATUHARAPAN.COM – Survei-survei memperlihat bahwa di Amerika Serikat menyimpulkan kekristenan menurun, agama-agama lain dan kelompok-kelompok spiritual meningkat dibandingkan dengan 50 tahun lalu. Jumlah orang percaya Tuhan pun menurun lebih dari 10 persen.

Hampir satu abad setelah filsuf Jerman Friedrich Nietzsche pertama menyatakan "Tuhan sudah mati," Majalah TIME merilis cover kontroversial nya 8 April 1966 edisi dengan pertanyaan provokatif terkait: "Apakah Tuhan mati?"

Nietzsche dan TIME mengeksplorasi keunggulan Tuhan dalam kehidupan masyarakat, dan apakah religiusitas pada masyarakat merosot. Lima puluh tahun kemudian, para ahli agama masih bergulat dengan pertanyaan itu, meskipun konteksnya telah berubah drastis.

Dilihat dari sudut mana pun, praktik dan afiliasi keagamaan telah sangat menurun di Amerika Serikat dalam 50 tahun terakhir ini. Namun kelompok-kelompok spiritualitas yang berjiwa bebas, tampak lebih kuat dari sebelumnya.

Berikut ini gambaran beberapa praktik keagamaan yang telah berubah di AS 50 tahun terakhir. Dan, tren ini dapat terus berkembang:

Kepercayaan pada Tuhan telah Goyah

Pada tahun 1966, menurut survei Gallup 98 persen orang Amerika mengatakan mereka percaya pada Tuhan. Ketika Gallup dan Pew Research mensurvei orang-orang Amerika pada tahun 2014, jumlah itu turun menjadi 86 persen dan 89 persen masing-masing. Di antara orang dewasa yang disurvei oleh Pew, mereka yang lahir antara tahun 1990 dan 1996, yang percaya itu hanya 80 persen.

Beberapa peneliti berpendapat bahwa jumlah tersebut telah menurun karena orang Amerika lebih nyaman sekarang daripada mereka di tahun 60-an untuk mengakui bahwa mereka tidak percaya pada Tuhan.

Jumlah Orang Kristen telah Menurun

Pada tahun 1948, Gallup menemukan bahwa sekitar 91 persen orang Amerika diidentifikasi sebagai Kristen. Angka itu menukik tajam dalam dekade berikutnya dan terus menurun dalam beberapa tahun terakhir. Dari 2007-2014 saja, persentase orang Amerika yang diketahui sebagai Kristen turun dari 78,4 persen menjadi 70,6 persen.

Kelompok “Agama” Baru telah Muncul

Hampir satu dari tiga orang Amerika di bawah 35 saat ini menganut agama yang tidak terafiliasi, yang berarti mereka tidak dikenali oleh penganut agama formal. Secara keseluruhan, ini "agama yang tidak terafiliasi" meliputi kelompok agama terbesar kedua di AS di belakang Protestan evangelikal.

Spiritualisme telah Mengambil Bagian Tengah Panggung

Istilah "spiritual tetapi tidak religius" telah muncul dalam beberapa tahun terakhir untuk menggambarkan bagaimana orang Amerika semakin dikenali. Ya, afiliasi agama telah menurun. Tapi perasaan damai dan kesejahteraan spiritual? Bertanya-tanya tentang alam semesta? Keduanya telah meningkat secara signifikan dalam satu dekade terakhir di seluruh kelompok agama dan non-agama. Bahkan di antara yang tidak terafiliasi dan orang-orang yang mengatakan agama tidak terlalu penting bagi mereka, sentimen spiritual yang kuat dan berkembang. Dan lebih dari setengah dari ateis mengatakan mereka secara teratur merasa rasa kagum dan heran. Antara 2007 dan 2014, persentase ateis yang mengatakan mereka merasakan mendalam bertanya-tanya tentang alam semesta secara mingguan naik penuh 17 poin dari 37 persen menjadi 54 persen.

Pentingnya Agama dalam Kehidupan Orang Amerika telah Bergeser

Pada tahun 2007, 56 persen orang Amerika mengatakan agama sangat penting dalam kehidupan mereka. Langkah-langkah dari pertanyaan ini sejak tahun 1950-an dan 1960-an menunjukkan bahwa pada saat itu, lebih dari 70 persen orang Amerika mengatakan agama sangat penting dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Kehadiran di Gereja telah Menurun

Dalam 1937 Gallup Poll, 73 persen orang Amerika mengatakan mereka anggota gereja. persentase itu turun menjadi sekitar 70 persen pada tahun 60-an dan 70-an. Dengan tahun 2000-an, jumlah yang melayang-layang di sekitar 60 persen.

Banyak Perempuan yang Menjadi Pendeta.

Dalam banyak jemaat Kristen dan Yahudi, jumlah pendeta perempuan (clergywomen) telah sangat meningkat. Menurut data dari Asosiasi Sekolah Teologi, wanita sekarang mencakup sekitar sepertiga dari semua siswa seminari. Tiga puluh tahun yang lalu, wanita terdiri kurang dari seperlima dari siswa seminari. Hal ini disebabkan sebagian besar pada fakta bahwa tidak sampai setelah Perang Dunia II yang banyak denominasi yang lebih besar dan lebih menonjol mulai mengizinkan pentahbisan perempuan. Gereja Persatuan Metodis (The United Methodist Church) dan apa yang kemudian akan menjadi Presbyterian Church USA menahbiskan menteri perempuan pertama mereka pada tahun 1965. The Evangelical Lutheran Church di Amerika, Reformasi Yudaisme, dan Gereja Episkopal mengikuti mereka di awal 1970-an.

Hak Agama yang Terorganisir

Berlawanan dengan kepercayaan populer, segregasi - dan bukan aborsi - yang memobilisasi hak agama di tahun 1960-an dan 70-an. Dalam serangkaian kasus pengadilan, Paul Weyrich, seorang aktivis politik agama konservatif, bekerja untuk mengatur evangelikal di seluruh segregasi sebagai isu "kebebasan beragama." Yang berkuasa pada 1971 di Green v. Connally ditegakkan bahwa sekolah swasta yang mediskriminasi secara rasial tidak bisa menerima pembebasan pajak "untuk amal, lembaga pendidikan, dan orang-orang membuat hadiah kepada sekolah-sekolah tersebut." Weyrich dan teman-temannya mencoba untuk melawan ini dengan mengatakan bahwa karena sekolah swasta tidak menerima dana federal, pemerintah tidak bisa memberitahu mereka bagaimana untuk mengoperasikan (yaitu. mereka bisa terus diskriminasi terhadap pelamar Afrika Amerika.) Terdengar akrab?

Sebelum tahun 1970-an, hubungan antara Kristen evangelis dan partai Republik itu diabaikan. Pada 2016, sulit untuk membayangkan partai Republik tanpa blok suara evangelis nya.

Kami Memasuki Era Keterlibatan Antaragama.

Pada tahun 1965, Gereja Katolik mengambil langkah besar untuk hubungan antar agama dengan menerbitkan sebuah dokumen yang mengakui asal-usul ilahi semua manusia. Dalam dekade setelah keterlibatan antaragama meledak di Amerika Serikat, dengan berdirinya organisasi yang tak terhitung jumlahnya dan konferensi yang didedikasikan untuk dialog multi-iman. Dewan untuk Parlemen Agama-agama Dunia dibentuk pada tahun 1988 dalam semangat konvensi antar agama pertama yang terjadi satu abad sebelumnya, dan kelompok-kelompok seperti Interfaith Power & Light dan Interfaith Youth Core muncul untuk mengantar milenium baru kerja antar agama.

Agama non-Kristen Telah Tumbuh

Islam, Hindu dan sejumlah agama non-Kristen lainnya telah meningkat di AS dalam beberapa tahun terakhir. perubahan dalam menghadapi agama Amerika ini mungkin sebagian hasil dari Imigrasi dan Naturalisasi Act of 1965, yang menyebabkan masuknya imigran dari India dan negara-negara lain dengan populasi Hindu dan Muslim yang besar. Pew Research memprediksi bahwa pada tahun 2050, umat Islam akan melampaui Yahudi sebagai kelompok agama terbesar kedua terorganisir setelah Kristen. Hindu juga diproyeksikan naik sejak 0,7 persen dari populasi AS menjadi 1,2 persen pada tahun 2050. Para anggota "agama-agama lain" (kategori yang mencakup Sikhisme, Wicca dan Unitarian Universalis) juga diperkirakan akan terus tumbuh.

Islamphobia telah Meningkat Secara Drastis

Sentimen anti-Muslim bukanlah fenomena baru di Amerika Serikat. Selama paruh pertama pengadilan Amerika abad ke-20 sering menolak kewarganegaraan Muslim dan mereka yang dianggap menjadi Muslim, menurut pakar hukum Khaled A Beydoun.

Tapi banyak yang merasa bahwa Islamofobia telah meningkat dalam beberapa dekade terakhir, terutama setelah terjadinya serangan 11 September. Dalam beberapa tahun terakhir agresi anti-Muslim telah mengambil gilirannya meresahkan, dengan insiden baru yang dilaporkan mingguan.

Lembaga Advokasi  untuk Kelompok Agama

Council on American-Islamic Relations, atau CAIR, didirikan pada tahun 1994 sebagai "organisasi yang menantang stereotip tentang Islam dan Muslim." The Sikh Coalition dibentuk setelah terjadinya serangan teroris 11 September 2001 dan berikutnya kekerasan terhadap negara-negara berpopulasi Sikh. The Hindu American Foundation, sebuah organisasi advokasi bagi masyarakat Hindu Amerika, didirikan pada tahun 2003. Lady Liberty League, sebuah organisasi yang memperjuangkan kebebasan beragama bagi Wicca, kaum pagan, dan praktisi alam agama lainnya, dibentuk pada tahun 1985. Dan daftar masih terus berlanjut

Pasar Spiritualitas Meledak

Dari guru spiritual, buku self-help, retret kesehatan, pasar untuk spiritualitas di AS mungkin belum pernah begitu kuat. Self-help industri, yang sering termasuk mode alternatif spiritualitas bersama dengan buku-buku motivasi dan pembinaan kehidupan, membawa $ 13 milyar USD setahun dalam bentuk buku, retret, kelas dan banyak lagi. Dalam 50 tahun terakhir, guru spiritual modern seperti Deepak Chopra, Dr. Andrew Weil, Ram Dass, Eckhart Tolle, Oprah Winfrey, Byron Katie, Marianne Williamson dan banyak orang lain muncul dengan resep baru untuk kesejahteraan. Yoga menjadi industri $ 27 milyar USD dengan lebih dari 20 juta praktisi di Meditasi AS dan kesadaran yang cepat untuk mengikuti, mendapatkan penggemar di antara perusahaan-perusahaan besar seperti Google, General Mills, Aetna dan Goldman Sachs.

“Ateis Baru” Menjadi Agama bagi Diri Mereka Sendiri

Non-beriman selalu menjadi bagian dari demografi Amerika, tapi ateis dan humanis tidak pernah mungkin terorganisir, menonjol dan vokal seperti sekarang. Meskipun banyak organisasi terbesar, seperti American Atheists, Asosiasi Humanis Amerika, dan Bebas dari Religion Foundation, didirikan dekade yang lalu, Ateis Baru muncul di tahun 2000-an dengan, semangat anti-agama yang benar. Dipelopori oleh ateis Inggris yang terkenal Richard Dawkins dan Christopher Hitchens, serta ateis Amerika Sam Harris, yang Ateis Baru telah memperoleh banyak pengikut bersemangat untuk membaca buku-buku mereka, menonton perdebatan mereka dan menghadiri konvensi mereka.

Gereja Besar telah Mendapatkan Popularitas

Pada tahun 1960 hanya ada segelintir gereja yang mungkin digambarkan sebagai "gereja-gereja besar," mereka dengan menteri senior karismatik, sebuah pelayanan penjangkauan sosial yang aktif dan setidaknya 2.000 orang menghadiri setiap akhir pekan. Pada 2012, ada sekitar 1.600 gereja-gereja besar di AS

Orang Amerika Banyak yang Pindah Agama

Pew Research menemukan pada 2014 bahwa antara 34-42 persen orang dewasa Amerika saat ini memiliki identitas agama yang berbeda dari yang di mana mereka dibesarkan. (Nomor tergantung pada apakah Protestan diperlakukan sebagai kelompok agama tunggal atau tiga tradisi yang berbeda -. Evangelis Protestan, aliran utama Protestan, dan Protestan historis hitam) Delapan belas persen orang Amerika yang dibesarkan dalam agama suatu sekarang tidak terafiliasi, dibandingkan dengan hanya 4 persen yang telah pindah ke arah lain.

Spiritualitas Ditemukan secara Online

Dengan munculnya komputer, aplikasi mobile dan internet, iman telah semakin berteknologi tinggi. Untuk mengakses ajaran spiritual kita tak perlu mencari jauh-jauh karena di hand phone sudah tersedia. Pew Research menemukan dalam survei 2014 yang sekitar 20 persen orang Amerika berbagi iman mereka secara online dalam satu minggu. Enam puluh satu persen dari milenium melaporkan melihat orang lain membagikan iman mereka secara online. Dari Instagram account untuk podcast ke saluran YouTube, ada lebih banyak cara dari sebelumnya untuk menemukan dan berbagi spiritualitas.

Gerakan Dewi Neo Pagan Muncul

Meskipun terkenal pada abad ke-20 okultis Aleister Crowley dan Gerald Gardner sudah meninggal pada tahun 1966, gerakan penyembahan dewa-dewi AS masih belum sepenuhnya mekar. Dalam dekade berikutnya, penulis pagan Amerika Starhawk dan Margot Adler kedua menerbitkan karya pada agama alam;  Selena Fox memulai Lingkaran Sanctuary; Kovenan Dewi didirikan; banyak tradisi yang berbeda didirikan; dan seminari pagan pertama kali membuka pintunya.

Di jantung evolusi iman Amerika adalah apa yang wartawan agama, Krista Tippett sebut sebagai "Perkembangan cara untuk terlibat praktik spiritual." Ya, Anda masih akan menemukan Alkitab di kamar hotel, tetapi Anda juga akan melihat kamar yoga dan meditasi di beberapa bandara dan ruang doa Muslim (musala) di banyak kampus-kampus. Apa artinya menjadi spiritual - dan bagaimana yang terlihat dalam praktek - cepat berubah dan diversifikasi. Namun, bukannya mengurangi iman orang Amerika, transformasi ini juga mengkristal nilai-nilai inti tertentu, seperti layanan, masyarakat dan koneksi ke sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri. (huffingtonpost.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home