Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:11 WIB | Kamis, 27 Oktober 2022

Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris Yang Kaya Raya

Apakah dia dapat merasakan yang dialami warga biasa ketika mengambil keputusan mengatasi krisis ekonomi Inggris?
Foto dari Parlemen Inggris, Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak berbicara selama sidang Pertanyaan Perdana Menteri di House of Commons di London, Rabu, 26 Oktober 2022. (Foto: Jessica Taylor/Parlemen Inggris via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Ketika dia membuat keputusan sulit untuk membendung krisis ekonomi Inggris, Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan dia akan “selalu melindungi yang paling rentan.”

Tetapi perdana menteri kulit berwarna pertama Inggris itu juga merupakan pemimpin terkaya yang pernah ada. Dia seorang mantan bankir yang pernah mengenakan sepatu Prada untuk mengunjungi lokasi konstruksi dan yang kekayaan keluarganya diperkirakan mencapai 730 juta pound (US$ 826 juta atau setara Rp 12,8 triliun).

Para kritikus mempertanyakan apakah Sunak dapat memahami keputusasaan yang dirasakan banyak orang di Inggris ketika ekonomi terhuyung-huyung di bawah beban gabungan antara COVID-19, Brexit, perang Ukraina, dan kebijakan bumerang dari Perdana Menteri sebelumnya, Liz Truss, yang telah mundur.

Sunak, yang mulai menjabat hari Selasa (25/10), sedang mempertimbangkan apakah akan memangkas pensiun negara dan tunjangan kesejahteraan untuk membantu memotong miliaran dari tagihan Departemen Keuangan.

Sementara itu, inflasi telah mencapai level tertinggi dalam 40 tahun sebesar 10,1%, dan harga barang-barang kebutuhan sehari-hari bahkan naik lebih tinggi lagi, pasta naik sebesar 60%, teh sebesar 46%, roti sebesar 38% pada tahun lalu, menurut angka pemerintah.

Sekantong kentang goreng beku naik dari 99 pence (US$ 1,15) menjadi 1,37 pound (US$ 1,61); sebotol susu dua liter naik dari 1,17 pound (US$ 1,35) menjadi 1,52 (US$ 1,76) pada tahun lalu hingga September.

“Saya tidak berpikir Anda bisa mengerti apa yang orang normal alami jika kekayaan Anda mencapai 730 juta pound, itu gila,” kata Megan Hooper, seorang pekerja kesehatan mental di London. “Anda tidak dapat memahami apa yang dialami oleh orang-orang yang hidup dengan 20 ribu dolar setahun.”

Hooper mengatakan itu membuatnya "muak" karena Sunak tidak berjanji untuk menjaga pensiun dan tunjangan tumbuh sejalan dengan inflasi ketika pemerintah menetapkan rencana pajak dan pengeluarannya pada 17 November.

"Saya benar-benar berpikir bahwa tidak ada harapan bahwa dia akan melakukan apa saja untuk membantu orang yang lebih miskin," katanya.

Sebagai perdana menteri, Sunak menghasilkan 164.000 pound (US$ 190.000 setara Rp 2,9 miliar) setahun, lima kali lipat dari gaji penuh waktu rata-rata di Inggris, tetapi itu hanya sebagian kecil dari kekayaannya.

Sebelum dia terpilih menjadi anggota Parlemen pada tahun 2015, Sunak bekerja untuk bank investasi Goldman Sachs dan sebagai manajer dana lindung nilai, mengumpulkan kekayaan pribadi yang tidak diungkapkan.

Perdana menteri Inggris tidak diharuskan untuk mempublikasikan pengembalian pajak mereka, dan investasi Sunak tidak terlihat dalam kepercayaan buta saat dia berada di pemerintahan.

Sebagian besar kekayaannya berasal dari istrinya, Akshata Murty, yang ayahnya miliarder mendirikan perusahaan IT India Infosys. The Sunday Times memperkirakan bahwa 0,93% sahamnya di perusahaan itu bernilai 690 juta pound (US$ 800 juta setara Rp 12, 4 triliun). Menurut sebagian besar perkiraan, pasangan ini lebih kaya dari Raja Charles III.

Pekerjaan baru Sunak datang dengan sebuah apartemen resmi di London's Downing Street, tetapi keluarga tersebut sudah memiliki beberapa properti, termasuk rumah keluarga di London, sebuah rumah bangsawan berusia 200 tahun di distrik Inggris utara yang ia wakili di Parlemen dan sebuah apartemen penthouse di Santa Monica, California.

Sunak tidak memamerkan kekayaannya, tetapi pakaian dan aksesorisnya yang mahal telah mengangkat alis sebelumnya. Sepatu pantofel Prada suede yang dia kenakan pada bulan Juli dijual seharga sekitar US$ 600, dan dia pernah difoto di tempat kerja dengan cangkir kopi "pintar" seharga US$ 200 di mejanya.

Marc Stears, kepala UCL Policy Lab di University College London, mengatakan kedewasaan istimewa Sunak telah membawanya ke dalam kesalahan, seperti mengisi mobil pinjaman untuk kesempatan berfoto di pompa bensin dan kemudian tampak tidak tahu bagaimana cara membayar.

“Dia hanya tidak memiliki pengalaman yang kebanyakan orang lakukan, dan sebagai hasilnya, ketika dia mencoba berpura-pura melakukannya, itu menjadi bumerang, dan itu terlihat sangat canggung,” kata Stears.

Sunak telah menekankan bahwa dia tidak dilahirkan kaya. Ayah dan ibunya adalah seorang dokter keluarga dan apoteker keturunan India yang datang ke Inggris pada tahun 1960-an dari Afrika Timur. Sebagai seorang pemuda, ia mengantarkan obat-obatan dari apotek ibunya dan bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran India.

Dia mengatakan orang tuanya menabung untuk mengirimnya ke Winchester College, salah satu sekolah asrama paling mahal dan eksklusif di Inggris, di mana dia berbaur dengan elite. Sunak melanjutkan untuk mendapatkan gelar sarjana di Universitas Oxford, kemudian MBA di Universitas Stanford, di mana ia bertemu calon istrinya.

“Sebagai seorang Konservatif, saya percaya pada kerja keras dan aspirasi dan itulah cerita saya,” katanya kepada BBC awal tahun ini. “Saya tidak menilai orang dari rekening bank mereka, saya menilai mereka dari karakter mereka. Dan saya pikir orang bisa menilai saya dari tindakan saya selama beberapa tahun terakhir.”

Sunak mendapatkan popularitas publik selama pandemi, ketika sebagai kepala keuangan ia menghabiskan miliaran untuk membantu pekerja yang diberhentikan dan bisnis yang tutup tetap bertahan. Tapi citranya ternoda ketika terungkap pada bulan April bahwa istrinya tidak membayar pajak Inggris atas penghasilannya di luar negeri, termasuk 11,5 juta pound setahun dalam bentuk dividen dari Infosys.

Praktik “tidak berdomisili” untuk tujuan perpajakan adalah sah, tetapi tampaknya tidak sensitif paling baik pada saat Sunak menaikkan pajak untuk jutaan orang Inggris. Sunak juga dikritik karena memegang kartu hijau Amerika-nya, yang menandakan niat untuk menetap di AS, selama dua tahun setelah ia menjadi menteri keuangan Inggris.

Pemimpin Partai Buruh Oposisi, Keir Starmer, menyebutkan status pajak Murty selama sidang Pertanyaan Perdana Menteri pertama Sunak di Parlemen pada hari Rabu. Dia juga membawa rekaman Sunak membual kepada aktivis Konservatif setempat tentang bagaimana dia menyalurkan dana dari “daerah perkotaan yang kekurangan” ke distrik kaya seperti mereka.

Tetapi Stears, mantan penulis pidato Partai Buruh, memperingatkan oposisi agar tidak menyerang Sunak karena kekayaannya, karena sebagian besar pemilih “berpikir bahwa semua politisi itu kaya.”

“Dalam pikiran kebanyakan orang, politisi berada di ujung atas masyarakat, orang yang sedikit aneh dan terputus dengan cara tertentu,” katanya.

Dia mengatakan Sunak seharusnya tidak mencoba menyembunyikan kekayaannya di balik topeng orang biasa. “Masyarakat memiliki antena yang sangat kuat untuk keaslian,” katanya.

Beberapa pemilih mengatakan mereka santai tentang kekayaan Sunak dan siap untuk menilai dia dengan tindakannya. “Dia bekerja untuk itu,” kata pensiunan Terry Welsh. “Ini tidak seperti dia mewarisi uangnya sendiri. Dia bekerja keras, dia bekerja untuk berbagai perusahaan investasi dan segala macam hal. Jadi uangnya adalah miliknya sendiri.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home