Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 07:29 WIB | Selasa, 21 April 2015

Robot Humanoid Mulai Dioperasikan di Tokyo

Robot humanoid bernama Aiko Chihira, karyawan baru di toko serbaada Mitsukoshi di Tokyo. (Foto: efefuturo.com)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Sebuah robot humanoid berteknologi tinggi memberikan pelayanan informasi dan panduan kepada para pengunjung.

Robot yang dikembangkan oleh perusahaan elektronik besar Toshiba tersebut tampil untuk pertama kalinya pada Senin (20/4) di toko serbaada Mitsukoshi di pusat Kota Tokyo, bersama penyanyi opera Jepang Shoko Iwashita.

Dengan nama Aiko Chihira, robot tersenyum berbalut busana kimono tersebut, dapat menggerakkan 43 bagian atas tubuhnya sambil berbicara. Robot tersebut berbicara bahasa Jepang, namun dapat diprogram untuk berbicara dalam bahasa lain, seperti Tiongkok.

Permukaan robot tersebut dilapisi silikon yang menyerupai kulit manusia. Dari sebuah meja informasi di lantai dasar tempat robot tersebut ditempatkan, ia menjelaskan acara-acara yang tengah berlangsung kepada para pengunjung.

Para pejabat Toshiba yang mulai mengembangkan robot itu tahun lalu, berharap robot-robot seperti manusia tersebut bisa bermanfaat di sektor perbankan dan pusat-pusat informasi wisata.

Untuk saat ini, Aiko Chihira tidak diprogram untuk merespons komplain pelanggan, atau menjawab pertanyaan. Chihira hanya memberikan layanan informasi di sektor ritel.(nhk.or.jp/reuters)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home