Loading...
RELIGI
Penulis: Ignatius Dwiana 21:49 WIB | Rabu, 15 Januari 2014

Romo Andre Delimarta SDB: Anak Penderita Kanker Butuh Perhatian Khusus

Perayaan ekaristi dipimpin Romo Andre Delimarta SDB. (Foto: Ignatius Dwiana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Anak penderita kanker butuh perhatian khusus. “Mereka bersekolah tidak bercampur dengan anak-anak yang lain.”

Anak penderita kanker membutuhkan perhatian, selain juga pengobatan. Romo Andre Delimarta SDB menyampaikan itu ketika diwawancara satuharapan.com usai perayaan ekaristi untuk anak penderita kanker yang diselenggarakan Keluarga Besar dan Alumni Sekolah Santo Yoseph Jakarta di Gereja Paroki Katedral Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga Jakarta pada Selasa (14/1).

Kebanyakan orang berpikir kanker itu penyakit orang dewasa. Padahal banyak juga anak kecil yang menderita kanker dan hal itu tidak banyak diketahui.

Latar belakang itu mendorong Keluarga Besar dan Alumni Sekolah Santo Yoseph Jakarta melakukan aksi peduli kepada anak penderita kanker. 

“Tujuan dari alumni membuat ini juga salah satunya adalah memberitahukan kepada khalayak bahwa ada anak-anak yang menderita kanker. Kami tergerak untuk membantu.” kata pastor yang juga alumni Sekolah Santo Yoseph Jakarta ini.

Kepedulian kepada anak penderita kanker mengingat anak-anak ”masih punya harapan, keinginan, tumbuh berkembang. Tetapi kalau sakit ‘kan kasihan sekali.”

Romo Andre Delimarta SDB menyampaikan supaya umat peduli kepada anak penderita kanker. Dia juga menyampaikan rasa syukur ada umat yang tergerak hatinya untuk menolong anak penderita kanker.

Untuk para orang tua yang mempunyai anak penderita kanker, Romo menyampaikan supaya  selalu percaya kepada Tuhan. “Tuhan pasti punya rencana untuk anak ini juga. Bagaimana kita mencoba berpasrah, dan percaya bahwa Tuhan selalu mau yang terbaik bagi kita.”

Penanaman Sikap Peduli kepada Anak Penderita Kanker

Peranan guru sangat penting untuk menanamkan kepedulian terhadap anak penderita kanker. “Guru bukan hanya di kelas, tetapi juga menanamkan kepedulian pada siswa-siswa, terbentuk nurani yang peduli pada sesame. Peranan guru sangat penting sekali untuk menumbuhkan itu. Jadi bukan hanya mengajar.”

Romo Andre Delimarta SDB juga menyampaikan, “Ada orang-orang kudus untuk anak. Seperti Santa Imeda, Dominikus Savio. Mereka bisa dijadikan pelindung untuk anak-anak.”

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home