Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 08:21 WIB | Kamis, 04 November 2021

Rumania Perdebatkan Praktik Baptis Selam, Setelah Kematian Bayi

Kasus bayi meninggal setelah pembaptisan di Gereja Ortodoks Rumania memicu perdebatan, termasuk hubungan negara dan gereja.
Rumania Perdebatkan Praktik Baptis Selam, Setelah Kematian Bayi
Gereja Ortodoks di Rumania melakukan pembaptisan dengan membenamkan sepenuhnya tubuh mereka yang akan dibaptis seperti yang terlihat di sebuah gereja di Vologda, Rusia. (Foto: TASS)
Rumania Perdebatkan Praktik Baptis Selam, Setelah Kematian Bayi
Patriarch Daniel dari Gereja Ortodoks Rumania, dan kepemimpinannya sering membuat kontroversi. (Foto: DW)

BUKARES, SATUHARAPAN.COM-Seorang bayi menderita serangan jantung setelah upacara pembaptisan dan diameninggal. Tragedi itu telah memicu perdebatan di Rumania itu tentang praktik kuno dan peran kontroversial Gereja Ortodoks dalam masyarakat.

Bayi usia enam pekan itu tiga kali dibenamkan oleh imam sepenuhnya ke dalam air di kolam pembaptisan. Awalnya bayi itu menangis, lalu diam, lalu bibirnya membiru. Orang tua yang khawatir memanggil paramedis, dan bayi itu dilarikan ke unit perawatan intensif sebuah rumah sakit, di mana dia meninggal pada hari berikutnya.

Hasil dari otopsi, 100 mililiter air ditemukan di paru-paru bayiitu, kata seorang dokter.

Pembaptisan yang menyebabkan kematian anak itu terjadi di kota Suceava, Rumania utara pada hari Minggu di akhir Januari. Kasus ini menarik perhatian media utama: wartawan telah mewawancarai orangtua yang putus asa, dan polisi sedang menyelidiki imam yang melakukan upacara pembaptisan itu.

Tetapi publik Rumania melihat pembaptisan di Suceava lebih dari sekadar kejadian yang mengejutkan dan terisolasi. Kematian bayi itu telah memicu perdebatan sengit di negara itu tentang bagaimana upacara pembaptisan dilakukan. Sementara itu, lebih dari 60.000 orang telah menandatangani petisi yang menyerukan penghapusan merendam bayi di kolam dalam pembaptisan.

Kematian bayi itu juga memicu perdebatan umum tentang peran sosial Gereja Ortodoks Rumania (BOR) yang sering kontroversial. "Tragedi bayi dari Suceava bukan hanya tentang seorang imam dan ritual gereja, tetapi tentang masyarakat secara umum," tulis Ioana Ene Dogioiu, seorang humas terkenal di Bukares.

Hampir semua etnis Rumania di Rumania adalah Kristen Ortodoks. Sebagian besar tidak terlalu taat, tetapi terutama di daerah pedesaan, mereka sering memiliki pola pikir yang cukup tradisionalis. Lebih sering daripada tidak, apa yang dikatakan imam itu penting.

Iman mereka memiliki latar belakang yang kompleks, termasuk fakta bahwa secara historis, tidak pernah ada pemisahan gereja dan negara seperti yang dialami di negara-negara Eropa Barat. Konstitusi Rumania tahun 1923 masih memiliki Gereja Ortodoks sebagai semacam gereja negara dengan keunggulan di atas semua gereja lain. Peringkat lembaga-lembaga yang paling mendapat kepercayaan selama beberapa dekade telah mendaftarkan gereja di salah satu tempat teratas.

Sikap Gereja Ortodoks Rumania

Gereja Ortodoks Rumania masih mengklaim suara yang kuat atau bahkan semacam otoritas arahan di banyak sektor, termasuk dalam kebijakan keluarga dan pendidikan. Ini sering mewakili posisi anti liberal, fundamentalis Kristen, dan anti-modernis, posisi yang sering terpolarisasi, seperti dalam kasus bayi yang meninggal.

Teodosie Petrescu, uskup agung Keuskupan Agung Tomis di Rumania tenggara dan salah satu pemimpin gereja paling konservatif di Rumania, telah menjadi orang yang paling vokal dalam mempromosikan Gereja Ortodoks. Dia telah menarik perhatian publik dengan beberapa skandal, dikatakan pernah menjadi informan polisi rahasia, Securitate, dan telah berulang kali diadili dalam beberapa tahun terakhir karena korupsi, kesaksian palsu dan penipuan. Dia dibebaskan setiap kali.

Teodosie menolak serun untuk mengizinkan pembaptisan bayi dengan percikan air daripada dibenamkan tiga kali. Perendaman telah dipraktikkan selama dua milenium dan akan berlanjut selama 1.000 tahun ke depan, kata uskup agung itu kepada penyiar TV nasionalis sayap kanan, Antena3.

Dia berkata bahwa dia membaptis bayi dengan air dingin karena "mempertajam" mereka secara rohani dan juga mencegah mereka terkena flu saat mereka tumbuh dewasa.

Secara tidak langsung, Teodosie menyalahkan orang tua atas kematian bayi tersebut, dengan mengatakan bahwa bayi tersebut tidak dapat menelan air sama sekali selama perendaman singkat, mungkin orang tua telah "memberi makan berlebihan" pada anak yang kemudian mati lemas karena air susu ibunya.

Pandangan aneh Teodosie telah menjadi berita utama selama bertahun-tahun. Dia dianggap sebagai pemimpin gereja garis keras dan fundamentalis Ortodoks. Posisi resmi sedikit lebih lunak dalam kasus bayi yang meninggal: Dalam keadaan tertentu, diperbolehkan untuk tidak membenamkan bayi, menurut juru bicara BOR, Vasile Banescu, yang menambahkan upacara dapat ditunda karena alasan kesehatan.

Di bawah Patriark Daniel, Gereja Ortodoks berusaha menghindari kontroversi, tapi tidak selalu berdampak baik. Kepemimpinan gereja di bawah Patriark Daniel sering kali tidak menonjolkan isu-isu sensitif atau memilih kata-kata yang tidak terlalu kontroversial, tetapi tetap saja mewakili arah fundamentalis Kristen dan anti modernis.

Pada tahun 2018, gereja menyelenggarakan "refererenduk homophobia untk keluarga homophobia.” Itu tidak sah karena kurang dari 30% dari populasi berpartisipasi, tetapi tiga setengah juta orang memilih mendukung inisiatif. Kepemimpinan gereja selama beberapa dekade menoleransi bagian dari imam yang memuliakan Gerakan legiun fasis Kristen Ortodoks periode antar perang, yang bertanggung jawab atas kejahatan anti Semit.

Debat kritis terhadap Gereja Ortodoks yang berkembang adalah akibat dari posisi polarisasinya. Komentator dan intelektual telah menargetkan hubungan antara negara dan gereja serta skandal korupsi yang melibatkan para imam.

Dalam kasus bayi yang meninggal setelah pembaptisan, media terkenal mengatakan sudah saatnya Gereja Ortodoks merangkul abad ke-21. Salah satu yang paling blak-blakan adalah Mihai Sora, seorang filsuf dan penulis esai berusia 104 tahun, yang menulis di Facebook bahwa "bayi yang baru lahir adalah makhluk yang rapuh, seikat kehidupan dan cahaya, bukan segumpal daging yang dapat Anda putar dan putar sampai Anda merasa telah melakukan 'pekerjaan' Anda."(DW)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home