Loading...
SAINS
Penulis: Ignatius Dwiana 13:57 WIB | Jumat, 28 September 2018

Rusia Buat Kapal Selam Tanpa Isi Ulang Bahan Bakar

Kapal selam Rusia (Foto: rbth)

RUSIA, SATUHARAPAN.COM -  Rusia memiliki kapal selam yang dapat menjelajahi seluruh dunia tanpa perlu mengisi ulang bahan bakar. Yasen dan Borey merupakan dua kapal selam Rusia nuklir baru generasi keempat ini.

Kapal selam ini dikembangkan Rosatom, perusahaan negara Rusia yang memproduksi mesin nuklir dan instalasi operasi militer dan nonmiliter dalam negeri. Pada awal 2017, mereka menyelesaikan tes inti reaktor nuklir.  Informasi tentang tes ini dipublikasikan pada 7 Agustus 2018 dalam laporan tahunan perusahaan.

Inti reaktor nuklir, di mana reaksi berantai terkendali berlangsung, adalah pusat reaktor yang mengandung bahan bakar nuklir.

Penemuan ini bermanfaat ekonomis. Karena dapat menjelajahi banyak lokasi tanpa perlu mengisi ulang bahan bakar.

Tetapi sebelumnya, semua kapal selam nuklir ini perlu dicas setiap lima hingga 10 tahun sekali. Dengan membongkar kapal selam, mencopot mesin nuklir, menempatkan mesin dalam wadah timah tertutup, membuang bahan bakar nuklir bekas, dan memasukkan reaktor nuklir baru.

Proses rumit ini dilakukan salah satu unit tempur utama Rusia dan membutuhkan biaya jutaan rubel. Desain baru ini akan memungkinkan Rusia untuk mempertahankan senjata yang paling canggih dengan biaya rendah.

Reaktor ini akan digunakan juga ke misil jelajah. Pada awal Maret, Presiden Rusia Vladimir Putin menunjukkan senjata baru negara ini ke dunia. Misil jelajah ini dapat mengelilingi dunia berkali-kali dan menyerang setiap kelompok musuh atau teroris meskipun mereka mencoba bersembunyi di Antartika sekali pun. (rbth.com)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home