Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 03:56 WIB | Minggu, 09 April 2023

Rusia Dakwa Wartawan WSJ Melakukan Spionase

Wartawan “Wall Street Journal”, Evan Gershkovich. ditampilkan dalam foto tak bertanggal ini. Dua pemimpin teratas Senat AS, dalam pernyataan bipartisan yang langka, menuntut pada hari Jumat agar Rusia segera membebaskan Evan Gershkovich, mengutuk penahanan reporter “Wall Street Journal” dan menyatakan bahwa “jurnalisme bukanlah kejahatan.” (Foto: dok. The Wall Street Journal via AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Reporter “Wall Street Journal” yang dipenjara di Rusia, Evan Gershkovich, didakwa melakukan spionase di Rusia dan telah memasuki penyangkalan resmi, dua kantor berita Rusia melaporkan hari Jumat (7/4).

Kantor berita negara TASS dan kantor berita Interfax mengatakan sumber penegak hukum memberi tahu mereka bahwa Dinas Keamanan Federal Rusia, yang dikenal sebagai FSB, telah secara resmi mendakwa jurnalis Amerika tersebut.

Outlet berita tidak mengatakan dalam bentuk apa Gershkovich secara resmi didakwa atau kapan itu dilakukan. Dalam sistem hukum Rusia, pengajuan dakwaan dan tanggapan dari terdakwa merupakan awal formal dari penyelidikan kriminal, memulai proses peradilan Rusia yang panjang dan rahasia.

TASS mengutip sumbernya yang mengatakan: “Investigasi FSB menuduh Gershkovich melakukan spionase untuk kepentingan negaranya. Dia dengan tegas membantah semua tuduhan dan menyatakan bahwa dia terlibat dalam kegiatan jurnalistik di Rusia.”

Sumber tersebut menolak berkomentar lebih lanjut karena kasus tersebut dianggap rahasia. Pihak berwenang Rusia menangkap Gershkovich, 31 tahun, di Yekaterinburg, kota terbesar keempat Rusia, pada 29 Maret. Dia adalah koresponden Amerika Serikat pertama sejak Perang Dingin yang ditahan karena tuduhan mata-mata.

FSB secara khusus menuduh Gershkovich mencoba mendapatkan informasi rahasia tentang pabrik senjata Rusia. “The Wall Street Journal” membantah tuduhan tersebut.

Kasus ini telah menyebabkan kegemparan internasional. Dalam pernyataan bipartisan AS yang langka, dua pemimpin tertinggi Senat pada hari Jumat menuntut agar Rusia segera membebaskan Gershkovich. Pemimpin Mayoritas Senat, Chuck Schumer, dan Pemimpin Minoritas Senat, Mitch McConnell, menyatakan bahwa "jurnalisme bukanlah kejahatan" dan memuji Gershkovich sebagai "jurnalis independen yang dikenal dan dihormati secara internasional."

Pada hari Kamis, duta besar AS untuk Rusia dan seorang diplomat tinggi Rusia bertemu untuk membahas kasus tersebut.

Dalam pertemuan dengan Duta Besar AS, Lynne T. Tracy, Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov, menekankan "seriusnya dakwaan" terhadap Gershkovich, menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia.

Pernyataan tersebut mengulangi klaim Rusia sebelumnya bahwa reporter tersebut “tertangkap basah saat mencoba mendapatkan informasi rahasia, menggunakan status jurnalistiknya sebagai kedok untuk tindakan ilegal.”

Pengacara yang mewakili Gershkovich bertemu dengannya pada hari Selasa untuk pertama kalinya sejak penahanannya, menurut Pemimpin Redaksi “Wall Street Journal”, Emma Tucker.

Tucker mengatakan reporter itu dalam keadaan sehat dan “berterima kasih atas curahan dukungan dari seluruh dunia. Kami terus menyerukan pembebasannya segera.”

Gershkovich diperintahkan ditahan di balik jeruji besi selama dua bulan di Rusia sambil menunggu penyelidikan. Pengadilan Moskow mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya telah menerima permohonan pembelaan atas penangkapannya; banding tersebut dijadwalkan akan disidangkan pada 18 April, lapor kantor berita Rusia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home