Loading...
SAINS
Penulis: Melki 20:13 WIB | Selasa, 28 Februari 2023

Rusia Denda Wikipedia Akibat Salah Informasi Militer

Logo Wikipedia (Istimewa)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Pengadilan Rusia pada Selasa (28/2) menjatuhkan denda sebesar 27.000 dolar AS (Rp412 juta) kepada Wikimedia Foundation gara-gara tidak menghapus "kesalahan informasi" mengenai militer Rusia dari platform Wikipedia.

Tidak lama setelah Rusia menginvasi Ukraina tahun lalu, Rusia memperkenalkan undang-undang baru yang melarang warga untuk melaporkan tentang konflik tersebut, menjatuhkan denda atau memblokir situs yang menyebarkan informasi yang tidak sesuai dengan narasi Kremlin.

Wikimedia, pemilik Wikipedia, juga pernah didenda gara-gara tidak menghapus dua artikel yang berkaitan dengan perang, termasuk satu artikel tentang "evaluasi Rusia 2022 soal invasi ke Ukraina".

Denda terakhir dijatuhkan setelah pengadilan Rusia menuduh Wikipedia menyebarkan informasi salah dalam artikel mengenai militer Rusia, demikian menurut Wikimedia Rusia.

Wikimedia Foundation menyatakan bahwa mereka akan mengajukan banding atas keputusan pengadilan tersebut, tapi belum membuat keputusan.

"Sejauh ini dalam sejarah pengadilan Rusia, Wikipedia baru sekali sukses dalam pengajuan banding," kata Kepala Wikimedia Foundation di Rusia Stanislav Kozlovskiy kepada Reuters.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home