Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 10:11 WIB | Rabu, 10 Agustus 2022

Rusia Gunakan Ratusan Situs Web Sebarkan Disinformasi Perang Ukraina

Seorang pria melihat tank Rusia yang hancur ditempatkan sebagai simbol perang di pusat kota Kiev, Ukraina, 23 Mei 2022. Sebuah laporan baru dari NewsGuard, sebuah perusahaan teknologi yang melacak disinformasi telah mengidentifikasi 250 situs web yang secara aktif bekerja untuk menyebarkan disinformasi Kremlin.(Foto: dok. AP/Natacha Pisarenko)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Setelah Rusia menginvasi Ukraina Februari lalu, Uni Eropa bergerak untuk memblokir media Rusia, RT (Russia Today) dan Sputnik, dua saluran utama Kremlin yang digunakan untuk menyebarkan propaganda dan informasi yang salah tentang perang.

Hampir enam bulan kemudian, jumlah situs yang mendorong konten yang sama telah meledak ketika Rusia menemukan cara untuk menghindari larangan tersebut. Mereka telah mengubah nama pekerjaan mereka untuk menyamarkannya.

Mereka telah mengalihkan beberapa tugas propaganda kepada para diplomat. Dan mereka telah memotong dan menempelkan banyak konten di situs web baru, situs web yang sampai sekarang tidak memiliki hubungan yang jelas dengan Rusia.

NewsGuard, sebuah perusahaan berbasis di New York yang mempelajari dan melacak kesalahan informasi online, kini telah mengidentifikasi 250 situs web yang secara aktif menyebarkan disinformasi Rusia tentang perang, dengan lusinan situs baru ditambahkan dalam beberapa bulan terakhir.

Klaim di situs-situs ini termasuk tuduhan bahwa tentara Ukraina telah melancarkan beberapa serangan mematikan Rusia untuk mendapatkan dukungan global, bahwa Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, berpura-pura tampil di depan umum, atau bahwa pengungsi Ukraina melakukan kejahatan di Jerman dan Polandia.

Beberapa situs berperan sebagai think tank independen atau outlet berita. Sekitar setengahnya berbahasa Inggris, sementara yang lain berbahasa Prancis, Jerman, atau Italia. Banyak yang didirikan jauh sebelum perang dan tidak jelas terikat dengan pemerintah Rusia sampai mereka tiba-tiba mulai menirukan poin pembicaraan Kremlin.

“Mereka mungkin membangun situs tidur,” kata co-CEO NewsGuard, Gordon Crovitz. Situs tidur adalah situs web yang dibuat untuk kampanye disinformasi yang sebagian besar tidak aktif, perlahan-lahan membangun audiens melalui pos yang tidak berbahaya atau tidak terkait, dan kemudian beralih ke propaganda atau disinformasi pada waktu yang ditentukan.

Sementara analisis NewsGuard menemukan bahwa banyak disinformasi tentang perang di Ukraina berasal dari Rusia, ia menemukan contoh klaim palsu dengan kecenderungan pro Ukraina. Itu termasuk klaim tentang petarung jagoan yang dikenal sebagai Ghost of Kiev yang kemudian diakui oleh para pejabat sebagai mitos.

YouTube, TikTok dan Meta, yang memiliki Facebook dan Instagram, semuanya berjanji untuk menghapus RT dan Sputnik dari platform mereka di Uni Eropa. Tetapi para peneliti telah menemukan bahwa dalam beberapa kasus yang harus dilakukan Rusia untuk menghindari larangan tersebut adalah dengan mempostingnya dari akun yang berbeda.

Pusat Situasi Disinformasi, koalisi peneliti disinformasi yang berbasis di Eropa, menemukan bahwa beberapa konten video RT muncul di media sosial dengan nama merek dan logo baru. Dalam kasus beberapa rekaman video, merek RT dihapus begitu saja dari video dan diposting ulang di saluran YouTube baru yang tidak tercakup oleh larangan UE.

Moderasi konten media sosial yang lebih agresif dapat mempersulit Rusia untuk menghindari larangan tersebut, menurut Felix Kartte, penasihat senior di Reset, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Inggris yang telah mendanai pekerjaan Disinformation Situation Center dan kritis terhadap peran media sosial dalam wacana demokrasi.

“Daripada menerapkan sistem moderasi konten yang efektif, mereka bermain-main dengan aparat disinformasi Kremlin,” kata Kartte.

Perusahaan induk YouTube tidak segera menanggapi pertanyaan yang meminta komentar tentang larangan tersebut.

Di UE, para pejabat berusaha menopang pertahanan mereka. Musim semi ini, UE menyetujui undang-undang yang mengharuskan perusahaan teknologi berbuat lebih banyak untuk membasmi disinformasi. Perusahaan yang gagal bisa menghadapi denda besar.

Wakil Presiden Komisi Eropa, Vera Jourova, bulan lalu menyebut disinformasi sebagai “masalah yang berkembang di UE, dan kami benar-benar harus mengambil tindakan yang lebih kuat.”

Proliferasi situs yang menyebarkan disinformasi tentang perang di Ukraina menunjukkan bahwa Rusia memiliki rencana jika pemerintah atau perusahaan teknologi mencoba membatasi RT dan Sputnik. Itu berarti para pemimpin Barat dan perusahaan teknologi harus melakukan lebih dari menutup satu atau dua situs web jika mereka berharap untuk menghentikan aliran disinformasi Kremlin.

“Rusia jauh lebih pintar,” kata co-CEO NewsGuard lainnya, Steven Brill. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home