Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:02 WIB | Rabu, 14 September 2022

Rusia Klaim Lancarkan Serangan Besar-besaran ke Ukraina

Seorang tentara Ukraina membantu sesama prajurit yang terluka di jalan di wilayah yang dibebaskan di wilayah Kharkiv, Ukraina, Senin, 12 September 2022. Pasukan Ukraina merebut kembali sebagian besar wilayah dari Rusia pada hari Senin, mendorong sepanjang jalan kembali ke perbatasan timur laut di beberapa tempat, dan mengklaim telah menangkap banyak tentara Rusia sebagai bagian dari serangan kilat yang memaksa Moskow untuk mundur dengan tergesa-gesa. (Foto: AP/Kostiantyn Liberov)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Militer Rusia mengatakan bahwa pihaknya telah meluncurkan "serangan besar-besaran" di semua garis depan di Ukraina hari Selasa (13/9), setelah pasukan Kiev membuat kemajuan dramatis dalam serangan balasan.

“Pasukan udara, roket dan artileri melakukan serangan besar-besaran terhadap unit angkatan bersenjata Ukraina di semua arah operasional,” kata kementerian pertahanan Rusia dalam pengarahan hariannya tentang konflik tersebut.

Rusia telah menarik kembali pasukannya dari wilayah timur laut Ukraina, khususnya di wilayah Kharkiv, setelah pasukan Ukraina melancarkan serangan balasan kilat untuk merebut kembali wilayah yang dikuasai oleh pasukan Moskow.

Kementerian pertahanan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya telah meluncurkan serangan "presisi tinggi" ke posisi Ukraina di sekitar Sloviansk dan Konstantinovka di wilayah Donetsk timur.

Pasukan Moskow di wilayah tersebut, yang sebagian dikendalikan oleh separatis yang didukung Moskow sejak 2014, telah melaporkan pertempuran sengit dengan pasukan Ukraina selama beberapa hari terakhir.

Sementara itu Kremlin menuduh tentara Kiev menyalahgunakan warga sipil di wilayah yang telah direbutnya kembali.

Juru bicara Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa di wilayah Kharkiv, muncul laporan tentang perlakuan “keterlaluan” terhadap warga sipil.

"Ada banyak tindakan hukuman... orang-orang disiksa, orang-orang dianiaya, dan sebagainya," kata Dmitry Peskov kepada wartawan. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home