Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 17:42 WIB | Rabu, 28 Desember 2022

Rusia Larang Pasok Minyak ke Negara Pendukung Batasan Harga

Pelabuhan Laut Hitam Novorossiysk, salah satu fasilitas terbesar di Rusia untuk ekspor minyak melalui laut. (Foto: dok. AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada hari Selasa (27/12) menyampaikan tanggapan Rusia yang telah lama ditunggu-tunggu terhadap batasan harga minyak oleh pihak Barat. Putin menandatangani dekrit yang melarang pasokan minyak dan produk minyak ke negara-negara yang berpartisipasi dalam batasan tersebut mulai 1 Februari selama lima bulan.

Kelompok Tujuh negara besar (G7), Uni Eropa dan Australia setuju bulan ini untuk batas harga US$60 per barel pada minyak mentah lintas laut Rusia yang berlaku efektif mulai 5 Desember atas "operasi militer khusus" Moskow di Ukraina.

Keputusan Kremlin menyatakan: "Ini ... mulai berlaku pada 1 Februari 2023, dan berlaku hingga 1 Juli 2023."

Ekspor minyak mentah akan dilarang mulai 1 Februari, tetapi tanggal larangan produk minyak akan ditentukan oleh pemerintah Rusia dan bisa jadi setelah 1 Februari.

Dekrit tersebut mencakup klausul yang memungkinkan Putin untuk membatalkan larangan tersebut dalam kasus-kasus khusus. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home