Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:19 WIB | Rabu, 16 November 2022

Rusia Menghujani Ukraina dengan Serangan Rudal

Rusia Menghujani Ukraina dengan Serangan Rudal
Di desa Vavylove, seorang prajurit Ukraina memeluk ibunya untuk pertama kalinya sejak pasukan Rusia mundur dari wilayah Kherson, Ukraina selatan, Minggu, 13 November 2022 yang lain menunduk. Sekarang banyak yang bertemu satu sama lain untuk pertama kalinya dalam beberapa bulan, setelah mundur terbaru Moskow di tengah serangan balasan Ukraina yang telah merebut kembali kantong wilayah yang terjepit di antara ibu kota regional Kherson dan Mykolaiv dan Laut Hitam. (Foto: AP/Bernat Armangue)
Rusia Menghujani Ukraina dengan Serangan Rudal
Petugas pemadam kebakaran bekerja untuk memadamkan api di sebuah bangunan tempat tinggal yang terkena serangan rudal Rusia, di tengah serangan Rusia di Ukraina, di Kiev, Ukraina 15 November 2022. (Foto: Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Rusia menghujani kota-kota di seluruh Ukraina dengan peluru kendali pada hari Selasa (15/11) dalam serangan salvo yang mengikuti penarikannya yang memalukan dari Kherson, bahkan ketika tanda-tanda tumbuh bahwa pasukannya yang mundur semakin mundur dari Sungai Dnipro di selatan.

Sirene serangan udara meraung-raung dan ledakan terdengar di hampir selusin kota besar setelah salah satu tembakan rudal terbesar sejauh ini, mengikuti pola dalam beberapa pekan terakhir yang dilakukan Moskow dalam menyerang jauh dari garis depan setelah kekalahan di medan perang.

Di ibu kota Kiev, kobaran api keluar dari blok apartemen lima lantai, salah satu dari dua bangunan tempat tinggal yang menurut pihak berwenang telah terjadi di sana. Wartawan Reuters yang mencapai tempat kejadian melihat warga berkerumun di dekat reruntuhan yang membara. Wali kota mengatakan satu orang dipastikan tewas dan setengah dari ibu kota dibiarkan tanpa aliran listrik.

Serangan atau ledakan lain dilaporkan terjadi di kota-kota dari Lviv dan Zhytomyr di barat hingga Kryvy Rih di selatan dan Kharkiv di timur. Pejabat daerah melaporkan beberapa serangan telah mematikan pasokan listrik.

Serangan meluas terjadi empat hari setelah pasukan Rusia meninggalkan kota Kherson di selatan, satu-satunya ibu kota regional yang direbut Moskow sejak invasinya, enam pekan setelah Presiden Vladimir Putin menyatakannya sebagai bagian abadi dari Rusia.

Rusia mengatakan pekan lalu pasukannya akan menempati posisi yang lebih mudah dipertahankan di tepi seberang Sungai Dnipro. Tetapi gambar video yang direkam di kota Oleshky, di seberang jembatan yang runtuh dari Kherson, tampaknya menunjukkan pasukan Rusia telah meninggalkan bunker mereka di sana juga.

Lebih jauh ke timur, administrator yang dipasang Rusia mengatakan mereka menarik pegawai negeri dari kota terbesar kedua di kawasan itu, Nova Kakhovka, yang terletak di tepi sungai di sebelah bendungan strategis yang besar.

Natalya Humenyuk, juru bicara militer Ukraina, mengatakan Moskow tampaknya memposisikan ulang artilerinya 15-20 kilometer lebih jauh dari sungai, untuk melindungi senjatanya dari serangan balasan Ukraina.

“Ada aktivitas tertentu pasukan musuh di tepi kiri sungai Dnipro dalam hal bergerak sejauh 15-20 kilometer dari tepian,” katanya. Rusia memiliki artileri yang masih mampu menyerang Kherson dari posisi baru itu, tetapi “kami juga memiliki sesuatu untuk dijawab”, katanya.

Serangan Balasan dengan Tidak Ada Jeda

 

Sehari setelah mengunjungi Kherson untuk merayakan kemenangan di sana, Presiden Volodymyr Zelenskyy mengatakan kepada para pemimpin dunia bahwa tidak akan ada jeda dalam kampanye militer Ukraina untuk mengusir pasukan Rusia dari negaranya.

“Kami tidak akan membiarkan Rusia menunggu, membangun kekuatannya, dan kemudian memulai rangkaian baru teror dan destabilisasi global,” katanya dalam pidato melalui tautan video ke pertemuan puncak ekonomi besar G20 di Indonesia.

“Saya yakin sekaranglah saatnya perang destruktif Rusia harus dan dapat dihentikan.”

Serangan udara hari Selasa mengikuti pola yang dipertahankan Rusia sejak pertengahan Oktober dengan meluncurkan rudal jarak jauh dan serangan pesawat tak berawak di kota-kota Ukraina setelah kemunduran medan perang. Moskow mengatakan sedang menyerang infrastruktur energi. Kiev mengatakan serangan seperti itu hanya memperkuat tekad warganya.

“Rusia menanggapi pidato kuat Zelenskyy di G20 dengan serangan rudal baru. Adakah yang benar-benar berpikir bahwa Kremlin benar-benar menginginkan perdamaian? Ia menginginkan ketaatan. Tapi pada akhirnya, teroris selalu kalah," cuit kepala staf Zelenskyy, Andriy Yermak.

Jalan-jalan Kosong

Sebelum menarik diri dari Kherson pekan lalu, Rusia mengatakan sedang memindahkan pasukannya melintasi Dnipro untuk mempertahankan wilayah dengan lebih baik termasuk pendekatan ke semenanjung Krimea yang strategis, yang telah dikuasai Rusia sejak 2014.

Namun dalam video yang direkam di Oleshky, di seberang sungai dari Kherson di jalan raya utama dua jam perjalanan ke Krimea, tidak ada tanda-tanda kehadiran tentara Rusia.

Seorang pengemudi berlari di jalan utama yang sepi bermil-mil dengan kecepatan tinggi tanpa menemui satu pun pos pemeriksaan atau bendera Rusia. Beberapa bunker yang didirikan di sepanjang jalan tampaknya telah ditinggalkan. Lokasi video dikonfirmasi oleh Reuters berdasarkan landmark yang terlihat.

Di Nova Kakhovka, pemerintah yang dipasang Rusia mengatakan pada hari Selasa bahwa pegawai negeri telah pergi untuk menghindari penembakan, “dan dipindahkan ke daerah yang aman di wilayah tersebut”.

Tidak ada laporan yang dikonfirmasi bahwa pasukan Ukraina telah menyeberangi sungai untuk mengejar Rusia. Tetapi beberapa analis mengatakan Ukraina mungkin mencoba untuk menekan keunggulannya di medan perang, daripada mengambil apa yang disebut "jeda operasional" mengikuti kemajuan beberapa hari terakhir.

“Ukraina memiliki inisiatif dan momentum dan mendikte Rusia di mana dan kapan pertarungan berikutnya akan dilakukan,” kata Philip Ingram, mantan perwira senior intelijen militer Inggris.

Invasi Rusia ke Ukraina Jadi Fokus Pembahasan KTT G20

Perang adalah fokus utama pembahasan KTT G20 di pulau Bali, Indonesia, tempat para pemimpin Barat mengecam menyerahkan Moskow. Rusia adalah anggota dan Ukraina bukan, tetapi Presiden Rusia Vladimir Putin tetap tinggal di rumah.

Berbicara di KTT, Zelenskyy menggambarkan proposal perdamaian di mana Rusia akan menarik semua pasukannya, membebaskan semua tahanan dan menegaskan kembali integritas teritorial Ukraina, semua tuntutan yang telah berlangsung lama.

Dia mengusulkan untuk memperluas program tanpa batas untuk melindungi ekspor biji-bijian Ukraina untuk membantu memberi makan negara-negara miskin, memperluasnya ke pelabuhan Mykolaiv, yang baru di luar jangkauan senjata Rusia setelah kemajuan Kherson.

Negara-negara Barat mendorong deklarasi puncak yang akan mengutuk perang, meskipun ditentang oleh Rusia dan kurangnya kebulatan suara. Para diplomat mengedarkan draf setebal 16 halaman yang berbunyi: "Sebagian besar anggota mengutuk keras perang di Ukraina dan menekankan hal itu menyebabkan penderitaan manusia yang luar biasa dan memperburuk kerapuhan yang ada dalam ekonomi global."

Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, kepala delegasi Rusia saat Putin tidak hadir, menuduh Barat mencoba mempolitisasi deklarasi tersebut. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home