Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:53 WIB | Senin, 23 Mei 2022

Rusia Menyatakan Siap Lanjutkan Negosiasi dengan Ukraina

Presiden Rusia, Vladimir Putin, dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky. (Foto: dok. AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Negosiator utama Rusia dalam pembicaraan damai dengan Ukraina mengatakan pada hari Minggu (22/5) bahwa Moskow bersedia untuk melanjutkan negosiasi, tetapi Kiev harus membuat langkah pertama, kantor berita negara TASS melaporkan.

“Bagi kami, kami siap untuk melanjutkan dialog. Tetapi saya akan tekankan sekali lagi: bola untuk kelanjutan pembicaraan damai ada di pihak Ukraina. Pembekuan pembicaraan sepenuhnya merupakan inisiatif Ukraina,” kata Vladimir Medinsky.

Dia menambahkan, “Rusia tidak pernah menolak negosiasi, termasuk di tingkat tertinggi. (Presiden Rusia) Vladimir Putin telah berulang kali mengkonfirmasi hal ini. Satu-satunya pertanyaan adalah agar pertemuan puncak terjadi antara presiden, diperlukan persiapan yang serius.”

Pembicaraan antara delegasi Rusia dan Ukraina telah diadakan secara teratur sejak pasukan Moskow menginvasi Ukraina pada 24 Februari.

Negosiator utama Ukraina, Mykhaylo Podolyak, mengatakan pada hari Kamis (19/5): “Jangan menawarkan kami gencatan senjata, ini tidak mungkin tanpa penarikan total pasukan Rusia. Ukraina tidak tertarik dengan 'Minsk' baru dan pembaruan perang dalam beberapa tahun. Sampai Rusia siap untuk sepenuhnya membebaskan wilayah yang diduduki, tim perunding kami adalah senjata, sanksi, dan uang.”

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home