Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:12 WIB | Rabu, 11 November 2020

Rusia Mulai Kerahkan Pasukan ke Nagorno Karabakh

Mandat untuk menjaga perdamaian selama lima tahun.
Gambar yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Rusia menunjukkan sebuah kendaraan lapis baja masuk ke dalam pesawat angkut saat pasukan penjaga perdamaian Rusia berangkat ke wilayah Nagorno-Karabakh di sebuah lapangan udara di Ulyanovsk, Rusia pada hari Selasa (10/11/2020). (Foto: via Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Rusia mengerahkan pasukan penjaga perdamaian di Nagorno-Karabakh pada hari Selasa (10/11) sebagai bagian dari kesepakatan gencatan senjata untuk mengakhiri enam pekan pertempuran sengit antara Azerbaijan dan pasukan etnis Armenia.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, Azerbaijan akan mempertahankan teritorial yang diperoleh dalam pertempuran tersebut, termasuk kota kedua di daerah kantong itu, Shusha, yang oleh orang Armenia disebut Shushi. Pasukan etnis Armenia harus menyerahkan kendali atas banyak wilayah lain antara sekarang dan 1 Desember.

Kementerian pertahanan Armenia mengatakan, aksi militer telah dihentikan dan ketenangan telah dipulihkan di wilayah yang memisahkan diri, yang secara internasional diakui sebagai bagian dari Azerbaijan tetapi dihuni dan, hingga saat ini, sepenuhnya dikendalikan oleh etnis Armenia.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengatakan kesepakatan itu harus membuka jalan bagi penyelesaian politik abadi dari konflik yang telah menewaskan ribuan orang, dan membuat lebih banyak orang mengungsi, dan mengancam akan menjerumuskan wilayah itu ke dalam perang yang lebih luas.

Perayaan di Azerbaijan

Turki yang juga Anggota NATO dan pendukung utama Azerbaijan dengan memasok senjata, mengatakan kesepakatan itu telah mengamankan keuntungan penting bagi sekutunya dan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, memujinya sebagai "sukses suci".

Gencatan senjata memicu perayaan di Baku, ibu kota Azerbaijan, di mana mobil dan bus membunyikan klakson dengan gembira dan orang-orang bersorak dan mengibarkan bendera nasional Azeri.

“Pernyataan (gencatan senjata) ini memiliki makna historis. Pernyataan ini merupakan penyerahan Armenia. Pernyataan ini mengakhiri pendudukan selama bertahun-tahun,” kata Presiden Azeri, Ilham Aliyev.

Beberapa orang Azeri menyesalkan pertempuran telah berakhir sebelum Azerbaijan menguasai seluruh Nagorno-Karabakh, dan mewaspadai kedatangan penjaga perdamaian dari Rusia, yang telah lama mendominasi wilayah tersebut pada masa Uni Soviet.

"Kami akan mendapatkan kembali seluruh Nagorno-Karabakh," kata Kiamala Aliyeva, 52 tahun. Perjanjiannya sangat kabur, saya tidak mempercayai Armenia dan saya tidak lebih mempercayai Rusia.”

Kerusuhan di Yerevan

Kerusuhan pecah di Yerevan, ibu kota Armenia, di mana kerumunan orang menyerbu dan menggeledah gedung-gedung pemerintah dalam semalam, menyebut kesepakatan itu pengkhianatan. Beberapa menuntut pengunduran diri Perdana Menteri Nikol Pashinyan.

Pemimpin Nagorno-Karabakh, Arayik Harutyunyan, mengatakan tidak ada pilihan selain menyelesaikan kesepakatan damai, karena risiko kehilangan seluruh daerah kantong itu ke Azerbaijan. Pashinyan mengatakan dia telah menyelesaikan kesepakatan damai di bawah tekanan dari pasukannya sendiri.

"Keputusan itu dibuat berdasarkan analisis mendalam tentang situasi pertempuran dan dalam hubungannya dengan para ahli terbaik," kata Pashinyan.

Dia mengimbau orang-orang Armenia untuk melihat kesepakatan itu sebagai awal dari era baru persatuan nasional. Dia berkata: "Ini bukan kemenangan, tapi tidak ada kekalahan sampai Anda menganggap diri Anda kalah."

Dalam pertempuran yang berkobar pada 27 September, Azerbaijan mengatakan mereka merebut kembali sebagian besar tanah di dan sekitar Nagorno-Karabakh yang hilang dalam perang 1991-94, yang menewaskan sekitar 30.000 orang.

Penguasaan Shusha, atau Shushi, tampaknya menjadi titik balik. Bertengger di puncak gunung di atas Stepanakert, kota terbesar di Nagorno-Karabakh, hal ini memberi pasukan Azerbaijan posisi komando untuk melancarkan serangan.

2.000 Pasukan Rusia

Rusia, yang memiliki pakta pertahanan dengan Armenia dan pangkalan militer di sana, kemungkinan akan menyambut kesepakatan itu sebagai tanda bahwa mereka masih menjadi penengah utama di Kaukasus Selatan, kawasan penghasil energi, yang dilihatnya sebagai halaman belakangnya sendiri, meskipun Turki berupaya untuk melakukannya dari dalam.

Pasukan penjaga perdamaian Rusia akan bertahan setidaknya selama lima tahun, memperluas jejak militer Moskow di wilayah tersebut. Putin mengatakan mereka akan ditempatkan di sepanjang garis depan di Nagorno-Karabakh dan di koridor antara wilayah tersebut dan Armenia.

Ada 10 pesawat militer terakhir yang membawa pasukan penjaga perdamaian Rusia lepas landas pada hari Selasa, kata kementerian pertahanan Rusia. Hampir 2.000 prajurit, 90 pengangkut personel lapis baja, dan 380 kendaraan dan perangkat keras lainnya sedang dikerahkan.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan belum ada kesepakatan untuk mengerahkan pasukan penjaga perdamaian Turki di Nagorno-Karabakh, tetapi militer Turki akan membantu staf pusat pemantauan bersama dengan pasukan Rusia.

Putin Mengharap Penyelesaian Lestari

Berdasarkan perjanjian tersebut, Azerbaijan akan mendapatkan jalan penghubung ke eksklaf Azeri di perbatasan Iran-Turki, sesuatu yang akan memberi Turki jembatan darat ke Azerbaijan.

Putin mengatakan orang-orang terlantar akan dapat kembali ke Nagorno-Karabakh dan tawanan perang serta mayat mereka yang terbunuh akan ditukar. Semua jaringan ekonomi dan transportasi di daerah itu akan dibuka kembali dengan bantuan penjaga perbatasan Rusia.

Perjanjian tersebut menciptakan kondisi untuk penyelesaian jangka panjang "secara adil dan untuk kepentingan orang-orang Armenia dan Azeri," kata Putin.

Di Armenia, 17 partai politik menuntut pengunduran diri Pashinyan dan sebuah petisi mulai menuntut kesepakatan itu untuk dibatalkan.

Sekretaris dewan keamanan Nagorno-Karabakh, badan keamanan tertinggi, mengundurkan diri sebagai protes atas kesepakatan tersebut, kata kantor berita Rusia, RIA, melaporkan. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home