Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:30 WIB | Selasa, 07 Maret 2023

Rusia Permudah Prosedur Visa bagi Beberapa Negara Asia dan Afrika

Stempel visa di paspor asing di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 6 Juni 2020. (Foto: dok.AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Rusia sedang mengupayakan pelonggaran prosedur visa untuk enam negara, termasuk India, Suriah dan india, kata kantor berita negara TASS mengutip Wakil Menteri Luar Negeri, Evgeny Ivanov, mengatakan pada hari Minggu.

“Selain India (penyederhanaan prosedur) … sedang dikerjakan dengan Angola, Vietnam, india, Suriah dan Filipina,” kata Ivanov.

Sebelumnya, Ivanov mengatakan bahwa Rusia juga sedang mempersiapkan perjanjian antar pemerintah tentang perjalanan bebas visa dengan 11 negara, termasuk Arab Saudi, Barbados, Haiti, Zambia, Kuwait, Malaysia, Meksiko, dan Trinidad, TASS melaporkan.

Sejak dimulainya invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina setahun lalu, yang telah menewaskan ribuan orang dan membuat jutaan orang mengungsi, Moskow telah beralih ke China, India, dan negara-negara Afrika, mencoba mencari hubungan yang lebih dekat di sana.

Sementara Amerika Serikat, Jepang, dan Uni Eropa mengutuk invasi Rusia dan menjatuhkan sanksi, China dan India juga tidak melakukannya.

India mempertahankan sikap netral, menolak untuk menyalahkan Rusia atas invasi tersebut sementara secara tajam meningkatkan pembelian minyak Rusia. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home