Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 03:12 WIB | Sabtu, 22 Juli 2023

Rusia Pertahankan Usia Wajib Militer 18 Tahun

Militer Rusia. (Foto: dok. Ist)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Rusia akan mempertahankan wajib militer untuk anak berusia 18 tahun, media pemerintah melaporkan pada hari Jumat (21/7). Ini secara permanen meningkatkan jumlah pria muda yang bertanggung jawab atas wajib militer, setelah anggota parlemen membatalkan proposal untuk tidak memulai sebelum usia 21 tahun.

Semua pria di Rusia saat ini diharuskan melakukan wajib militer selama satu tahun antara usia 18 dan 27 tahun, atau pelatihan yang setara saat menempuh pendidikan tinggi.

Andrei Kartapolov, mantan jenderal yang mengetuai komite pertahanan majelis rendah parlemen, atau Duma Negara, telah mengusulkan agar masa wajib militer diundur secara bertahap ke usia 21-30.

Tetapi pada hari Jumat dia dikutip oleh kantor berita TASS mengatakan: "(Itu) diputuskan untuk mempertahankan batas bawah pada 18 tahun, karena pada usia itulah banyak orang ingin pergi dan mengabdi."

Dinas militer telah lama menjadi masalah sensitif di Rusia, di mana banyak yang berusaha keras untuk menghindari penyerahan dokumen wajib militer selama periode panggilan dua kali setahun.

Ketakutan mereka hanya tumbuh ketika sejumlah wajib militer dikirim untuk berperang dalam perang Rusia di Ukraina, meskipun ada pernyataan yang bertentangan, dan dengan mobilisasi tak terduga 300.000 orang musim gugur lalu untuk apa yang disebut Moskow sebagai "operasi militer khusus".

Proses pemanggilan yang tampaknya kacau memicu kritik publik yang jarang terjadi, dan mendorong ratusan ribu orang melarikan diri dari Rusia untuk menghindari dikirim berperang.

Tahun lalu, Rusia mengumumkan rencana untuk meningkatkan personel tempur profesional dan wajib militernya lebih dari 30% menjadi 1,5 juta, tugas ambisius yang dipersulit oleh banyaknya korban yang dirahasiakan dalam perang.

Pada bulan April, undang-undang disahkan yang memungkinkan surat wajib militer disajikan secara online, sehingga lebih sulit untuk menghindari wajib militer.

Dan Selasa lalu, parlemen memperpanjang setidaknya lima tahun usia maksimum di mana laki-laki yang telah menyelesaikan dinas wajib dapat dimobilisasi, menjadi usia 55 tahun, dalam kasus beberapa pangkat junior, dan menjadi 70 untuk perwira paling senior.

Berita lain menyebutkan, Presiden, Rusia Vladimir Putin, mengatakan pada hari Jumat (21/7) bahwa Barat mengobarkan "api perang" dengan mendukung Ukraina dalam konfliknya dengan Rusia, dan bahwa senjata Barat yang dipasok ke Ukraina "menyala dengan baik" di medan perang.

Putin membuat pernyataan di televisi kepada anggota Dewan Keamanannya pada awal pertemuan online. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home