Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 21:36 WIB | Selasa, 28 April 2020

Rusia Protes Media Ceko tentang Upaya Meracuni Wali Kota Praha

Seorang pekerja menutupi patung Jenderal Soviet, Ivan Konev, setelah patung itu dipindahkan dari platformnya di kota Praha, Ceko. (Foto: Reuters)

PRAHA, SATUHARAPAN.COM-Kedutaan besar Rusia di Praha secara resmi memprotes Kementerian Luar Negeri Ceko atas laporan media yang menyebutkan bahwa mata-mata Rusia mungkin telah merencanakan untuk meracuni wali kota Praha dan pejabat lokal lainnya yang tindakannya baru-baru ini membuat marah Moskow.

Mingguan Respekt menyebutkan pada hari Senin (27/4) bahwa dinas intelijen Ceko mencurigai agen Rusia dikirim ke Praha tiga pekan lalu untuk meracuni wali kota Praha, Zdenek Hrib, dan Wali kota Distrik 6 Praha, Ondrej Kolar, dengan risin, racun yang sangat kuat. Namun pihak berwenang Ceko tidak mengomentari laporan itu.

"Tuduhan dalam berita itu benar-benar tidak berdasar" dan dirancang untuk "mendiskreditkan" Rusia, kata sebuah pernyataan kedutaan Rusia.

Hrib dan Kolar diritik keras oleh pejabat Rusia baru-baru ini. Keduanya ditempatkan di bawah perlindungan polisi, namun pihak berwenang tidak memberikan alasan untuk tindakan itu.

Pada bulan Februari, sebuah lapangan di Praha yang terletak di depan Kedutaan Besar Rusia diganti namanya dengan Boris Nemtsov, pemimpin oposisi Rusia yang terbunuh, dan Hrib memasang papan nama baru.

Pada bulan April, distrik Kolar menghapus patung komandan Perang Dunia II Soviet, Ivan Stepanovic Konev, yang pasukannya membebaskan Praha dari pendudukan Nazi Jerman.

Pejabat Praha Distrik 6 mengatakan patung itu akan dipindahkan ke museum dan sebuah monumen baru untuk menghormati pembebasan kota akan dipasang di tempat itu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home