Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:05 WIB | Senin, 04 April 2022

Rusia Serang Kota Odesa, Ukraina

Rusia Serang Kota Odesa, Ukraina
Prajurit Ukraina memeriksa jalan-jalan untuk mencari ranjau di Bucha, Ukraina, pinggiran kota Kiev yang sebelumnya diduduki Rusia, Sabtu, 2 April 2022. Saat pasukan Rusia mundur dari wilayah ibu kota Ukraina, pasukan yang mundur menciptakan situasi "bencana" bagi warga sipil dengan pergi ranjau di sekitar rumah, peralatan terbengkalai dan "bahkan mayat mereka yang terbunuh," Presiden Volodymyr Zelenskyy memperingatkan hari Sabtu.(Foto: AP/Vadim Ghirda)
Rusia Serang Kota Odesa, Ukraina
Seorang prajurit Ukraina berjalan melewati pesawat Antonov An-225 Mriya yang hancur selama pertempuran antara pasukan Rusia dan Ukraina di bandara Antonov di Hostomel, Ukraina, Sabtu, 2 April 2022. Di pintu masuk Bandara Antonov di Hostomel, pasukan Ukraina menjaga posisinya, sebuah tanda mereka berada dalam kendali penuh atas landasan pacu yang coba diserbu Rusia di hari-hari pertama perang. (Foto: AP/Vadim Ghirda)
Rusia Serang Kota Odesa, Ukraina
Ranjau anti tank dipajang di sebuah jembatan di Bucha, di pinggiran Kiev, Ukraina, hari Sabtu, 2 April 2022. (Foto: AP/Rodrigo Abd)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Penduduk pantai tenggara Ukraina yang terkepung menunggu kemungkinan evakuasi pada Minggu (3/4)  ketika presiden negara itu mengatakan obsesi Rusia untuk merebut kota pelabuhan utama telah membuat pasukannya melemah dan menciptakan peluang bagi militernya.

Dua ledakan keras terdengar di Odesa di Laut Hitam, dan asap hitam terlihat membubung di atas kota, di mana angkatan laut Ukraina bermarkas. Itu terletak di sebelah barat Mariupol, pelabuhan yang lebih kecil yang telah diserang selama hampir seluruh perang dan penyelamat sangat ingin dijangkau.

Dewan kota Odesa mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa serangan udara pagi memicu kebakaran di beberapa daerah. Militer Rusia mengatakan beberapa jam kemudian bahwa mereka menggunakan kapal dan rudal yang ditembakkan pesawat untuk menyerang pabrik pengolahan minyak dan depot bahan bakar yang memasok pasukan Ukraina.

Dewan kota mengatakan pertahanan udara Ukraina menembak jatuh beberapa rudal sebelum menghantam kota. Juru bicara militer Ukraina Vladyslav Nazarov mengatakan tidak ada korban jiwa dari serangan itu.

100.000 Orang Masih di Mariupol Yang Dikepung Rusia

Di Mariupol, kondisi tetap mengerikan dan prospek untuk melarikan diri tidak pasti. Kota yang dikepung, yang telah disiksa oleh beberapa serangan terburuk dalam perang, melaporkan beberapa pekan yang lalu bahwa air, makanan, bahan bakar dan obat-obatan hampir habis. Sekitar 100.000 orang diyakini masih berada di sana, kurang dari seperempat populasi kota sebelum perang yang berjumlah 430.000.

Komite Palang Merah Internasional mengatakan pihaknya berharap tim yang dikirim untuk membantu mengevakuasi penduduk akan mencapai Mariupol pada hari Minggu. Pihak berwenang Ukraina mengatakan Rusia setuju beberapa hari lalu untuk mengizinkan perjalanan yang aman dari kota itu, tetapi perjanjian serupa telah berulang kali gagal karena penembakan yang terus berlanjut.

Mariupol berada di wilayah Donbas yang sebagian besar berbahasa Rusia, tempat separatis yang didukung Moskow telah memerangi pasukan Ukraina selama delapan tahun. Penangkapannya akan menciptakan koridor darat yang tak terputus dari Rusia ke Krimea, yang direbut Moskow dari Ukraina pada 2014.

Dengan Mariupol tepat di garis bidik Rusia, Ukraina menegaskan telah mendapatkan pijakan di tempat lain di negara itu. Saat pasukan negaranya merebut kembali wilayah utara ibu kota Kiev yang ditinggalkan pasukan Rusia, dan Presiden Volodymyr Zelenskyy meminta semua warga Ukraina untuk melakukan apa pun yang mereka bisa “untuk menggagalkan taktik musuh dan melemahkan kemampuannya.”

“Perdamaian tidak akan menjadi hasil dari keputusan apa pun yang dibuat musuh di suatu tempat di Moskow. Tidak perlu ada harapan kosong bahwa mereka akan pergi begitu saja dari tanah kita. Kami hanya dapat memiliki perdamaian dengan pertempuran,” kata Zelenskyy Sabtu (2/4) malam.

Pasukan Rusia Bangun Kekuatan di Selatan

Zelenskyy dan sekutu Barat Ukraina percaya Rusia telah memindahkan pasukannya dari wilayah ibu kota dan utara negara itu untuk membangun kekuatan di timur dan selatan. Pemimpin Ukraina sekali lagi mendesak Barat untuk memasok militernya dengan pesawat tempur dan lebih banyak sistem anti-rudal.

“Setiap rudal Rusia yang menghantam kota-kota kami dan setiap bom yang dijatuhkan pada orang-orang kami, pada anak-anak kami, hanya menambahkan cat hitam pada sejarah yang akan menggambarkan semua orang yang menjadi sandaran keputusan itu: keputusan apakah akan membantu Ukraina dengan senjata modern,” Zelenskyy dikatakan.

Sementara geografi medan perang berubah, sedikit perubahan bagi banyak orang Ukraina selama lebih dari lima lima menjadi perang yang telah mengirim lebih dari empat juta orang melarikan diri dari negara itu sebagai pengungsi dan jutaan lainnya mengungsi dari rumah mereka.

Serangan Rusia ke Kota Kharkiv

Gubernur regional di Kharkiv, hari Minggu (3/4) mengatakan bahwa artileri dan tank Rusia melakukan lebih dari 20 serangan di kota terbesar kedua Ukraina dan pinggirannya di timur laut negara itu selama sehari terakhir. Gubernur Oleh Synyehubov mengatakan serangan rudal di kota Lozovo melukai empat orang dan tank Rusia membombardir sebuah rumah sakit di kota Balakliia.

Zelenskyy menuduh pada hari Sabtu bahwa pasukan Rusia telah meninggalkan ranjau di sekitar rumah, peralatan yang ditinggalkan dan bahkan pada mayat orang mati saat mereka mundur dari sekitar Kiev. Klaim tersebut tidak dapat diverifikasi secara independen, tetapi pasukan Ukraina terlihat mengindahkan peringatan tersebut.

Di Bucha, barat laut ibu kota, wartawan Associated Press menyaksikan tentara Ukraina, yang didukung oleh barisan tank dan kendaraan lapis baja lainnya, menggunakan kabel untuk menyeret mayat dari jalan dari kejauhan karena takut mereka mungkin telah dijebak. Penduduk setempat mengatakan korban tewas adalah warga sipil yang dibunuh tanpa provokasi oleh tentara Rusia yang berangkat.

Di kota-kota kecil dan di sekitar Kiev, tanda-tanda pertempuran sengit ada di mana-mana setelah pemindahan pasukan Rusia. Kendaraan lapis baja yang hancur dari kedua pasukan tergeletak di jalan-jalan dan ladang bersama dengan perlengkapan militer yang tersebar.

Pasukan Ukraina ditempatkan di pintu masuk Bandara Antonov di pinggiran Hostomel, menunjukkan kendali landasan pacu yang coba diserbu Rusia pada hari-hari pertama perang. Di dalam kompleks itu, Mriya, salah satu pesawat terbesar yang pernah dibuat, tergeletak hancur di bawah hanggar yang berlubang akibat serangan bulan Februari.

Negosiasi Rusia dan Ukraina

Kepala delegasi Ukraina dalam pembicaraan dengan Rusia mengatakan para perunding Moskow secara informal menyetujui sebagian besar rancangan proposal yang dibahas selama pembicaraan tatap muka di Istanbul, Turki pekan ini, tetapi tidak ada konfirmasi tertulis yang diberikan.

Negosiator Ukraina, Davyd Arakhamia, mengatakan di TV Ukraina bahwa dia berharap itu cukup berkembang sehingga presiden kedua negara dapat bertemu untuk membahasnya.

Pihak berwenang Ukraina memperingatkan bahwa fokus Rusia di Ukraina timur tidak berarti Kiev dan kota-kota lain tidak akan menjadi target lagi. Dalam pidato malamnya hari Sabtu, Zelenskyy menyerukan kepada rakyatnya untuk melakukan apa pun yang mereka bisa untuk memastikan kelangsungan hidup negara, bahkan dengan melakukan tindakan sederhana seperti saling menunjukkan kebaikan.

“Ketika suatu bangsa membela diri dalam perang pemusnahan, ketika itu adalah masalah hidup atau mati jutaan orang, tidak ada hal-hal yang tidak penting. ... Dan semua orang dapat berkontribusi untuk kemenangan bagi semua,” kata presiden. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home