Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:01 WIB | Senin, 25 Juli 2022

Rusia Serang Pelabuhan Odesa Ketika Ukraina Mulai Ekspor Gandum

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, kanan tengah, dan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, memimpin upacara penandatanganan di Istana Dolmabahce di Istanbul, Turki, Jumat, 22 Juli 2022. Antonio Guterres dan Recep Tayyip Erdogan dijadwalkan pada hari Jumat untuk mengawasi penandatanganan perjanjian kunci yang akan memungkinkan Ukraina untuk melanjutkan pengiriman biji-bijian dari Laut Hitam ke pasar dunia dan bagi Rusia untuk mengekspor biji-bijian dan pupuk, mengakhiri kebuntuan yang telah mengancam ketahanan pangan dunia. (Foto: AP/Khalil Hamra)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Rudal Rusia menghantam pelabuhan Odesa di Laut Hitam Ukraina beberapa jam setelah Moskow dan Kiev menandatangani kesepakatan untuk memungkinkan ekspor biji-bijian dilanjutkan dari sana. Kementerian Luar Negeri Ukraina mengecam serangan hari Sabtu (23/7)sebagai "meludahi wajah" Turki dan PBB, yang menengahi perjanjian.

Dua rudal jelajah Kalibr Rusia menghantam infrastruktur pelabuhan dan pertahanan udara Ukraina, serta menjatuhkan dua lainnya, kata Komando Selatan militer Ukraina. Itu tidak merinci kerusakan atau mengatakan apakah serangan itu menyebabkan korban.

“Butuh waktu kurang dari 24 jam bagi Rusia untuk meluncurkan serangan rudal ke pelabuhan Odesa, melanggar janjinya dan merusak komitmennya di hadapan PBB dan Turki berdasarkan perjanjian Istanbul,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Ukraina, Oleg Nikolenko. “Jika tidak terpenuhi, Rusia akan bertanggung jawab penuh atas krisis pangan global.”

Nikolenko menggambarkan serangan rudal pada hari ke-150 perang Rusia di Ukraina sebagai “ludahan Presiden Rusia, Vladimir Putin, di hadapan Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, dan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, yang melakukan upaya besar untuk mencapai kesepakatan.”

Kantor Guterres mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Sekjen PBB "dengan tegas mengutuk" serangan itu.

"Kemarin, semua pihak membuat komitmen yang jelas di panggung global untuk memastikan pergerakan aman biji-bijian Ukraina dan produk terkait ke pasar global," kata pernyataan itu. “Produk-produk ini sangat dibutuhkan untuk mengatasi krisis pangan global dan meringankan penderitaan jutaan orang yang membutuhkan di seluruh dunia. Implementasi penuh oleh Federasi Rusia, Ukraina dan Turki sangat penting.”

Selama upacara penandatanganan hari Jumat (22/7) di Istanbul, Guterres memuji kesepakatan untuk membuka pelabuhan Ukraina di Odesa, Chernomorsk dan Yuzhny untuk ekspor makanan komersial sebagai “suar harapan, suar kemungkinan, suar bantuan di dunia yang lebih membutuhkannya."

Perjanjian tersebut dimaksudkan untuk membuka jalan bagi pengiriman jutaan ton biji-bijian Ukraina dan beberapa ekspor biji-bijian dan pupuk Rusia yang tertahan oleh perang. Ukraina adalah salah satu pengekspor gandum, jagung, dan minyak bunga matahari terbesar di dunia, tetapi invasi Rusia ke negara itu dan blokade laut di pelabuhannya menghentikan pengiriman.

Dokumen yang diperoleh The Associated Press menunjukkan kesepakatan yang menyerukan pusat koordinasi bersama yang dipimpin PBB di Istanbul di mana pejabat dari Ukraina, Rusia, Turki akan mengawasi penjadwalan kapal kargo.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, mengatakan dalam pidato video malamnya bahwa perjanjian tersebut menawarkan “kesempatan untuk mencegah bencana global, kelaparan, yang dapat menyebabkan kekacauan politik di banyak negara di dunia, khususnya di negara-negara yang membantu kami.”

Kepala kantor Zelenskyy, Andriy Yermak, mengatakan di Twitter bahwa serangan di Odesa datang begitu cepat setelah pengesahan kesepakatan pelabuhan Laut Hitam menggambarkan “dikotomi diplomatik Rusia.”

Bersamaan dengan serangan di Odesa, militer Rusia menembakkan rentetan rudal pada hari Sabtu di sebuah lapangan terbang dan fasilitas kereta api di Ukraina tengah, menewaskan sedikitnya tiga orang, sementara pasukan Ukraina meluncurkan serangan roket ke penyeberangan sungai di wilayah selatan yang diduduki Rusia.

Serangan terhadap infrastruktur utama menandai upaya baru oleh pihak-pihak yang bertikai untuk mengubah skala konflik yang menggila demi keuntungan mereka.

Di wilayah Kirovohradska tengah Ukraina, 13 rudal Rusia menghantam sebuah lapangan terbang dan fasilitas kereta api. Gubernur Andriy Raikovych mengatakan bahwa setidaknya satu prajurit dan dua penjaga tewas. Pemerintah daerah melaporkan serangan di dekat kota Kirovohrad, melukai 13 orang lainnya.

Di wilayah Kherson di selatan, yang direbut pasukan Rusia pada awal invasi, pasukan Ukraina bersiap untuk serangan balasan yang berpotensi menembakkan roket ke penyeberangan Sungai Dnieper untuk mencoba mengganggu pasokan ke Rusia.

Terlepas dari kemajuan di front itu, pertempuran berkecamuk tanpa henti di jantung industri Donbas di Ukraina timur, di mana pasukan Rusia mencoba membuat keuntungan baru dalam menghadapi perlawanan keras Ukraina.

Pasukan Rusia juga menghadapi serangan balik Ukraina tetapi sebagian besar bertahan di wilayah Kherson di utara Semenanjung Krimea, yang dianeksasi Rusia pada tahun 2014.

Awal pekan ini, Ukraina membombardir Jembatan Antonivskyi di seberang Sungai Dnieper menggunakan Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi yang dipasok AS, kata Kirill Stremousov, wakil kepala pemerintahan regional yang ditunjuk Rusia di Kherson.

Stremousov mengatakan kepada kantor berita negara Rusia, TASS, bahwa satu-satunya penyeberangan Dnieper lainnya, bendungan pembangkit listrik tenaga air Kakhovka, juga diserang oleh roket yang diluncurkan dengan senjata yang dipasok oleh Washington tetapi tidak rusak.

HIMARS, yang menembakkan roket berpemandu GPS ke sasaran yang berjarak 80 kilometer (50 mil), jarak yang membuatnya jauh dari jangkauan sebagian besar sistem artileri Rusia, telah secara signifikan meningkatkan kemampuan serangan Ukraina.

Selain itu, pasukan Ukraina menembaki jembatan mobil di seberang Sungai Inhulets di desa Darivka, kata Stremousov kepada TASS. Dia mengatakan jembatan di sebelah timur ibu kota regional Kherson mengalami tujuh pukulan tetapi tetap terbuka untuk lalu lintas.

Stremousov mengatakan bahwa tidak seperti Jembatan Antonivskyi, jembatan kecil di Darivka tidak memiliki nilai strategis.

Sejak April, Kremlin telah berkonsentrasi untuk merebut Donbas, wilayah yang sebagian besar berbahasa Rusia di Ukraina timur di mana separatis pro Rusia telah memproklamasikan kemerdekaan. Namun, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, menekankan bahwa Moskow berencana untuk mempertahankan kendali atas wilayah lain yang diduduki pasukannya selama perang. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home