Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 11:29 WIB | Sabtu, 06 Mei 2023

Rusia Tangkap Sutradara Teater, Menuduh Membenarkan Terorisme

Sutradara teater Rusia, Yevgenia Berkovich, ditahan karena dicurigai membenarkan terorisme, menghadiri sidang pengadilan di Moskow, Rusia, hari Jumat, 5 Mei 2023. (Foto: Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Pengadilan Moskow, Rusia, pada hari Jumat (5/5) memerintahkan penangkapan sutradara teater, Yevgeniya Berkovich, atas tuduhan "membenarkan terorisme" atas drama pemenang penghargaan tentang perempuanRusia yang direkrut secara online untuk menikahi ekstremis radikal di Suriah.

Kasus ini muncul ketika Moskow telah meluncurkan tindakan keras yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap perbedaan pendapat di dalam negeri ketika pasukan berperang di Ukraina dan banyak komunitas seni Rusia telah meninggalkan negara itu.

Kantor berita RIA Novosti mengatakan pengadilan memerintahkan pria berusia 38 tahun itu tetap ditahan hingga 4 Juli.

Tuduhan itu membawa hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

Berkovich dan dramawan Svetlana Petriychuk ditahan sehari sebelumnya, tindakan yang mengejutkan komunitas teater Rusia yang menyusut.

Para perempuan itu dituduh "membenarkan terorisme" dalam drama mereka yang berjudul "Finist, the Brave Falcon".

Pertunjukan khusus perempuan tentang perempuan Rusia yang menikah dengan pria di Suriah memenangkan dua penghargaan teater Golden Mask yang bergengsi tahun lalu.

Berkovich dibawa ke ruang sidang dengan mengenakan jaket biru muda dan hoodie oranye.

Seorang jurnalis AFP melihat sekitar 100 orang di luar pengadilan, termasuk jurnalis pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2021, Dmitry Muratov.

Setidaknya 2.000 orang menandatangani petisi online untuk membela kedua perempuan tersebut. Surat itu meminta otoritas Rusia untuk "menganiaya pembunuh, bukan penyair." (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home