Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 10:17 WIB | Kamis, 07 Juli 2022

Rusia Tembakkan Roket Menyasar Pusat Perbelanjaan dengan Banyak Pengunjung di Kremenchuk, Ukraina

Dewan Keamanan PBB bersidang khusus membahas serangan tersebut.
Foto diambil dari video yang disediakan oleh Layanan Darurat Negara Ukraina, petugas pemadam kebakaran bekerja untuk memadamkan api di sebuah pusat perbelanjaan yang terbakar setelah serangan roket di Kremenchuk, Ukraina, hari Senin, 27 Juni 2022. (Foto: Layanan Darurat Negara Ukraina via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pembom jarak jauh Rusia menembakkan rudal yang menghantam pusat perbelanjaan yang ramai di pusat kota Kremenchuk, Ukraina, pada hari Senin (27/6). Ini menimbulkan kekhawatiran tentang apa yang disebut Presiden Volodymyr Zelenskyy sebagai jumlah korban yang “tak terbayangkan” di “salah satu serangan teroris paling berani dalam sejarah Eropa.”

Zelenskky mengatakan lebih dari 1.000 warga sipil berada di dalam mal, dengan banyak yang berhasil melarikan diri. Gambar dari tempat kejadian menunjukkan gumpalan raksasa asap hitam, debu dan api oranye, dengan kru darurat bergegas mencari logam dan beton yang rusak untuk mencari korban dan memadamkan api. Para penonton menyaksikan dengan sedih.

Jumlah korban sulit ditentukan karena tim penyelamat mencari di tengah puing-puing yang membara. Gubernur regional, Dmytro Lunin, mengatakan sedikitnya 13 orang tewas dan lebih dari 40 lainnya luka-luka.

Atas permintaan Ukraina, Dewan Keamanan PBB menjadwalkan pertemuan darurat di New York pada Senin (27/6) malam untuk membahas serangan itu.

Serangan rudal itu terjadi ketika para pemimpin Barat menjanjikan dukungan berkelanjutan untuk Ukraina, dan ekonomi utama dunia menyiapkan sanksi baru terhadap Rusia, termasuk pembatasan harga minyak dan tarif barang yang lebih tinggi. 

Sementara itu, Amerika Serikat tampaknya siap untuk menanggapi seruan Zelenskyy untuk lebih banyak mengirim sistem pertahanan udara, dan NATO berencana untuk meningkatkan ukuran pasukan reaksi cepatnya hampir delapan kali lipat menjadi 300.000 tentara.

Zelenskyy Menyebut sebagai Serangan Teroris

Zelenskyy mengatakan mal itu "tidak memberikan ancaman bagi tentara Rusia" dan "tidak memiliki nilai strategis." Dia menuduh Rusia menyabotase “upaya orang-orang untuk menjalani kehidupan normal, yang membuat para penjajah sangat marah.”

Dalam pidato malamnya, dia mengatakan tampaknya pasukan Rusia sengaja menargetkan pusat perbelanjaan dan menambahkan, “Serangan Rusia hari ini di sebuah pusat perbelanjaan di Kremenchuk adalah salah satu serangan teroris paling berani dalam sejarah Eropa.”

Pembom jarak jauh Tu-22M3 Rusia yang terbang di atas wilayah Kursk barat Rusia menembakkan rudal yang menghantam pusat perbelanjaan, serta satu lagi yang menghantam arena olah raga di Kremenchuk, menurut pejabat Ukraina.

Serangan Rusia membawa gema serangan sebelumnya dalam perang yang menyebabkan sejumlah besar korban sipil, seperti satu pada bulan Maret di teater Mariupol di mana banyak warga sipil bersembunyi, menewaskan sekitar 600 orang, dan satu lagi pada bulan April di sebuah stasiun kereta api di timur Kramatorsk yang menewaskan sedikitnya 59 orang.

“Rusia terus mengeluarkan impotensinya dengan menyasar pada warga sipil biasa. Tidak ada gunanya mengharapkan kesopanan dan kemanusiaan di pihaknya,” kata Zelenskyy.

Wali kota Kremenchuk Vitaliy Maletskiy menulis di Facebook bahwa serangan itu "menghantam daerah yang sangat ramai, yang 100% pasti tidak memiliki hubungan dengan angkatan bersenjata."

PBB menyebut serangan itu “menyedihkan,” menekankan bahwa infrastruktur sipil “tidak boleh menjadi sasaran,” kata juru bicara PBB Stephane Dujarric. Pemimpin Kelompok Tujuh mengeluarkan pernyataan pada Senin malam mengutuk serangan itu dan mengatakan bahwa “serangan membabi buta terhadap warga sipil tak berdosa merupakan kejahatan perang. Presiden Rusia Vladimir Putin dan mereka yang bertanggung jawab akan dimintai pertanggungjawaban.”

Serangan itu terjadi saat Rusia melancarkan serangan habis-habisan ke benteng terakhir Ukraina di Provinsi Luhansk, Ukraina timur, "mencurahkan api" ke kota Lysychansk dari darat dan udara, menurut gubernur setempat. Sedikitnya delapan orang tewas dan lebih dari 20 orang terluka di Lysychansk ketika roket Rusia menghantam daerah di mana kerumunan orang berkumpul untuk mengambil air dari sebuah tangki, kata Gubernur Luhansk, Serhiy Haidai.

Serangan di timur adalah bagian dari serangan intensif pasukan Rusia yang bertujuan merebut wilayah Donbas timur dari Ukraina. Selama akhir pekan, militer Rusia dan sekutu separatis lokal mereka memaksa pasukan pemerintah Ukraina keluar dari kota tetangga Lysychansk, Sievierodonetsk.

Di sebelah barat Lysychansk pada hari Senin, wali kota kota Sloviansk, yang berpotensi menjadi medan pertempuran besar berikutnya, mengatakan pasukan Rusia menembakkan munisi tandan, termasuk yang mengenai lingkungan perumahan. 

Pihak berwenang mengatakan jumlah korban belum dapat dikonfirmasi. “Semuanya sekarang hancur,” kata penduduk Valentina Vitkovska, sambil menangis ketika dia berbicara tentang ledakan itu. "Tidak ada kekuatan. Saya bahkan tidak bisa menelepon untuk memberi tahu orang lain apa yang telah terjadi pada kami.”

Sebelum serangan Senin, setidaknya enam warga sipil tewas dan 31 lainnya terluka sebagai bagian dari penembakan intens Rusia terhadap berbagai kota Ukraina selama 24 jam terakhir, termasuk Kiev dan kota-kota besar di selatan dan timur negara itu, menurut kantor Zelenskyy. Penembakan pada hari Senin di Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina, menewaskan sedikitnya lima orang dan melukai 15 orang.

Pasukan Rusia terus menargetkan pelabuhan utama Laut Hitam selatan Odesa. Sebuah serangan rudal menghancurkan bangunan tempat tinggal dan melukai enam orang, termasuk seorang anak, kata pihak berwenang Ukraina.

Di Lysychansk, setidaknya lima gedung tinggi dan jembatan jalan terakhir rusak selama sehari terakhir, kata Haidai. Jalan raya penting yang menghubungkan kota dengan wilayah yang dikuasai pemerintah di selatan tidak dapat dilalui. Populasi kota sebelum perang sekitar 100.000 telah berkurang menjadi kurang dari 10.000.

Analis mengatakan bahwa lokasi Lysychansk yang tinggi di tepi Sungai Siverskiy Donets memberikan keuntungan besar bagi para pemain bertahan Ukraina.

“Ini kacang yang sangat sulit untuk dipecahkan. Rusia dapat menghabiskan waktu berbulan-bulan dan banyak upaya untuk menyerbu Lysychansk,” kata analis militer Oleh Zhdanov.

Dalam perkembangan lain, di Pegunungan Alpen Bavaria Jerman, para pemimpin negara-negara G7 mengungkapkan rencana untuk mencari sanksi baru dan berjanji untuk terus mendukung Ukraina “selama diperlukan.” 

Dalam pernyataan bersama Senin setelah mereka mengadakan sesi melalui tautan video dengan Zelenskyy, para pemimpin menggarisbawahi “komitmen teguh mereka untuk mendukung pemerintah dan rakyat Ukraina dalam pertahanan berani mereka terhadap kedaulatan dan integritas teritorial negara mereka.”

Di tempat lain, Washington diperkirakan akan mengumumkan pembelian sistem rudal permukaan-ke-udara canggih untuk Ukraina.

Di Brussels, Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, mengumumkan rencana untuk memperluas kekuatan reaksi cepat aliansi sebagai bagian dari tanggapannya terhadap “era persaingan strategis.” Pasukan respon NATO saat ini memiliki sekitar 40.000 tentara. NATO akan setuju untuk memberikan dukungan militer lebih lanjut ke Ukraina, termasuk komunikasi yang aman dan sistem anti-drone, ketika para pemimpinnya bertemu di Spanyol untuk pertemuan puncak akhir pekan ini, kata Stoltenberg.

Kementerian pertahanan Inggris mengatakan Rusia kemungkinan akan semakin bergantung pada pasukan cadangan dalam beberapa pekan mendatang. Analis mengatakan pemanggilan pasukan cadangan oleh Rusia dapat sangat mengubah keseimbangan dalam perang, tetapi juga dapat membawa konsekuensi politik negatif bagi pemerintahan Presiden Vladimir Putin. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home