Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 22:18 WIB | Jumat, 23 Desember 2016

Rusia Tentang Solusi Suriah: Trump Mitra Lebih Baik Ketimbang Obama

Presiden AS terpilih, Donald Trump. (Foto: dok./AFP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Rusia tidak berhubungan dengan pemerintah Amerika Serikat yang terlibat lebih dulu dalam konflik di Suriah, namun Moskow melihat Donald Trump (presiden AS terpiliha yang akan menjabat mulai 20 Januari) sebagai mitra yang lebih baik untuk bernegosiasi ketimbang dengan Barack Obama.

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Gennady Gatilov, mengatakan hal itu hari Jumat (23/12). Rusia terlibat dalam perang saudara di Suriah dengan mendukung Presiden Bashar Al Assad, sementara AS terlibat mendukung kelompok pemberontak. Namun dalam dua bulan terakhir pemberontak mengalami kemunduran besar, sementara AS dan sekutu Baratnya, makin kurang mendukung pemberontak.

Gatilov, seperti dikutip kantor berita Interfax, mengatakan bahwa Trump terkait dengan resolusi krisis Suriah untuk menyingkirkan Al Assad yang didukung Rusia.

"Seperti yang kita pahami, itu berarti dia memiliki lebih banyak ruang untuk manuver daripada pemerintahan Obama," Gatilov.

Gatilov juga mengatakan Rusia akan menyambut Washington dalam meningkatkan operasi anti-terorisme di Suriah.

"Tidak boleh ada kecemburuan atau persaingan di sini. Kita semua harus berpikir tentang perlunya menyatukan upaya kita," katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home