Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:58 WIB | Minggu, 30 Oktober 2022

Rusia Umumkan Membatalkan Kesepakatan Ekspor Biji-bijian Ukraina

Rusia menuduh Ukraina lakukan serangan pada armada kapal mereka di Laut Hitam.
Kapal perang armada Laut Hitam Rusia berlabuh di salah satu teluk Sevastopol, Krimea, 31 Maret 2014. Pada Sabtu, 29 Oktober 2022 setidaknya dua kapal Rusia mengalami kerusakan di pelabuhan utama di Krimea, semenanjung Ukraina yang dicaplok Moskow pada tahun 2014. (Foto: dok. AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Rusia mengumumkan bahwa mereka akan segera menangguhkan pelaksanaan kesepakatan biji-bijian yang ditengahi PBB yang telah melihat lebih dari sembilan juta ton biji-bijian diekspor dari Ukraina selama perang dan telah menurunkan harga pangan global yang melonjak.

Namun Ukraina menuduh keputusan hari Sabtu (29/10) itu sebagai upaya Rusia menciptakan "permainan kelaparan" dunia.

Kementerian Pertahanan Rusia mengutip dugaan serangan pesawat tak berawak Ukraina pada Sabtu terhadap kapal-kapal Armada Laut Hitam Rusia yang ditambatkan di lepas pantai Krimea yang diduduki sebagai alasan tindakan tersebut. Ukraina telah membantah serangan itu, mengatakan bahwa Rusia salah menangani senjata mereka sendiri.

Deklarasi Rusia datang satu hari setelah Sekjen PBB, Antonio Guterres, mendesak Rusia dan Ukraina untuk memperbarui kesepakatan ekspor biji-bijian, yang dijadwalkan berakhir pada 19 November. Guterres juga mendesak negara-negara lain, terutama di Barat, untuk mempercepat penghapusan hambatan yang menghalangi ekspor biji-bijian dan pupuk Rusia.

Sekjen PBB mengatakan kesepakatan biji-bijian, ditengahi oleh PBB dan Turki pada bulan Juli, membantu “untuk meredam penderitaan yang ditimbulkan oleh krisis biaya hidup global ini pada miliaran orang,” kata juru bicaranya.

"Sangat penting bahwa semua pihak menahan diri dari tindakan apa pun yang akan membahayakan Inisiatif ekspor biji-bijian dari Laut Hitam, yang merupakan upaya kemanusiaan kritis yang jelas memiliki dampak positif pada akses ke makanan bagi jutaan orang," kata juru bicara Guterres, Stephane Dujarric.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menyebut langkah Rusia itu “dapat diprediksi.” Dia menuduh Moskow “memblokir” kapal-kapal yang membawa gandum sejak September. Saat ini, kata dia, 176 kapal dicadangkan di laut, membawa lebih dari dua juta ton makanan.

“Ini adalah upaya transparan Rusia untuk kembali ke ancaman kelaparan skala besar di Afrika dan Asia,” kata Zelenskyy pada hari Sabtu (29/10) dalam pidato video malamnya. Dia menyerukan tanggapan keras terhadap Rusia dari badan-badan internasional seperti PBB dan G-20.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, menuduh Rusia memainkan “permainan kelaparan” dengan membahayakan pengiriman makanan global.

Di Washington, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Antony Blinken, mengatakan penangguhan itu disesalkan dan mendesak "semua pihak untuk menjaga Inisiatif yang penting dan menyelamatkan jiwa ini berfungsi."

"Setiap tindakan Rusia untuk mengganggu ekspor biji-bijian yang penting ini pada dasarnya adalah pernyataan bahwa orang dan keluarga di seluruh dunia harus membayar lebih untuk makanan atau kelaparan," kata Blinken dalam sebuah pernyataan Sabtu malam.

“Dalam menangguhkan pengaturan ini, Rusia sekali lagi menggunakan makanan sebagai senjata dalam perang yang dimulainya, yang secara langsung berdampak pada negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah serta harga pangan global, dan memperburuk krisis kemanusiaan dan kerawanan pangan yang sudah mengerikan.”

Kementerian Luar Negeri Rusia pada hari Sabtu menuduh spesialis Inggris terlibat dalam dugaan serangan pesawat tak berawak terhadap kapal-kapal Rusia di Krimea. Kementerian Pertahanan Inggris tidak segera mengomentari klaim tersebut.

“Sehubungan dengan tindakan angkatan bersenjata Ukraina, yang dipimpin oleh spesialis Inggris, diarahkan, antara lain, terhadap kapal Rusia yang memastikan berfungsinya koridor kemanusiaan yang bersangkutan (yang tidak dapat dikualifikasikan selain sebagai serangan teroris), pihak Rusia tidak dapat menjamin keselamatan kapal kargo kering sipil yang berpartisipasi dalam inisiatif Laut Hitam, dan menangguhkan implementasinya mulai hari ini untuk jangka waktu yang tidak ditentukan,” kata pernyataan Rusia.

Kementerian Infrastruktur Ukraina mengatakan bahwa Ukraina tidak pernah mengancam koridor biji-bijian Laut Hitam yang “secara eksklusif bersifat kemanusiaan,” dan akan terus berusaha untuk menjaga pengiriman tetap berjalan.

Dikatakan sejak kapal pertama meninggalkan Odesa pada 1 Agustus, lebih dari sembilan juta ton makanan telah diekspor, termasuk lebih dari lima juta ton ke negara-negara Afrika dan Asia. Sebagai bagian dari Program Pangan Dunia PBB, dikatakan, 190 ribu ton gandum telah dikirim ke negara-negara yang mengalami kelaparan.

Rusia juga meminta pertemuan Dewan Keamanan PBB pada hari Senin karena dugaan serangan terhadap Armada Laut Hitam dan keamanan koridor gandum, kata Dmitry Polyansky, wakil wakil pertama Rusia untuk PBB.

Menteri pertanian Rusia mengatakan Moskow siap untuk "menggantikan gandum Ukraina sepenuhnya dan mengirimkan pasokan dengan harga terjangkau ke semua negara yang tertarik." Dalam sambutannya yang disiarkan oleh saluran TV negara Rossiya 24, Dmitry Patrushev mengatakan bahwa Moskow siap untuk “menyediakan hingga 500.000 ton biji-bijian ke negara-negara termiskin secara gratis dalam empat bulan ke depan,” dengan bantuan Turki.

Sabtu pagi, Ukraina dan Rusia menawarkan versi yang berbeda tentang serangan pesawat tak berawak Krimea di mana setidaknya satu kapal Rusia mengalami kerusakan di Sevastopol, pelabuhan utama di semenanjung Ukraina yang dianeksasi oleh Moskow pada tahun 2014.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan sebuah kapal penyapu ranjau mengalami “kerusakan kecil” selama dugaan serangan Ukraina menjelang fajar terhadap kapal-kapal angkatan laut dan sipil yang berlabuh di Sevastopol, yang menampung markas besar Armada Laut Hitam Rusia. Kementerian mengklaim pasukan Rusia telah “mencegah” 16 drone yang menyerang.

Gubernur wilayah Sevastopol, Mikhail Razvozhaev, mengklaim pelabuhan itu melihat "serangan besar-besaran" oleh drone udara dan laut. Dia tidak memberikan bukti, mengatakan semua video akan disita untuk alasan keamanan.

Tetapi seorang penasihat Kementerian Dalam Negeri Ukraina mengklaim bahwa “penanganan bahan peledak yang ceroboh” telah menyebabkan ledakan di empat kapal perang di Armada Laut Hitam Rusia. Anton Gerashchenko menulis di Telegram bahwa kapal-kapal itu termasuk fregat, kapal pendarat, dan kapal yang membawa rudal jelajah yang digunakan dalam serangan mematikan pada bulan Juli di kota Ukraina barat.

Dalam perkembangan lain pada hari Sabtu, pasukan Rusia memindahkan sejumlah besar tentara yang sakit dan terluka dari rumah sakit di wilayah Kherson selatan Ukraina dan melucuti fasilitas peralatan medis, kata pejabat Ukraina ketika pasukan mereka berjuang untuk merebut kembali provinsi tersebut.

Pihak berwenang yang dibentuk Kremlin di sebagian besar wilayah yang diduduki Rusia telah mendesak warga sipil untuk meninggalkan kota Kherson, ibu kota wilayah tersebut, dan dilaporkan bergabung dengan puluhan ribu orang yang telah melarikan diri ke wilayah lain yang dikuasai Rusia.

Zelenskyy mengatakan Rusia "membongkar seluruh sistem perawatan kesehatan" di Kherson dan daerah pendudukan lainnya. “Para penjajah telah memutuskan untuk menutup institusi medis di kota-kota, mengambil peralatan, ambulans, semuanya,” kata Zelenskyy.

Kherson adalah salah satu dari empat wilayah di Ukraina yang dicaplok secara ilegal oleh Presiden Rusia Vladimir Putin bulan lalu dan di mana ia kemudian mengumumkan darurat militer. Yang lainnya adalah Donetsk, Luhansk dan Zaporizhzhia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home