Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Francisca Christy Rosana 20:49 WIB | Rabu, 06 Mei 2015

Rusunawa Dekat Stasiun Dikonsep Mirip India

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama Selasa (5/5) sore. (Foto: Francisca Christy Rosana)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan mengonsep rumah susun sederhana sewa (rusunawa) yang rencananya dibangun di dekat Stasiun Manggarai dan Stasiun Kampung Babadan mirip seperti yang dibangun di India. 

"Rusunawa konsepnya mirip-mirip di India, ya nggak gitu mirip sih. Yang jelas India rumah sederhana itu ada dipinggir rel kereta," ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (6/5) sore. 

Ahok ingin orang yang tinggal di rusunawa tak usah lagi keluar ongkos jika ingin pergi ke stasiun atau menggunakan angkutan massal kereta. Kereta api juga rencananya akan diintegrasi dengan bus Transjakarta untuk memudahkan mobilitas warga. 

"Kita punya konsep bawahnya itu depo kereta api, ada pasar rakyat atasnya adalah rusun sehingga orang yang gajinya pas-pasan tinggal jalan kaki sebentar ke stasiun," kata mantan Bupati Belitung Timur itu. 

Sebelumnya, Kepala Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah Daerah DKI Jakarta Ika Lestari Aji mengatakan sesungguhnya pembangunan ini sudah direncanakan sejak tahun lalu, namun tahun ini baru dibicarakan pembahasan Detail Engineering Design (DED). 

“Rencana pembangunan memang sudah sejak tahun lalu, tapi tahun ini kita rencanakan kembali kemarin kan masih ada hal-hal yang perlu dibicarakan. Mudah-mudahan tahun ini bisa lancar. Pembuatan DED mulai tahun ini,” ujar Ika kepada satuharapan.com saat ditemui di Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (5/5) sore.

Masing-masing lokasi rencananya akan dibangun dua tower dengan jumlah 270 unit untuk masing-masing tower di atas lahan seluas 6,4 hektare. Namun demikian, Dinas Perumahan dan Gedung Pemerintah DKI ini belum berani merencanakan besar anggaran. 

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home