Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 09:42 WIB | Sabtu, 12 Februari 2022

Saham di Wall Street Jatuh Akibat Ketegangan di Ukraina

Foto dari Bursa Efek New York, spesialis Dilip Patel bekerja di posnya di lantai perdagangan, hari Jumat, 11 Februari 2022. Saham jatuh tajam lagi pada hari Jumat, dan kali ini imbal hasil Treasury bergabung dalam penurunan terbaru untuk Wall Street. (Foto: Courtney Crow/Bursa Saham New York via AP)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Saham di Wall Street jatuh lagi pada hari Jumat (11/2), dan kali ini imbal hasil obligasi bergabung, karena kekhawatiran tentang invasi Rusia yang akan segera terjadi di Ukraina menambah panjang daftar kekhawatiran Wall Street yang sudah berat tentang inflasi dan suku bunga.

S&P 500 kehilangan 1,9% setelah Gedung Putih mendorong semua warga Amerika Serikat untuk meninggalkan Ukraina dalam 48 jam ke depan, sebelum kemungkinan tindakan militer oleh Rusia. Harga minyak juga naik lebih dari 3%.

Saham tiba-tiba turun lebih rendah di tengah perdagangan, dengan kerugian untuk S&P 500 hampir tiga kali lipat dalam waktu sekitar setengah jam. Ayunan spontan juga menyapu pasar lain karena investor menarik uang dari hal-hal yang lebih berisiko seperti saham dan beralih ke keamanan obligasi dan emas.

Ini perubahan tajam terbaru di mana tahun 2022 dimuali sudah dengan penuh gejolak untuk pasar. Wall Street telah terguncang karena menghadapi Federal Reserve yang dipaksa untuk secara agresif menghapus suku bunga rendah yang disukai investor, untuk mengatasi inflasi yang tinggi.

S&P 500 turun 85,44 poin menjadi 4.418,64 untuk mengunci kerugian mingguan pertama dalam tiga terakhir tetapi keempat dalam enam terakhir. Dow Jones Industrial Average kehilangan 503,53, atau 1,4%, menjadi 34.738,06, dan Nasdaq turun 394,49, atau 2,8%, menjadi 13.791,15.

Ketegangan telah membara selama beberapa waktu tentang kemungkinan aksi militer oleh Rusia, dan penasihat keamanan nasional AS, Jake Sullivan, mengatakan pada hari Jumat bahwa Amerika Serikat tidak memiliki informasi pasti bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin telah memerintahkan invasi. Tetapi dia juga mengatakan bahwa “ancaman sekarang cukup mendesak sehingga kehati-hatian menuntut bahwa inilah saatnya untuk pergi sekarang” bagi orang Amerika di negara itu.

Rusia adalah salah satu produsen energi terbesar di dunia, dan peringatan itu langsung membuat harga minyak tersentak naik. Minyak mentah Brent, standar internasional, naik 3,3% menjadi US$ 94,44 barel di tengah kemungkinan bahwa kekerasan dapat mengganggu pasokan. Minyak mentah AS naik 3,6% menjadi US$ 93,10 per barel.

Harga sudah naik sebelum peringatan Ukraina, kemungkinan karena pernyataan dari Badan Energi Internasional bahwa pasokan di pasar minyak sudah ketat, kata Stewart Glickman, analis ekuitas energi di CFRA.

Emas juga naik, naik hampir US$ 20 dalam setengah jam pada sore hari ke US$ 1.860 per ounce, karena investor mencari keamanan.

Dorongan serupa untuk stabilitas juga mendorong investor dalam obligasi Treasury, yang pada gilirannya menurunkan imbal hasil mereka. Imbal hasil Treasury 10-tahun merosot menjadi 1,91% dari sekitar 2,03% pada Kamis malam. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home