Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:21 WIB | Jumat, 10 Maret 2023

Saingi China di Pasifik, AS Akan Anggarkan Rp 107 Triliun untuk Tiga Negara Kepulauan

Anggaran Presiden Joe Biden untuk tahun fiskal 2024 difoto Kamis, 9 Maret 2023. Karena kebuntuan politik membuat pemerintah berisiko gagal bayar, Biden membuat penawaran pembukaan dengan rencana anggaran yang akan memangkas defisit sebesar US$ 2,9 triliun selama dekade berikutnya, proposal yang sudah ingin ditolak oleh Partai Republik. (Foto: AP/Jon Elswick)

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Khawatir dengan keberhasilan China merayu negara-negara kepulauan Pasifik, pemerintahan Joe Biden mengusulkan untuk pengeluaran miliaran dolar untuk mempertahankan tiga negara dalam orbit Amerika Serikat.

Anggaran federal yang diusulkan Presiden Joe Biden yang dirilis pada hari Kamis (9/3) mencakup lebih dari US$7,1 miliar (setara Rp 107 trliun) dana untuk Kepulauan Marshall, Mikronesia, dan Palau. Uang itu termasuk dalam permintaan US$63,1 miliar (setara Rp 956 triliun) untuk Departemen Luar Negeri dan Badan Pembangunan Internasional AS.

Tidak jelas apakah Kongres akan menyetujui bantuan semacam itu. Proposal anggaran keseluruhan menghadapi tentangan tertentu di Kongres yang dipimpin oleh Partai Republik dan beberapa anggota parlemen GOP (Republik) mendorong pemotongan bantuan luar negeri yang parah karena mereka ingin memangkas pengeluaran federal.

Tetapi anggota Kongres telah menunjukkan persatuan bipartisan yang jarang terjadi dalam melawan China, menawarkan prospek bahwa bantuan untuk Pulau Pasifik dapat dilihat lebih menguntungkan.

Uang itu, yang akan dibayarkan selama 20 tahun, akan memperpanjang perjanjian dengan tiga negara bagian di mana AS memberi mereka layanan penting dan dukungan ekonomi dengan imbalan hak pangkalan militer dan perlakuan istimewa lainnya.

Apa yang disebut kesepakatan "Perjanjian Asosiasi Bebas" akan berakhir akhir tahun ini dan tahun depan, dan pejabat AS mengatakan China telah mencoba mengeksploitasi negosiasi perpanjangan untuk keuntungannya sendiri.

Gedung Putih mengatakan pembayaran tersebut adalah bagian dari strateginya untuk “mengungguli China” dan memperkuat aliansi dan kemitraan Amerika di Indo-Pasifik. Namun terlepas dari program militer langsung, program-program tersebut merupakan garis anggaran tunggal terbesar untuk wilayah tersebut dalam rencana pengeluaran.

Porsi permintaan anggaran Departemen Pertahanan - senilai US$ 842 miliar setara Rp 12.756 triliun) - memprioritaskan peningkatan kehadiran militer AS di Indo-Pasifik.

“China adalah satu-satunya pesaing Amerika Serikat dengan niat untuk membentuk kembali tatanan internasional dan, semakin meningkat, kekuatan ekonomi, diplomatik, militer, dan teknologi untuk melakukannya,” kata Gedung Putih.

“Selama masa-masa yang belum pernah terjadi sebelumnya dan luar biasa ini, anggaran meminta sumber daya bebas dan wajib untuk mengalahkan China dan memajukan kemakmuran Amerika secara global,” katanya.

Jika disetujui oleh Kongres, Mikronesia akan menerima US$3,3 miliar (setara Rp 50 triliun), Kepulauan Marshall US$2,3 miliar (setara Rp 34,9 triliun), dan Palau US$ 890 juta (setara Rp 13,5 triliun) antara tahun anggaran 2024 dan 2044. Selain itu, US$ 634 juta (setara Rp 9,6 triliun) akan dialokasikan ke Layanan Pos AS untuk terus mengoperasikan ketiga negara tersebut.

Di bawah Compacts of Free Association yang bertanggal 1960-an, AS menyediakan layanan pos kepada tiga negara dan menjalankan prakiraan cuaca, kontrol lalu lintas udara, dan operasi manajemen darurat. Sebagai imbalannya, AS mendapat hak pangkalan untuk fasilitas militer, intelijen, telekomunikasi, dan eksplorasi ruang angkasa.

Namun, penduduk pulau telah lama mengeluh bahwa perjanjian sebelumnya tidak cukup memenuhi kebutuhan mereka atau masalah lingkungan dan kesehatan jangka panjang yang disebabkan oleh uji coba nuklir AS pada 1950-an dan 60-an.

Selama beberapa tahun terakhir, China telah berusaha untuk mengeksploitasi perpecahan antara AS dan pulau-pulau tersebut dalam upaya untuk memperluas pengaruhnya di wilayah tersebut, mengkhawatirkan pemerintahan Trump dan Biden yang telah mencoba untuk menumpulkan upaya tersebut.

Perjanjian saat ini dengan Kepulauan Marshall dan Mikronesia berakhir tahun ini dan perjanjian dengan Palau berakhir pada tahun 2024. Namun, pada bulan Januari, pemerintah menandatangani nota kesepahaman tentang pembaruan mereka dengan Kepulauan Marshall dan Palau dan sebulan kemudian dengan Mikronesia. Semua bergantung pada persetujuan anggaran kongres.

China terus memburu sekutu dari Taiwan di Pasifik, termasuk Kiribati dan Kepulauan Solomon, pada 2019. AS mengumumkan rencana tahun lalu untuk membuka kembali kedutaan di Kepulauan Solomon, yang telah menandatangani perjanjian keamanan dengan China. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home