Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 17:14 WIB | Jumat, 24 Juni 2016

Sakit Maag Tetap Puasa, Aktor Terkenal Nigeria Meninggal

OYO, NIGERIA, SATUHARAPAN.COM - Seorang aktor yang sangat populer di kalangan suku Yoruba di Nigeria,  Lateef Titilope, meninggal setelah sakit selama dua hari.

Kematiannya pada hari Sabtu (18/6) sempat menimbulkan pertanyaan tentang penyebabnya. Namun belakangan diduga aktor yang juga dikenal sebagai Alfa Lati Takure itu, meninggal dikarenakan penyakit maag yang semakin parah karena ia menjalankan ibadah puasa.

Titilope yang dikenal sebagai seorang Muslim yang taat, didiagnosa menderita maag (ulcer) pada Agustus 2015. Namun, menurut taij.com, yang melaporkan berita ini, tampaknya ia memilih untuk tetap menjalankan ibadah puasa.

Penyakitnya diketahui semakin parah pada hari Sabtu dan ia langsung dilarikan ke rumah sakit swasta terdekat di mana ia diberi beberapa tindakan. Ia meninggal beberapa jam setelah ia meninggalkan rumah sakit di rumah keluarganya di kota Oyo.

Takure dimakamkan pada hari Minggu (19/6) sesuai dengan tata cara Islam.

Kematiannya  telah membawa kesedihan mendalam di kalangan film Yoruba. Para penggemarnya menyatakan dukacita lewat media sosial dan mereka menggambarkan idolanya itu sebagai seorang pencnita perdamaian dan aktor yang berbakat.

Yoruba adalah sebuah etnis yang hidup di Nigeria dan Republik Benin di Afrika Barat. Etnis ini diperkirakan mencapai 40 juta orang, sebagian terbesar di Nigeria. Suku Yoruba merupakan 21 persen dari penduduk Nigeria.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home