Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 10:29 WIB | Minggu, 19 September 2021

Salinan Resmi Konstitusi Amerika Serikat Akan Dilelang

Salinan resmi edisi pertama yang sangat langka dari Konstitusi AS yang diadopsi oleh delegasi Konvensi Konstitusi di Philadelphia pada tahun 1787, yang akan dilelang pada pertengahan November 2021 oleh Sotheby's di New York, terlihat dalam gambar selebaran ini yang disediakan oleh Sotheby's . (Foto: Sotheby via Reuters)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Sebuah salinan resmi edisi pertama yang sangat langka dari Konstitusi Amerika Serikat akan diajukan untuk dilelang oleh Sotheby's pada pertengahan November, kata rumah lelang itu, hari Jumat (17/9).

Mengumumkan penjualan dokumen yang akan datang pada peringatan 234 tahun penandatanganannya oleh delegasi Konvensi Konstitusi, Sotheby's memperkirakan nilainya mencapai US$ 15 juta hingga US$ 20 juta.

"Ini adalah cetakan resmi, cetakan pertama dari teks terakhir dari Konstitusi Amerika Serikat yang dilakukan mungkin pada malam tanggal 16 September 1787, hanya untuk digunakan oleh para delegasi Konvensi Kontinental dan untuk digunakan oleh Kongres Amerika Serikat," kata Spesialis Senior Sotheby untuk Buku dan Manuskrip, Selby Kiffer.

"Ini satu-satunya yang tidak ada dalam koleksi institusi permanen."

Itu terakhir dijual seharga US$ 165.000 pada tahun 1988, ketika diakuisisi oleh mendiang S. Howard Goldman, seorang pengembang real estat New York dan kolektor pribadi tanda tangan, dokumen sejarah, dan manuskrip Amerika.

Istrinya, Dorothy Tapper Goldman, menawarkannya untuk dijual, dengan semua hasil disumbangkan ke yayasan amal yang didirikan atas namanya untuk memajukan pemahaman publik tentang demokrasi, kata rumah lelang itu.

Salinan dari cetakan pertama itu, tanpa tanda tangan dan diyakini awalnya berjumlah sekitar 500 kopi, diserahkan kepada delegasi Konvensi Konstitusi. Dua salinan yang masih disimpan di Perpustakaan Kongres.

Cetakan pertama Konstitusi jauh lebih langka daripada edisi pertama Deklarasi Kemerdekaan 1776, kata Sotheby.

Ini hanya berisi tujuh artikel asli yang menguraikan kerangka kerja pemerintah nasional AS dan kekuasaannya, hubungannya dengan negara bagian, dan prosedur yang digunakan untuk kemudian meratifikasi dan mengubah Konstitusi itu sendiri.

Bill of Rights, yang terdiri dari 10 amandemen pertama yang ditambahkan ke Konstitusi, baru dibuat pada tahun 1791.

Meskipun tidak ditandatangani, dokumen enam halaman itu mencakup daftar delegasi Konvensi Konstitusi yang membuktikan adopsinya pada tahun 1787 dan surat penyerahan dari George Washington, yang memimpin konvensi tersebut.

Dianggap sebagai piagam pemerintah tertua yang terus dikodifikasi di dunia, Konstitusi AS dirancang untuk menggantikan piagam pertama negara yang sebagian besar tidak efisien dalam Anggaran Konfederasi.

Itu diratifikasi oleh negara bagian pada tahun 1788 dan mulai berlaku pada tahun berikutnya. Sejak itu telah diubah 27 kali.

Sotheby's mengatakan salinan Goldman akan ditawarkan untuk penawaran di acara New York sekitar bulan November.

"Ada perdebatan sengit tentang apakah itu harus diratifikasi atau tidak," kata Kiffer. "Dan perdebatan itu berlanjut hari ini. Ini adalah dokumen dasar yang akan bertahan, saya pikir, jauh melampaui atmosfer politik saat ini." (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home