Loading...
FOTO
Penulis: Dedy Istanto 13:57 WIB | Senin, 12 Mei 2014

Sambut Burung-burung Migrasi di Indonesia

Sambut Burung-burung Migrasi di Indonesia
World Bird Migratory Day (WBMD) 2014 yang jatuh pada 10 dan 11 Mei diperingati pegiat pengamat burung dari Paguyuban Pengamat Burung Jogyakarta (PPBJ), yang mengadakan kegiatan pengamatan dan sosialisasi kepada masyarakat umum, di Titik Nol Malioboro, Yogyakarta, Minggu (11/5). (Foto: Asman Adi Purwanto).
Sambut Burung-burung Migrasi di Indonesia
Panitia pelaksana kegiatan WBMD memberi informasi kepada salah satu anak dalam rangka peringatan WBMD 2014 yang dilaksanakan di Titik Nol Malioboro, Yogyakarta. (Foto: Asman Budi).
Sambut Burung-burung Migrasi di Indonesia
Kegiatan peringatan WBMD 2014 yang diikuti instansi pemerintah, komunitas, lembaga, serta kampus di Pulau Serangan, Bali, dengan kegiatan sosialisasi dan pengamatan burung bersama, Minggu (11/5). (Foto: Yuyun Yanwar).
Sambut Burung-burung Migrasi di Indonesia
Para peserta yang mengikuti peringatan WBMD 2014 di Pulau Serangan, Bali, yang diikuti sejumlah instansi pemerintah, organisasi kampus, komunitas serta lembaga dengan kegiatan pengamatan dan sosialisasi. (Foto : Yuyun Yanwar).
Sambut Burung-burung Migrasi di Indonesia
Panitia saat memberikan informasi kepada seluruh peserta peringatan WBMD 2014 yang diadakan di kawasan Panaruban, Gunung Tangkuban Perahu, Subang, Jawa Barat selama dua hari, dengan kegiatan sosialisasi dan pengamatan, Minggu (11/5). (Foto: Budi Hermawan).
Sambut Burung-burung Migrasi di Indonesia
Peserta dari berbagai kampus, komunitas, lembaga, serta instansi pemerintah melakukan kegiatan pengamatan di kawasan Panaruban, Gunung Tangkuban Perahu dalam rangka peringatan hari WBMD 2014, Minggu (11/5). (Foto: Budi Hermawan).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Ratusan pengamat burung menyambut kedatangan burung migrasi di berbagai wilayah di Indonesia. Kegiatan dalam rangka World Bird Migratory Day (WBMD) yang diperingati pada 10-11 Mei itu merupakan kegiatan pengamatan burung migrasi yang diikuti sejumlah negara di berbagai belahan benua termasuk Indonesia.

Kegiatan WBMD yang diinisiasi sejak 2006 adalah kegiatan untuk mengkampanyekan sekaligus sosialisasi kepada masyarakat luas dalam mengenalkan dan melindungi burung-burung migrasi dari habitatnya. Seluruh pengamat burung di dunia melakukan aksi secara serentak dengan berbagai aktivitasnya, seperti festival, pameran, sosialisasi, dan pengamatan. Tahun 2014 ini WBMD mengambil tema “Destination Flyways: Migratory Birds and Tourism

Indonesia salah satu negara yang rutin melaksanakan peringatan WBMD setiap tahun di sejumlah wilayah. Berbagai organisasi maupun komunitas serta lembaga dan instansi pemerintah melaksanakan kegiatan, baik kampanye dan sosialisasi maupun pengamatan burung migrasi seperti yang dilaksanakan di wilayah Yogyakarta, Bali, Bogor, dan Bandung.

Wilayah Bali sudah melaksanakan WBMD untuk kedua kalinya, yang tahun ini diadakan di Pulau Serangan dan diikuti Kedokteran Hewan Udayana, Universitas Udayana, Taman Nasional Bali Barat (TNBB), komunitas Kokokan Bali, Satwa Alam Bali, dan masyarakat umum. Kegiatan dilaksanakan selama dua hari, 10 dan 11 Mei 2014, dengan satu hari pembekalan berupa pemberian materi tentang sekilas WBMD yang diadakan di Universitas Udayana dan satu hari melaksanakan kegiatan pengamatan.

Pelaksanaan WBMD wilayah Yogyakarta, yang dilaksanakan Paguyuban Pengamatan Burung Jogja (PPBJ), diadakan di pusat kota, yaitu di titik 0 Kilometer, Malioboro. Sasaran kegiatan yang dilakukan adalah pengamatan burung, sosialisasi kepada masyarakat untuk turut serta melindungi burung-burung migrasi dari habitatnya.

Untuk wilayah Bandung kegiatan dilaksanakan selama dua hari, 10 dan 11 Mei 2014, yang diadakan di kawasan Panaruban, Gunung Tangkuban Perahu, Subang, Jawa Barat. Pesertanya dari berbagai instansi pemerintah, lembaga, universitas, serta komunitas, di antaranya Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Ciwidey, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Negeri (UIN), Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi), Bandring, Universitas Padjajaran (Unpad), dan sejumlah organisasi dan komunitas berbagai wilayah di Bandung dan Bogor.

Sedangkan di wilayah Bogor kegiatan dilaksanakan di Kebun Raya Bogor (KRB), diikuti oleh sejumlah instansi pemerintah, kampus, dan komunitas dari Jakarta maupun Bogor, dalam rangka mengenalkan sekaligus menyosialisasi kegiatan peringatan WBMD kepada pengunjung maupun masyarakat. 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home