Loading...
BUDAYA
Penulis: Moh. Jauhar al-Hakimi 13:47 WIB | Selasa, 01 Agustus 2017

Sangkring Art Space Gelar Adu Domba #6

Ilustrasi poster pameran seni rupa "Adu Domba #6" di Sangkring art space Kampung Nitiprayan, Ngestiharjo-Bantul, 7 - 21 Agustus 2017. (Foto: Sangkring Art Space)

YOGYAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Untuk keenam kalinya Sangkring Art Space yang berada, Kampung Nitiprayan, Ngestiharjo-Bantul mengadakan pameran yang mempertemukan dua seniman/perupa. "Adu Domba #6" yang akan berlangsung selama 7-21 Agustus dengan memamerkan karya Yaksa Agus dan Luddy Astaghis.

Pada penyelenggaraan sebelumnya "Adu Domba #5", 8-22 April 2017 mempertemukan perupa perempuan Sekar Jatiningrum dan Sinta Carolina. Begitupun pada "Adu Domba #4" yang berlangsung pada 13-31 Agustus 2016 mempertemukan Feintje Likawati dengan Bunga Jeruk. "Adu Domba #3" yang mengambil tema visage blanc sans visage pada 28 April - 15 Mei 2016 Erizal As dan I Nyoman Adiana beradu karya. Sebelumnya "Adu Domba #2" yang berlangsung 3-27 Februari 2016 mempertemukan dua perupa I Wayan Agus Novianto dan dadang Kurnia, sementara pada penyelenggaraan Adu Domba pertama kali yang berlangsung pada 25 Agustus - 8 September 2015 mempertemukan Made Agus Darmika & Putu Sastra Wibawa.

Konsep pameran seni rupa dari dua seniman-perupa menarik ketika masing-masing perupa menawarkan hal-hal dalam berkaitan dengan aktivitasnya. Yaksa Agus, pelukis cum penulis dan kurator seni rupa kerap memanisfestasikan wacana yang penting dalam situasi politik, ekonomi dan sosial saat sekarang ini ke dalam gaya melukis yang segar dan cenderung bermain-main. Di saat strategi licik penuh tipu daya menjadi panglima, dan upaya mengaburkan kebenaran dengan wacana yang seolah benar diviralkan tak terbendung, Yaksa menawarkan strategi bermain di arena sosial secara santun yang bisa diinisiasi kembali dari permainan tradisional dam-daman.

Sementara Luddy Astaghis dalam perspektif konstruksi sosial yang menjadi keniscayaan bahwa dalam banyak hal setiap individu secara alamiah adalah berbeda. Luddy mengolah dalam karya seninya dalam bahasa yang sederhana: selera.

Diantara Yaksa Agus dan Luddy Astaghis, kamu suka yang mana? Silakan datang saja pada pembukaan pameran "Adu Domba #6" yang dibuka pada Senin (7/8) malam di Sangkring art space, Nitiprayan RT 1 RW 20 No. 88 Ngestiharjo, Kasihan Bantul Yogyakarta.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home