Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:47 WIB | Jumat, 08 April 2022

Sanksi AS Membidik Dua Anak Perempuan Putin dan Orang Dekat Lain

Sanksi AS Membidik Dua Anak Perempuan Putin dan Orang Dekat Lain
Anak perempuan Presiden Rusia, Vladimir Putin, Katerina Vladimirovna Tikhonova. (Foto9-foto: dok. Ist)
Sanksi AS Membidik Dua Anak Perempuan Putin dan Orang Dekat Lain
Anak perempuan Presiden Rusia, Vladimir Putin, Maria Vladimirovna Vorontsova.

WASHINGTON DC, SATUHARAPAN.COM-Amerika Serikat menargetkan putri Presiden Rusia, Vladimir Putin, dengan sanksi atas invasi Rusia ke Ukraina, dan pemerintahan Joe Biden mengesampingkan privasi yang telah lama dipertahankan Putin atas hubungan terdekatnya. Ini untuk menghindari penyebutan nama lengkap kedua perempuan anak Putin di depan umum.

Sanksi yang dikenakan pada anggota keluarga dekat Putin dan oligarki Rusia lainnya juga menunjukkan peningkatan teknik AS dan sekutunya yang menargetkan individu untuk hukuman finansial.

Di Rusia khususnya dan di negara-negara otokrasi di seluruh dunia, memberikan sanksi kepada anggota keluarga seringkali penting untuk memastikan hukuman finansial mendapat pukulan yang diinginkan. Para pemimpin yang berkuasa dan kaya sering menggunakan taktik yang umum bagi banyak taipan untuk menempatkan aset atas nama pasangan, anak-anak, dan lain-lain.

"Kami umumnya ingin meminta pertanggungjawaban mereka yang telah memperkaya diri mereka sendiri dengan mengorbankan negara Rusia dan mengangkat anggota keluarga mereka ke beberapa posisi kekuasaan tertinggi di negara ini," kata Morgan Finkelstein, juru bicara Departemen Keuangan AS.

“Tapi juga, kita tahu bahwa oligarki dan elite lain yang terkena sanksi sering mencoba untuk memindahkan uang atau menyembunyikan aset melalui anggota keluarga atau rekan lainnya,” katanya.

Menyembunyikan Aset di Keluarga

AS mengumumkan pada hari Rabu (6/4) bahwa mereka akan menargetkan aset putri Putin, Katerina Vladimirovna Tikhonova dan Maria Vladimirovna Vorontsova.

Bill Browder, seorang juru kampanye lama yang berpengaruh untuk sanksi atas pelanggaran hak asasi manusia Rusia, mengatakan langkah itu "semacam hal yang jelas, terutama dalam ... sistem kleptokratis Rusia."

“Anda tidak bisa hanya memberikan sanksi kepada pimpinan, Anda harus memberikan sanksi kepada keluarga karena keluarga memiliki banyak aset pimpinan,” kata Browder. “Kami telah melihat ini dalam banyak kasus yang berbeda sekarang.”

Dalam kasus Putin, memperluas sanksi atas perang Rusia untuk memasukkan keluarga Putin mungkin menyengatnya secara pribadi, tetapi tidak membuktikan banyak ancaman terhadap kekayaannya.

Putin, yang tidak asing dengan ketakutan akan tindakan Barat untuk melawannya, meyakini telah berhati-hati untuk menyembunyikan sebagian besar dari perkiraannya kekayaa senilai US$ 200 miliar atau lebih dengan oligarki Rusia yang dia bantu perkaya, kata Browder.

Sanksi terhadap anggota keluarga oligarki mulai meningkat pada awal Maret, ketika AS secara khusus menargetkan istri dan putri oligarki. Anggota keluarga eksekutif minyak Nikolay Tokarev, termasuk istrinya, Galina Tokareva, dan putrinya, Maiya Tokareva, yang dikatakan telah diuntungkan dari kedekatannya dengan Putin dan pemerintah Rusia dan juga terkena sanksi. Kerajaan real estat Maiya Tokareva di Moskow telah bernilai lebih dari US$ 50 juta, menurut Departemen Keuangan.

Salah satu alasan anggota keluarga semakin menjadi sasaran adalah bahwa undang-undang anti pencucian uang yang baru-baru ini disahkan membantu pejabat federal mengungkap pemilik sebenarnya dari properti. Penargetan anggota keluarga melalui dua arah.

Rusia baru-baru ini memberlakukan larangan bepergian terhadap putra Presiden Joe Biden, meskipun itu paling banyak dilihat sebagai penghinaan simbolis.

Sekretaris pers Gedung Putih, Jen Psaki, meremehkan dalam komentarnya kepada wartawan setelah Rusia memberlakukan larangan perjalanan pada pertengahan Maret terhadap pejabat pemerintah, serta Hunter Biden dan Hillary Clinton. “Tidak akan mengejutkan siapa pun di antara Anda bahwa tidak ada dari kami yang merencanakan perjalanan wisata ke Rusia,” katanya.

Soal Etik Anggota Keluarga Dalam Daftar Sanksi

Administrasi Biden dan administrasi sebelumnya telah memasukkan anak-anak dan pasangan dari para pemimpin negara lain dalam sanksi. Itu termasuk sanksi administrasi Biden terhadap anggota keluarga perwira militer dalam kudeta 2021 di Myanmar, dan sanksi administrasi Trump terhadap putra Presiden Venezuela Nicolás Maduro.

Kim Richard Nossal, seorang profesor ilmu politik di Queen's University di Ontario, mengatakan hukuman finansial terhadap anak-anak orang kaya dan berkuasa termasuk dalam kategori khusus pertimbangan etis.

“Secara umum, jika ayah saya melakukan kejahatan, selalu salah untuk menghukum saya,” kata Nossal. “Tetapi jika ayah saya melakukan kejahatan dan saya mendapat manfaat darinya, kebanyakan orang akan mengatakan bahwa sangat tepat bagi masyarakat untuk membatasi manfaat yang saya dapatkan dari kesalahan orang lain.”

“Saya pikir kebanyakan orang akan mengatakan bahwa tanggung jawab ada pada anggota keluarga untuk menunjukkan bahwa mereka tidak diuntungkan dari hasil orang yang menjadi sasaran,” katanya.

AS memberikan sanksi kepada Putin sendiri segera setelah dia melancarkan invasi. Langkah-langkah baru hari Rabu juga menargetkan istri dan anak-anak Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, pembela utama Putin bagi dunia, yang telah disebutkan dalam sanksi AS atas invasi tersebut.

Putri Lavrov berusia 26 tahun dilaporkan oleh pers Inggris telah menjalani kehidupan mewah di London, termasuk membeli apartemen jutaan dolar secara tunai.

Perempuan Yang Dekat dengan Putin

Putin menekankan nilai kebijaksanaan dalam salah satu dari sedikit penyebutan publik tentang putrinya sendiri. “Saya tidak pernah membicarakan keluarga saya dengan siapa pun.” Putin mengatakan kepada wartawan pada konferensi pers 2015, menurut BBC. “Setiap orang memiliki hak atas nasibnya, mereka menjalani hidup mereka sendiri dan melakukannya dengan bermartabat,” tambahnya.

Putin menikahi Lyudmila Shkrebneva pada 1980-an ketika dia menjadi agen KGB dan dia adalah pramugari Aeroflot. Mereka bercerai tiga dekade kemudian.

Putri tertua Putin, Maria, adalah seorang peneliti medis yang berfokus pada sistem endokrin anak-anak. Dia juga dilaporkan seorang pengusaha dan pengembang.

Putri bungsunya, Katerina, adalah penari kompetitif yang beralih menjadi pengembang teknologi, tampil di depan umum di pertunjukan dan di konferensi teknologi sesekali.

Dibiarkan tanpa izin oleh AS sejauh ini adalah perempuan yang disebutkan dalam laporan berita sebagai pasangan romantis lama Putin. Foto-foto dari penampilan publik mendokumentasikan tahun-tahun Putin bersama Alina Kabaeva, seorang pesenam Olimpiade di masa mudanya, saat dia menyerahkan karangan bunga atau penghargaan negara.

Kabaeva di tahun-tahun berikutnya menjadi anggota parlemen di Duma dan kemudian menjadi anggota dewan perusahaan media nasional Rusia, yang outlet beritanya telah mempromosikan invasi Rusia ke Ukraina.

Seperti yang dicatat oleh tabloid Inggris, foto dan nama Kabaeva menghilang dari situs web National Media Group pekan ini, ketika sanksi terhadap teman dekat Putin semakin dekat.

Juru kampanye hak-hak Rusia yang dipenjara, Alexey Navalny, mendesak sanksi terhadap Kabaeva dalam sebuah tweet dari selnya pekan ini, mengatakan salah satu outlet berita di bawah otoritasnya memimpin dalam menggambarkan tuduhan Barat atas invasi Rusia sebagai kampanye disinformasi yang diatur.

Ditanya tentang sanksi yang direncanakan terhadap Kabaeva, seorang pejabat senior pemerintah mengatakan itu masih merupakan pilihan dan bahwa lebih banyak sanksi terhadap elite Rusia yang dekat dengan Putin dan anggota keluarga mereka dimungkinkan. Pejabat itu berbicara dengan syarat anonim untuk membahas pertimbangan internal.

Putin dianggap berhati-hati untuk menyembunyikan kekayaannya dengan oligarki Rusia, pebisnis yang berkewajiban kepada pemimpin Rusia untuk kemakmuran mereka, seringkali dengan bantuan pemerintah dan sumber daya Rusia, kata Browder.

Itu membuat penumpukkan lebih banyak sanksi terhadap oligarki menjadi penting. Tetapi memukul tokoh pribadi terdekat Putin dengan sanksi juga akan menyengat. "Dia hidup di dunia ini di mana semua orang berjingkat di sekitarnya," kata Browder. “Dan sekarang Barat benar-benar mengabaikan kepekaannya dan membidik urat leher mereka. Dan saya pikir itu hal yang baik.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home