Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:23 WIB | Senin, 20 Juni 2022

Sara Duterte Mengucapkan Sumpah sebagai Wakil Presiden Filipina

Sara Duterte, putri mantan presiden Filipina, Rodrigo, mengambil sumpahnya sebagai wakil presiden selama upacara di kota kelahirannya di kota Davao, Filipina selatan, Minggu 19 Juni 2022. (Foto: AP/Manman Dejeto)

MANILA, SATUHARAPAN.COM-Sara Duterte, putri presiden Filipina yang akan mengakhiri masa jabatan, mengambil sumpahnya pada hari Minggu (19/6) sebagai wakil presiden menyusul kemenangan telak dalam pemilihan yang dia raih, meskipun ayahnya, Rodrigo, memiliki catatan hak asasi manusia yang bertanggung jawab atas ribuan tersangka narkoba yang ditembak mati.

Pelantikan di kampung halamannya di selatan, di Davao, di mana dia meninggalkan jabatan wali kota. Ini dilakukan dua pekan sebelum dia menjabat pada 30 Juni sebagaimana ditentukan dalam Konstitusi Filipina. Presiden terpilih Ferdinand Marcos Jr., dan calon wakil presiden Duterte, akan diambil sumpahnya di Manila pada 30 Juni.

“Saya bukan orang terbaik atau terpintar di Filipina dan dunia, tetapi tidak ada yang bisa mengalahkan ketangguhan hati saya sebagai orang Filipina,” kata Duterte, yang mengenakan gaun tradisional berwarna hijau, dalam pidatonya setelah diambil sumpahnya. di hadapan hakim asosiasi Mahkamah Agung, tangannya bertumpu pada sebuah Alkitab yang dipegang oleh ibunya.

“Suara 32,2 juta orang Filipina keras dan jelas, dengan pesan untuk mengabdi pada tanah air kita,” kata Duterte, merujuk pada suara yang dia dapatkan, hingga tepuk tangan dari ribuan pendukung.

Dipanggil oleh para pendukungnya sebagai “Inday Sara,” ibu tiga anak ini menyerukan persatuan nasional dan pengabdian kepada Tuhan dan meminta orang Filipina untuk meniru patriotisme pahlawan nasional negara itu, Jose Rizal.

Dia mengutip penyakit sosial lama yang dihadapi anak-anak Filipina, termasuk kemiskinan, keluarga berantakan, obat-obatan terlarang, intimidasi dan informasi yang salah secara online dan meminta orang tua untuk menanamkan nilai-nilai integritas, disiplin, menghormati orang lain dan kasih sayang ke dalam diri mereka.

Presiden Rodrigo Duterte, 77 tahun, memimpin para tamu VIP dalam upacara yang dijaga ketat di lapangan umum dekat balai kota di kota pelabuhan Davao, di mana ia juga menjabat sebagai walikota mulai akhir 1980-an. Keluarganya, yang berasal dari latar belakang kelas menengah yang sederhana, membangun sebuah dinasti politik yang tangguh di wilayah selatan yang bergolak yang telah lama diganggu oleh pemberontakan komunis dan Muslim serta persaingan politik yang keras.

Kepresidenan Duterte telah ditandai dengan kampanye anti-narkoba brutal yang telah menyebabkan ribuan tersangka kecil ditembak mati oleh polisi atau warga. Pembunuhan narkoba sedang diselidiki oleh Pengadilan Kriminal Internasional sebagai kemungkinan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Kemenangan pemilihan Sara Duterte dan Marcos Jr. telah mengkhawatirkan kelompok sayap kiri dan hak asasi manusia karena kegagalan mereka untuk mengakui kekejaman hak asasi manusia besar-besaran yang terjadi di bawah ayah mereka, termasuk mendiang diktator Ferdinand Marcos.

Marcos Jr. dan Sara Duterte berkampanye dengan platform persatuan nasional yang tidak jelas tanpa secara tegas menanggapi seruan para aktivis agar mereka mengambil langkah-langkah untuk menuntut Duterte yang lebih tua ketika dia pensiun dari politik.

Salah satu putra presiden, Sebastian Duterte, akan menggantikan saudara perempuannya sebagai walikota Davao, dan putra lainnya, Paolo Duterte, memenangkan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat dalam pemilihan 9 Mei. Mendiang ayah presiden yang akan keluar adalah mantan gubernur Davao.

Pemilu Filipina telah lama didominasi oleh politisi yang memiliki garis keturunan yang sama. Setidaknya 250 keluarga politik telah memonopoli kekuasaan di seluruh negeri, meskipun dinasti semacam itu dilarang di bawah konstitusi.

Kongres, yang lama dikendalikan oleh anggota klan kuat yang ditargetkan oleh larangan konstitusional, telah gagal mengesahkan undang-undang yang diperlukan untuk mendefinisikan dan menegakkan ketentuan tersebut.

Sementara Sara Duterte, 44, menolak seruan ayah dan pendukungnya untuk mencalonkan diri sebagai presiden, dia tidak mengesampingkan pencalonan di masa depan. Dia menduduki puncak survei pra-pemilihan untuk presiden tahun lalu dan menang dengan margin besar seperti Marcos Jr.

Selain wakil presiden, dia telah setuju untuk menjabat sebagai menteri pendidikan, meskipun ada pembicaraan bahwa preferensi awalnya adalah untuk mengepalai Departemen Pertahanan Nasional, batu loncatan tradisional untuk kepresidenan.

Namun, portofolio pendidikan akan menyediakan platform politik nasional pertamanya, terutama dengan rencana untuk melanjutkan belajar secara off line segera setelah negara itu dilanda dua tahun wabah dan penguncian pandemi virus corona.

Dia berterima kasih kepada para pendukungnya di Davao pada hari Sabtu dan mengatakan dia memutuskan untuk mengadakan pelantikannya di salah satu kota paling maju di negara itu untuk menunjukkan kebanggaannya sebagai politisi provinsi selatan yang naik ke posisi teratas nasional.

Duterte menyelesaikan pendidikan medis dan awalnya ingin menjadi dokter tetapi kemudian mengambil studi hukum dan berhasil memasuki dunia politik mulai tahun 2007, ketika dia terpilih sebagai wakil walikota dan walikota Davao tiga tahun kemudian.

Pada tahun 2011, dia menarik perhatian nasional ketika dia tertangkap di video meninju dan menyerang seorang sheriff pengadilan yang membantu memimpin pembongkaran polisi dari komunitas kumuh meskipun ada permohonannya untuk penangguhan singkat. Pejabat pengadilan menderita luka di mata dan wajah hitam dan dibawa oleh pengawalnya ke rumah sakit.

Terlepas dari perseteruan publiknya dengan ayahnya, Sara Duterte mencukur rambutnya setahun sebelum pemilihan tahun 2016 sebagai bentuk dukungan untuk pencalonannya.

Dia memenangkan mandat enam tahun tunggal dengan besar margin pada janji yang berani tapi gagal untuk memberantas obat-obatan terlarang dan korupsi dalam tiga sampai enam bulan dan ancaman publik terus-menerus membunuh oleh pengedar narkoba. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home