Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 21:59 WIB | Sabtu, 12 Juni 2021

Satgas: Belum Ada Bukti Kenaikan Jumlah Kasus Terkait Varian Baru COVID-19

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Beredarnya varian COVID-19 baru yang ada di Indonesia tidak berdampak langsung pada kenaikan kasus yang terjadi saat ini. Sebab, kenaikan kasus yang terjadi saat ini, merupakan dampak dari aktivitas masyarakat selama libur panjang Idul Fitri 2021. Dan kenaikan ini pun juga pernah terjadi pada periode yang sama di tahun 2020.

"Adanya varian baru yang ditemukan di berbagai daerah, sampai sekarang belum terbukti atau penelitiannya tentang itu belum bisa membuktikan bahwa adanya hubungan langsung peningkatan kasus karena varian baru," kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, hari Jumat (11/6).

Ditegaskan bahwa memang benar ditemukan varian baru di berbagai tempat di Indonesia dan saat ini terjadi kenaikan kasus. Namun bukan berarti ada hubungan langsung antara keduanya. Satgas, kata Wiku, juga tengah menunggu jika ada penelitian mendalam yang menyatakan adanya hubungan kedua hal ini.

"Kami akan menyampaikan informasi lebih lanjut, apabila ada hasil penelitian yang lebih dalam oleh perguruan tinggi atau Kementerian Kesehatan yang bisa membuktikan adanya potensi hubungan ditemukannya varian baru dan jumlah kasus di Indonesia. Tentunya akan kami sampaikan kepada publik," tegasnya.

Editor : Sabar Subekti


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
LAI Got talent
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home