Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 06:08 WIB | Sabtu, 30 Oktober 2021

Satgas: Karakteristik Varian AY.4.2 Belum Diketahui

Virus corona. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Satgas Penanganan COVID-19 menyebutkan belum mengetahui apakah varian virus corona yang disebut AY.4.2 memiliki karakteristik khusus yang dapat mempengaruhi laju penularan, keparahan gejala, maupun vaksinasi.

Hal itu karena studi terkait varian virus tersebut masih berlangsung, kata Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, Kamis (28/10) di Jakarta.

Belakangan ini varian baru COVID-19 yang dinamakan AY.4.2. disebut-sebut dapat berpotensi mengkhawatirkan jika tidak segera dicegah. Namun, menurut Satgas, varian ini bukanlah varian baru dan masyarakat diminta tidak panik karena penelitian terkait varian ini masih berlangsung. 

Disebutkan, varian ini bagian dari varian Delta yang mengalami perubahan atau mutasi tambahan. Jenis varian A.Y dari mutasi Delta ini cukup beragam yaitu dari AY.1 hingga AY.28. Dan saat ini belum bisa diambil kesimpulan terkait karakteristik khusus yang dimiliki varian tersebut.

Pemerintah memaksimalkan pelaksanaan strategi yang sudah ditetapkan yaitu karantina perjalanan, 3M, 3T, dan vaksin, agar dapat mencegah masuknya semua jenis varian baru, sekaligus meminimalisir pembentukan mutasi baru di dalam negeri.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home