Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 10:56 WIB | Rabu, 18 Mei 2022

Satgas Operasi Damai Cartenz Selenggarakan Bakar Batu di Yahukimo

Satgas Operasi Damai Cartenz Selenggarakan Bakar Batu di Yahukimo
Acara bakar batu di Yahukimo. (Foto: dok. Humas Satgas Operasi Damai Cartenz)
Satgas Operasi Damai Cartenz Selenggarakan Bakar Batu di Yahukimo
Jokowi pernah hadir dalam acara bakar batu di Yahukimo pada Oktober 2016. (Foto: dok. Ist)

YAHUKIMO, SATUHARAPAN.COM-Satgas Binmas Operasi Damai Cartenz-2022 membangun komunikasi dengan tokoh dan warga Yahukimo, Papua dengan menggelar acara adat “bakar batu” di Kampung Muara, Distrik Dekai, Yahukimo, pada hari Selasa (17/5).

Warga masyarakat sangat senang dan menyambut baik kegiatan bakar batu yang digelar oleh Binmas Noken Ops Damai Cartenz-2022 ini. Wakasatgas Binmas, AKBP Yamin Dian Priono, juga memberikan Alkitab dan alat olahraga, sebagai bentuk kemitraan.

Wakasatgas Binmas dalam kesempatannya mengungkapkan kegiatan bakar batu ini merupakan bagian dari Program Koteka, dengan tujuan untuk lebih mempererat kedekatan antara Polri dengan masyarakat melalui kearifan lokal.

Acara itu juga dihadiri Wakasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2022, AKBP Arif Irawan, Wakapolres Yahukimo, Kompol Alfons Umbora, Kasat Binmas, Ipda I Made Budi Dumariawan, Kepala Suku Momuna, Ismail Keykera, Kepala Kampung Muara, Ibrani Otimuka, serta para anggota Ops Damai Cartenz-2022 dan masyarakat.

“Pendekatan melalui budaya atau kearifan lokal ini adalah salah satu cara terbaik dalam membangun komunikasi dengan masyarakat, di mana melalui cara ini pesan yang disampaikan dapat lebih mudah diterima oleh masyarakat, sehingga terjalin kemitraan antara Polri dengan masyarakat dengan tujuan terselenggaranya kamtibmas,” kata Wakasatgas Binmas.

Program Koteka adalah salah satu Program unggulan dari Binmas Noken yang bertujuan untuk mendekatkan Polri dengan tokoh maupun masyarakat Papua.

“Melalui ini kami selaku pelayan masyarakat khususnya Polda Papua dapat meningkatkan silaturahmi dan komunikasi agar setiap kegiatan yang kami laksanakan, khususnya Program Binmas Noken didukung oleh seluruh elemen masyarakat, sehingga Program Kesejahteraan masyarakat pun dapat berjalan baik dan lancar,” kata AKBP Yamin Dian Priono.

“Binmas Noken hadir dengan berbagai program kemanusian dengan harapan peningkatkan perekonomian masyarakat serta terciptanya kamtibmas di Papua,” pungkas Wakasatgas Humas.

Beberapa tokoh Yahukimo yang hadir pun mengapresiasi langkah Polri untuk mendekatkan diri dengan masyarakat melalui Progam Koteka, salah satunya Kepala Kampung Muara, Ibrani Otimuka. Ia mengatakan bahwa langkah Polri dalam menjalin komunikasi melalui pendekatan adat adalah langkah yang tepat.

"Kami Suku Momuna pertama kali melakukan bakar batu, tetapi hari ini kami sangat senang karena Binmas Noken menghadirkan hal tersebut, atas hal tersebut kami bersyukur dan ucapkan terima kasih," tutur Ibrani.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home